12 Makanan Khas Aceh yang Kaya Rempah!

Sebagaimana daerah-daerah lain di Indonesia yang memiliki menu makanan khas, Serambi Mekkah juga memiliki makanan khas Aceh yang unik dan enak. Keunikan makanan khas Aceh bisa terlihat langsung dari tampilan maupun rasanya yang khas dengan rempah-rempah yang kuat. 

Nah, berikut ini adalah daftar makanan khas Aceh yang kaya rempah dan wajib kamu coba!


1. Makanan Khas Aceh: Ayam Tangkap

Makanan Khas Aceh Ayam Tangkap yang begitu lezat - WonderVerse Indonesia


Dari namanya saja, makanan khas Aceh yang satu ini memang sudah unik. Ayam Tangkap sendiri diolah dari satu ekor ayam utuh bersama daun kari dan daun pandan lalu digoreng.

Setelah matang, ayam ini akan wangi aroma daun kari dan daun pandan. Cita rasa unik ini disajikan bersama nasi hangat dan kecap dengan irisan bawang merah dan cabai. Kamu akan menemukan potongan ayam tangkap ini bersembunyi di balik daun kari dan daun pandan.


2. Makanan Khas Aceh: Ungkot Keumamah

Makanan Khas Aceh Ungkot Kemamah, makanan para pejuang Aceh - WonderVerse Indonesia


Makanan khas Aceh yang satu ini menggunakan bahan utama berupa ikan tongkol atau tuna yang sebelumnya telah dibersihkan dan dikeringkan sampai keras seperti kayu. Ikan kering tadi kemudian diiris-iris lalu dimasak bersama beberapa bahan lain seperti santan, kentang, cabe hijau, dan segenap rempah-rempah lainnya.

Ungkot Kemamah diyakini sebagai makanan para pejuang Aceh karena olahan ikan ini dapat bertahan lama dan tidak mudah basi. Makanan ini pun masih menjadi favorit warga Aceh.


3. Makanan Khas Aceh: Jruek Drien

Makanan Khas Aceh Jruek Drien, sajian lezat berbahan durian - WonderVerse Indonesia


Jruek Drien adalah salah satu makanan khas Aceh yang berbahan dasar durian. Dalam Bahasa Indonesia, makanan ini bermakna asam durian yang dimasak bersama santan dan potongan sayur seperti terong, kacang panjang, daun jeruk purut, daun singkong, dan udang. Makanan unik ini ternyata punya rasa yang enak, lho!

Proses fermentasi durian sebagai bahan utama makanan ini dibuat selama seminggu di dalam wadah tertutup. Makanan khas Aceh Barat ini memiliki rasa asam sebagai kunci utamanya. Akan tetapi, makanan ini hanya bisa dinikmati pada waktu tertentu, khususnya ketika musim durian saja.


4. Makanan Khas Aceh: Sie Itek

Makanan Khas Aceh Sie Itek yang kaya rempah - WonderVerse Indonesia


Sie Itek merupakan makanan khas Aceh selanjutnya yang cukup populer di kalangan masyarakat Aceh. Menggunakan itik sebagai bahan utamanya, Sie Itek adalah makanan khas yang menggunakan banyak rempah dan bumbu lainnya sehingga tidak tercium bau amis dan justru lebih menonjol aroma harumnya bumbu aromatik.

Daun kari dan daun pandan menjadi bumbu aromatik yang menghilangkan bau amis itik yang dimasak. Masakan ini juga menggunakan jintan dan ketumbar untuk menguatkan aroma serta menghilangkan bau amisnya juga.


5. Makanan Khas Aceh: Kuah Pliek

Makanan Khas Aceh Kuah Pliek yang sangat lezat - WonderVerse Indonesia


Kuah Pliek merupakan makanan khas Aceh berupa gulai dengan bahan dasar ampas dari sisa minyak kelapa tua yang telah melewati proses pemerasan minyak. Makanan unik tapi enak ini biasanya dimasak dengan kacang panjang, daun dan buah melinjo, kacang tanah, kecombrang, daun pepaya, serta sayuran lainnya di dalam suatu kuali besar.

Masyarakat Aceh biasanya juga menambahkan belimbing wuluh yang telah dikeringkan ke dalam Kuah Pliek ini untuk menguatkan rasa semakin lezat. Konon, makanan ini merupakan simbol kekerabatan yang erat serta keragaman masyarakat Aceh.


6. Makanan Khas Aceh: Kuah Beulangong

Makanan Khas Aceh Kuah Beulangong, dimasak di kuali besar - WonderVerse Indonesia


Makanan khas Aceh berikutnya adalah Kuah Beulangong, sejenis gulai dengan bahan dasar daging sapi. Makanan ini dimasak dalam belanga atau ‘beulangong’, yaitu kuali tanah liat besar agar bisa dimasak dalam porsi besar. Kuah Beulangong biasanya ditambahkan sayur nangka ke dalamnya.

Kuah Beulangong tidak menggunakan santan, tetapi rasanya tetap gurih karena ditambahkan kelapa parut dan aneka rempah-rempah untuk menonjolkan aroma yang kuat. Di samping itu, proses memasak menggunakan kuali tanah liat juga ikut menambah aroma yang segar dari masakan ini.


7. Makanan Khas Aceh: Kari Kambing

Makanan Khas Aceh Kari Kambing dengan rasa gurih dan pekat - WonderVerse Indonesia


Kari Kambing adalah makanan khas Aceh selanjutnya yang perlu kamu coba. Kari Kambing dari Aceh ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan masakan kari kambing di seluruh Indonesia. Namun yang membedakannya adalah kuah yang lebih kental, gurih, dan pekat.

Pembeda lainnya, Kari Kambing dari Aceh ini menggunakan penyedap rasa dari bahan alami berupa teulheu, sebutan untuk kelapa gongseng atau kelapa sangrai. Rahasia kelezatan lainnya adalah daging kambing yang masih segar atau baru disembelih sebelum dimasak.


8. Makanan Khas Aceh: Tasak Telu

Makanan Khas Aceh Tasak Telu dengan bahan utama bebek - WonderVerse Indonesia


Masakan khas Aceh Tenggara ini bernama Tasak Telu dengan bahan utama bebek. Daging bebek itu direbus dengan rempah-rempah hingga tidak bau amis dan menghasilkan rasa gurih dan lezat. Tekstur daging bebeknya pun jadi lebih lembut.

Uniknya, Tasak Telu yang berarti ‘masak tiga’ ini biasanya dimasak oleh laki-laki menggunakan tiga bumbu utama seperti batang serai, bawang merah, dan cabai rawit. Rasanya sangat lezat meskipun dimasak dengan sederhana, karena bahan-bahannya pun mudah diperoleh.


9. Makanan Khas Aceh: Sate Matang

Makanan Khas Aceh Sate Matang dari Kabupaten Bireuen - WonderVerse Indonesia


Makanan khas Aceh berikutnya adalah Sate Matang. Seperti namanya, sate ini datang dari Kota Matang Glumpang Dua, Kabupaten Bireuen. Bahan utama Sate Matang ini adalah daging kambing yang kini bisa kamu temukan di beberapa kota besar di Aceh.

Sate Matang memang dibuat seperti sate kambing pada umumnya, yaitu daging kambing dipotong-potong, ditusuk, lalu dimarinasi dalam rendaman bumbu rempah-rempah hingga meresap. Bedanya, Sate Matang ini disajikan bersama rempah-rempah seperti cengkeh, bunga lawang, kayu manis, lada, dan kapulaga.

Kini, Sate Matang banyak yang memakai daging sapi karena harga daging kambing cukup mahal.


10. Makanan Khas Aceh: Mie Jalak Sabang

Makanan Khas Aceh Mie Jalak yang berasal dari Kota Sabang - WonderVerse Indonesia


Mie Jalak Sabang menjadi salah satu makanan khas Aceh yang enggak boleh kamu lewatkan untuk dicoba. Nikmati lezatnya mie kuning dengan tekstur kenyal bersama kuah daging beraroma jahe yang cocok untuk menghangatkan tubuh serta topping tauge, potongan daging ikan, dan telur rebus khas Aceh Utara.

Mie Jalak Sabang yang dikenal sejak 1970-an silam ini berasal dari Kota Sabang, Pulau Weh, Dinamai Mie Jalak Sabang karena mengikuti nama pembuat pertama menu ini, yaitu Jalak yang berasal dari Kota Sabang. Secara sekilas, Mie Jalak Sabang ini juga mirip dengan Mie Kocok Bandung.


11. Makanan Khas Aceh: Kuah Masam Keu-eung

Makanan Khas Aceh Kuah Masam Keu-eung bercita rasa segar - WonderVerse Indonesia


Kuah Masam Keu-eung adalah makanan khas Aceh denga cita rasa asam dan segar. Kuah Masam Keu-eung berbahan utama ikan yang direbus bersama bawang merah, bawang putih, daun jeruk, dan belimbing wuluh. Bumbu lainnya adalah jahe, kunyit, dan cabe.

Biasanya Kuah Masam Keu-eung menggunakan ikan tongkol, tenggiri, bandeng, atau kakap. Masakan berkuah asam dan segar ini biasanya dimasak menggunakan periuk tanah liat agar rasanya semakin lezat dan harum. Menu ini selalu berhasil mengingatkan orang aceh akan kampung halamannya.


12. Makanan Khas Aceh: Mie Aceh

Makanan Khas Aceh Mie Aceh yang begitu populer di Indonesia - WonderVerse Indonesia


Makanan khas Aceh yang cukup populer hingga luar Aceh tentu saja Mie Aceh. Mie Aceh sendiri adalah sajian mie dengan tekstur kenyal, gurih, dan kaya rempah-rempah. Mienya sendiri dibuat menggunakan tepung tapioka dan biasanya dimasak menggunakan tungku dan arang.

Tipe penyajian seporsi Mie Aceh bisa digoreng, berkuah kental, atau goreng basah sesuai selera. Mie Aceh juga sering dihidangkan dengan topping daging, cumi-cumi, udang, atau kepiting. 

Makanan khas Aceh menawarkan sensasi rasa yang unik dan berbeda, apalagi jika kamu belum pernah mencoba sebelumnya. Kamu pun bisa menemukan berbagai informasi unik dan menarik lainnya bersama WonderVerse Indonesia.

WonderVerse Indonesia adalah platform yang menyediakan pengalaman virtual untuk melihat kebudayaan dan keindahan Indonesia. Bersama WonderVerse Indonesia, kamu bisa menjelajah alam Indonesia dan melihat ragam hewan khas Indonesia, mengenal beragam budaya dan pakaian adat Indonesia, hingga membeli makanan dan souvenir khas Indonesia.

Enggak cukup sampai di situ, di WonderVerse Indonesia kamu juga bisa merasakan pengalaman melihat alam Bali, Wakatobi, hingga Raja Ampat secara 360 dengan menggunakan VR! Kamu juga bisa menonton konser band atau penyanyi kesukaan kamu tanpa harus keluar rumah. Menarik ya? Yuk, coba sensasi jelajah Indonesia dan keseruan lainnya secara virtual di WonderVerse Indonesia sekarang!

news highlight