8 Koin Metaverse Terbaik untuk Investasi di Tahun 2023

Di semesta virtual Metaverse, dunia nyata dan virtual bertemu dan bersatu. Metaverse muncul memberikan warna baru dalam dunia digital yang kini semakin diminati orang. Di sana, kamu memang bisa melakukan berbagai hal yang kamu inginkan, yang mungkin belum bisa kamu lakukan di dunia nyata.

Jika kamu bisa melakukan banyak hal di Metaverse, bukan berarti semua gratis, ya. Soalnya, dunia virtual ini juga masih memberlakukan cara-cara yang sama dengan dunia nyata, misalnya dalam hal transaksi jual-beli. Oleh karena itu, diberlakukannya koin Metaverse sebagai alat tukar-menukar barang yang sah dalam semesta digital ini.

Apa itu koin Metaverse dan coin Metaverse apa saja? Kamu bisa pelajari beberapa hal terkait koin Metaverse di dalam artikel ini.


Apa itu Koin Metaverse? 

Koin Metaverse memungkinkan kamu memiliki beragam aset digital - WonderVerse Indonesia


Koin Metaverse merupakan subset cryptocurrency dari sistem blockchain. Koin Metaverse dapat kamu pergunakan untuk pembayaran serta sebagai instrumen investasi karena dapat menyimpan nilai. Koin Metaverse adalah bagian mendasar, sebagai salah satu instrumen tukar-menukar yang sah dalam ekosistem Metaverse.

Berbekal koin Metaverse, kamu bisa memiliki berbagai aset digital di semesta virtual itu. Kamu bisa miliki seperti tanah virtual, real estate, maupun avatar item. Koin ini dirancang untuk menjadi metode pembayaran yang aman dan cepat. Transaksi yang kamu lakukan akan dikonfirmasi dalam hitungan detik saja.

Akan tetapi, koin Metaverse berbeda dengan token Metaverse. Soalnya, token Metaverse adalah aset digital yang dibangun di atas blockchain Metaverse. Token ini digunakan untuk mewakili aset yang lebih serbaguna dalam ekosistem Metaverse.

Token Metaverse dapat digunakan untuk mewakili aset seperti real estat, karya seni, atau kekayaan intelektual, memungkinkan transaksi yang aman dan transparan. Meski begitu, baik koin Metaverse maupun token Metaverse, masing-masing bisa diperdagangkan di bursa mata uang kripto dengan ketersediaan dan likuiditas yang bervariasi.


8 Koin Metaverse Terbaik di 2023

Setidaknya ada 8 koin Metaverse terpopuler tahun ini - WonderVerse Indonesia


Berikut ini adalah daftar delapan koin Metaverse paling populer di tahun 2023. Simak daftar nama koin Metaverse dan cara kerjanya berikut ini:

1. Axie Infinity (AXS)

Axie Infinity masuk dalam delapan besar koin Metaverse paling populer di tahun ini. Axie Infinity merupakan salah satu game populer memelihara hewan-hewan menggemaskan dalam NFT, seperti halnya Pokemon. 

Cara kerjanya, pengguna akan mengumpulkan token Axie yang disebut AXS dengan memainkan game di dalamnya. Token AXS dapat dikonversi menjadi ETH, dapat digunakan untuk membeli aset NFT, maupun aset di Metaverse.


2. The Sandbox (SAND)

The Sandbox adalah semesta virtual berbasis blockchain. Di sini, kamu bisa membuat, memiliki, dan memonetisasi pengalaman bermain game dan aset virtual mereka. Ini menyediakan platform bagi pembuat untuk membangun, berbagi, bermain game, serta membeli dan menjual aset virtual dalam metaverse The Sandbox.

Fokus utama platform ini adalah memfasilitasi model “play-to-learn”, agar pengguna bisa membuat dan pemain game secara bersamaan, bahkan ke dalam format NFT. Kamu bisa membangun, memiliki, memonetisasi, mengunggah nya ke marketplace, serta mengintegrasikan ke dalam game dengan Game Maker.

Game Maker membuka akses kepada siapa pun untuk membuat game 3D secara gratis tanpa perlu membuat coding. Soalnya, kamu bisa mengakses visual scripting tool untuk membuat game tersebut yang menarik secara visual.

The Sandbox punya cara kerja memberikan akses kepemilikan atas ciptaan para pemain yang menjadikan asetnya sebagai NFT. The Sandbox juga memberikan penghargaan kepada pemain atas partisipasi untuk transaksi dan interaksi dalam ekosistemnya, misalnya memberikan biaya transaksi, staking, jual-beli item game, dan lain-lain.


3. Decentraland (MANA)

Decentraland adalah platform yang memungkinkan kamu membeli sebidang tanah virtual atau LAND serta membangun apa pun di atasnya. Darinya, kamu akan menghasilkan sejumlah MANA. Tersedia 90.601 LAND di Decentraland dan memiliki ukuran 16 kaki persegi.

Ekosistem ini memiliki pasokan sebesar 2,2 miliar token MANA. sekitar 1,8 miliar di antaranya telah beredar di permainan Decentraland serta pasar perdagangan aset kripto. Permintaan MANA yang tinggi membuat Decentraland menjadi salah satu koin Metaverse terbaik.


4. Gala (GALA)

Platform game blockchain selanjutnya adalah Gala yang menggabungkan NFT dan blockchain untuk menciptakan ekosistem game blockchain. Pengguna dapat melakukan trading dan memiliki aset game berskala global. GALA yang dapat digunakan sebagai alat transaksi untuk membeli NFT dan aset digital di marketplace-nya.

Cara kerjanya adalah untuk insentif operator node dan in-game reward untuk partisipasi para pemain di platform tersebut. Gala juga memberi kesempatan pengguna membuat karakter unik NFT untuk bermain game.


5. Enjin (ENJ)

ENJ adalah token ERC-20 yang didesain sebagai mata uang untuk membeli item game. Beberapa item itu seperti seperti HP points, senjata, atau meningkatkan kemampuan karakter dalam game. Kamu juga bisa menambah nilai pada aset kamu dalam game. 

Enjin juga berfungsi sebagai marketplace yang memungkinkan pemain dan developer game menjual item tanpa biaya perantara di marketplace. Gunakan koin Metaverse ini untuk membuat nama, bentuk, penampilan karakter, serta koleksi item game.


6. Meta Hero (HERO)

Koin Metaverse selanjutnya adalah HERO dari platform Meta Hero. Platform ini menghadirkan modelling dan pemindaian 3D ke dunia Metaverse. Cara kerjanya adalah membantu pengguna mengubah aset digitalnya menjadi NFT. Metahero juga segera meng-upgrade pemindainya menjadi ultra-HD 16K. Token HERO dapat digunakan untuk pemindaian dan pembayaran royalti.


7. Star Atlas (ATLAS)

Platform Star Atlas merupakan game blockchain dengan upaya menciptakan gameplay AAA terbaik. Game di platform ini memiliki model token ganda ATLAS. Token tersebut memungkinkan untuk staking dan mendapatkan item langka dengan menjelajah berbagai dunia untuk memasuki pertempuran demi membangun aliansi.

Permainan ini dibangun Unreal Engine 5, sehingga kamu bisa merasakan sinematik yang nyata saat memainkan game. Kamu bisa membeli koin Metaverse ATLAS ini dan menjadi investor awal selagi game ini dikembangkan dari tahap awalnya.


8. ApeCoin (APE)

ApeCoin adalah mata uang kripto yang dibuat dari ekosistem APE, yang berasal dari rangkaian NFT Bored Ape Yacht Club (BAYC). Kamu bisa menggunakan APE untuk membeli tanah virtual di Metaverse Otherside. APE juga bisa kamu gunakan sebagai mata uang transaksional, seperti pembayaran dalam ekosistem.

Platform ApeCoin melayani berbagai tujuan dalam ekosistem, seperti memungkinkan pengguna token APE berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan melalui DAO ApeCoin dan memberikan akses ke fitur eksklusif ekosistem, termasuk game, acara, merchandise, dan layanan.

Itulah hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang koin Metaverse. Sekarang kamu punya bayangan untuk mencoba berinvestasi dengan koin Metaverse, dan sudah mulai tertarik dengan Metaverse? Kamu bisa gali informasi lebih dalam di WonderVerse Indonesia.

WonderVerse adalah platform yang menyediakan pengalaman virtual untuk melihat kebudayaan dan keindahan Indonesia. Bersama WonderVerse, kamu bisa menjelajah alam Indonesia dan melihat ragam hewan khas Indonesia, mengenal beragam budaya dan pakaian adat Indonesia, hingga membeli makanan dan souvenir khas Indonesia.

Enggak cukup sampai di situ, di WonderVerse kamu juga bisa merasakan pengalaman melihat alam Bali, Wakatobi, hingga Raja Ampat secara 360 dengan menggunakan VR! Kamu juga bisa menonton konser band atau penyanyi kesukaan kamu tanpa harus keluar rumah. Menarik ya? Yuk, coba sensasi jelajah Indonesia dan keseruan lainnya secara virtual di WonderVerse sekarang!

news highlight