Kerajinan Anyaman Indonesia yang Terkenal Hingga Mancanegara

Kerajinan anyaman merupakan salah satu produk budaya Indonesia yang telah lama dikenal di dalam dan luar negeri. Kerajinan tangan yang satu ini selalu menarik untuk dibahas karena kerajinan anyaman pun masih dilakukan sebagian masyarakat Indonesia hingga saat ini. Kegiatan seni anyaman yang juga disebut menganyam ini juga telah menjadi kegiatan turun-temurun bagi sebagian masyarakat Indonesia yang masih lestari hingga kini.

Kamu perlu tahu lebih jauh mengenai kerajinan anyaman ini. Simak penjelasan mengenai pengertian, fungsi, dan macam-macam kerajinan anyaman berikut ini.


Pengertian Kerajinan Anyaman

Kerajinan anyaman tradisional daun lontar - wonderverse


Secara umum, kerajinan anyaman merupakan seni kegiatan tindih-menindih dan silang menyilang, seperti mengepang rambut atau membuat tikar. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBII), anyaman merupakan suatu hal menganyam, barang yang sudah dianyam.

Bahan yang digunakan dalam kerajinan anyaman ini adalah bahan tumbuh-tumbuhan kuat, seperti lidi, rotan, bambu, akar, bulu, pandan, mengkuang, jut, daun lontar, dan sebagainya. Bahan ini biasanya mudah dikeringkan dan lembut. Anyaman merupakan bukti tradisi Indonesia yang muncul karena ada seni mengayam bambu.

Kerajinan anyaman adalah salah satu dari kebudayaan yang dimiliki manusia sejak zaman prasejarah yang pada saat itu digunakan sebagai salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan sandang dan perlengkapan pendukung sehari-hari.

Kerajinan ini pun terus berkembang hingga saat ini dan hasil kerajinan tersebut juga sudah menjadi sebagai kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat.


Fungsi Kerajinan Anyaman

Kerajinan anyaman memiliki banyak bentuk, ukuran, dan fungsi - wonderverse


Kerajinan anyaman di Indonesia biasanya digunakan untuk barang sehari-hari. Masing-masing produk anyaman memiliki bentuk, ukuran, dan fungsinya masing-masing, mulai dari aseupan (pengukus nasi), boboko (tempat nasi), besek (kemasan hantaran), hihid (kipas), samak (tikar), serta keranjang.

Produk anyaman yang digunakan sebagai barang sehari-hari umumnya anyaman halus dan motifnya lebih terlihat. Ada pula jenis yang disebut anyaman kasar yang digunakan sebagai bahan arsitektur untuk membuat rumah, kandang, keramba, hingga bubu (perangkap ikan).


Macam-macam Jenis Kerajinan Anyaman

Ada beragam jenis kerajinan anyaman yang perlu kamu tahu - wonderverse


Kerajinan anyaman dimulai dari awal mendapatkan bahan baku. Setelah bahan baku terkumpul, terdapat beberapa proses seperti mengeringkan, menipiskan, hingga dilanjutkan untuk merajutnya sebelum menjadi sebuah karya. Nah, berikut ini adalah macam-macam kerajinan anyaman:

1. Kerajinan anyaman pandan

Anyaman pandan merupakan kerajinan yang terbuat dari daun pandan duri. Daun pandan duri memiliki karakteristik serat yang panjang dan kuat. Hal itulah yang membuat pandan sangat baik untuk digunakan sebagai salah satu bahan dasar berbagai produk, termasuk untuk seni anyaman. 

Anyaman pandan merupakan salah satu jenis yang sedikit lebih rumit dibandingkan dengan jenis-jenis anyaman lainnya. Ini terjadi karena pengolahan daun pandan berduri tersebut.


2. Kerajinan anyaman buluh

Buluh adalah sebuah tanaman berumpun, berakar serabut yang batangnya beruas-ruas, berongga, dan keras. Karakteristik buluh inilah yang membuat tanaman tersebut menjadi salah satu bahan baku yang cocok untuk dibuat dalam berbagai kerajinan tangan, termasuk dalam kerajinan anyaman.


3. Kerajinan anyaman mengkuang

Anyaman mengkuang tentu saja terbuat dari daun mengkuang. Beberapa kerajinan anyaman yang sering kali dijumpai berjenis anyaman mengkuang ini dapat ditemukan pada perabotan di rumah sehari-hari seperti tikar atau tudung saji.


4. Kerajinan anyaman lidi

Kerajinan anyaman yang satu ini tergolong lebih unik daripada jenis anyaman lainnya. Anyaman lidi umumnya terbuat dari lidi kelapa yang dianyam untuk menjadi perabotan rumah tangga atau kebutuhan lainnya di rumah.


5. Kerajinan anyaman ribu-ribu

Sebutan anyaman ribu-ribu ini diambil berdasarkan nama berbagai tumbuhan paku atau pakis. Oleh karena itu, anyaman ini dibentuk dari sebuah tanaman paki dan juga pakis yang menjadi bahan dasar pembuatannya.


6. Kerajinan anyaman rotan

Anyaman jenis ini adalah kerajinan yang terbuat dari rotan yang sudah diolah atau diproses. Biasanya anyaman rotan ini dapat dibuat menjadi berbagai barang atau perabotan yang sering dijumpai di rumah, salah satunya adalah kursi, gelang, tali, dan lainnya.

Di samping beberapa bahan-bahan alami untuk membuat berbagai jenis anyaman tradisional, kegiatan menganyam juga sering kali menggunakan bahan buatan. Hal ini berguna untuk beberapa orang belajar terlebih dahulu mengenai teknik menganyam. Beberapa bahan buatan tersebut antara lain kertas, kulit sintetis, kain, mika, pita, dan benda yang sekiranya bisa digunakan dan didapatkan dengan mudah untuk proses menganyam.

Kerajinan anyaman ini begitu mendarah daging di tanah air. Namun, anyaman pun adalah salah satu jenis kerajinan tangan di Indonesia dari sekian banyak kerajinan tangan lainnya dari berbagai daerah di Indonesia yang sangat terkenal hingga ke mancanegara. Kamu juga bisa memilikinya, lho!

Kemajuan dunia metaverse saat ini bisa membantu kamu untuk melakukan kegiatan jual beli di dunia virtual tanpa batasan waktu dan ruang. Melalui WonderGoods, kamu bisa melihat keindahan budaya Indonesia sambil melakukan jual beli barang hingga makanan lho!

Tertarik untuk merasakan pengalaman berbelanja di WonderGoods sambil menjelajahi Indonesia di dunia metaverse? Yuk, login sekarang di halaman ini, pilih avatar kamu, dan kunjungi WonderGoods!

news highlight