12 Oleh-oleh Raja Ampat yang Khas dan Unik

Setelah liburan seru di Raja Ampat, enggak mungkin dong kamu pulang dengan tangan kosong. Kamu bisa membeli suvenir atau cenderamata yang unik-unik sebagai oleh-oleh Raja Ampat untuk koleksi pribadi atau bisa kamu berikan ke orang-orang terdekat. Tapi, apa saja oleh-oleh Raja Ampat?

Oleh-oleh Raja Ampat memiliki keunikan masing-masing. Sebagian besar merupakan produk hasil kerajinan tangan warga Raja Ampat yang unik dan menarik. Kalau begitu, yuk, simak apa saja oleh-oleh Raja Ampat yang bisa segera kamu bawa pulang.


Keunikan Oleh-oleh Raja Ampat

Oleh-oleh Raja Ampat yang unik dibuat dari bahan-bahan alami - WonderVerse Indonesia


Oleh-oleh Raja Ampat yang bisa kamu bawa pulang antara lain souvenir berupa kerajinan anyaman, tas noken, tas anyaman, topi, dan banyak lagi. Kamu juga bisa membawa oleh-oleh Raja Ampat berupa minyak kelapa murni, camilan khas Raja Ampat, dan bahan makanan lainnya.

Keunikan oleh-oleh Raja Ampat untuk souvenir umumnya dibuat dengan cara dianyam atau disulam menggunakan bahan-bahan serta pewarna alami. Para pengrajinnya adalah tangan-tangan kreatif warga setempat yang tinggal di perkampungan di pesisir kepulauan Kabupaten Raja Ampat.

Di samping barang-barang kerajinan, kamu juga bisa membawa pulang oleh-oleh Raja Ampat berupa makanan dan bahan makanan yang tinggal kamu olah. Mulai dari ikan asin, ebi, maupun camilan-camilan lezat yang diproduksi dari industri rumah tangga oleh warga perkampungan di pesisir Kepulauan Raja Ampat.

Semua itu adalah oleh-oleh khas Raja Ampat yang wajib kamu bawa pulang setelah menghabiskan waktu untuk liburan seru di Raja Ampat. Jangan sampai ketinggalan untuk mengoleksi beragam souvenir unik dari Raja Ampat, ya.


Oleh-oleh Khas Raja Ampat

Oleh-oleh Raja Ampat bisa kamu jadikan koleksi yang unik - WonderVerse Indonesia


Nah, jika kamu bingung mau membawa oleh-oleh Raja Ampat, kamu bisa simak deretan oleh-oleh khas Raja Ampat, baik berupa suvenir atau makanan khas Raja Ampat.

1. Kerajinan anyaman

Kerajinan anyaman merupakan oleh-oleh Raja Ampat yang bisa kamu miliki dan dijadikan koleksi di rumah. Kerajinan anyaman sendiri telah menjadi tradisi warga Raja Ampat sejak lama yang umumnya dikerjakan oleh Suku Maya di kampung pesisir Teluk Mayalibit.

Kerajinan anyaman yang biasanya ditawarkan adalah tempat botol minuman atau kahene, bayai dan abob sebagai wadah untuk menyimpan pernah-pernik, dan tikar pandan atau lam.

Kerajinan anyaman dari Suku Maya ini masih menggunakan pewarna alami. Ini sejalan dengan kesadaran lingkungan masyarakat setempat yang hidup berdampingan dengan kawasan konservasi. Oleh karena itu, mereka mengerjakan kerajinan anyaman yang ramah lingkungan untuk melestarikan tradisi sekaligus lingkungan.


2. Topi Arborek

Oleh-oleh Raja Ampat yang bisa kamu jadikan koleksi adalah aksesoris bernama topi arborek. Topi ini umumnya memiliki desain unik dengan bentuk lebar seperti ikan pari manta. Topi arborek cocok untuk kamu jadikan aksesoris selama berlibur karena dapat melindungi kepala dari teriknya sinar matahari.

Bentuk unik topi arborek ini tak lepas dari pengerjaannya yang cukup rumit pula. Pembuatan sebuah topi arborek saja bisa memakan waktu antara dua hari hingga seminggu. Topi ini biasanya dijual mulai dari harga Rp250.000 oleh para perajinnya.


3. Tas Noken

Oleh-oleh Raja Ampat selanjutnya adalah tas noken yang populer sebagai tas dari Papua. Di Raja Ampat, kamu akan menemukan noken arborek yang berbeda dalam cara pemakaiannya, yaitu noken yang didesain menjadi tas selempang. Berbeda dengan noken Papua lain yang biasanya dipakai di kepala.

Tas noken arborek dari Raja Ampat ini tersedia dalam dua ukuran, kecil dan besar. Kamu bisa memilihnya sebagai koleksi atau menjadi hadiah untuk orang terdekat.


4. Topeng

Oleh-oleh Raja Ampat yang bisa kamu bawa pulang selanjutnya adalah topeng khas Raja Ampat. Topeng unik ini menggambarkan kebudayaan Papua yang luhur. Ukuran topeng khas Raja Ampat ini bisa mencapai tiga kali wajah orang dewasa, dengan posisi hidung dan mata yang tampak unik.

Untuk mendapatkan topeng unik dari Raja Ampat ini, kamu bisa mengunjungi toko cenderamata di Raja Ampat, yang juga menyediakan oleh-oleh khas Raja Ampat lainnya. Harga topeng khas Raja Ampat ini sekitar Rp500 ribuan hingga Rp1 jutaan.


5. Tifa

Oleh-oleh Raja Ampat berikutnya adalah alat musik khas Papua, tifa. Alat musik khas Papua ini terbuat dari sebatang kayu yang dihilangkan isinya. Salah satu sisi kayu itu kemudian ditutup menggunakan kulit rusa yang telah dikeringkan. Tifa pun dapat menghasilkan suara yang indah.

Kamu bisa membawa pulang alat musik sejenis gendang yang unik satu ini sebagai koleksi di rumah. Kamu juga bisa memilih beberapa jenis tifa, antara lain tifa jekir, tifa dasar, tifa potong, tifa jekir potong, dan tifa bas.


6. Tas Anyaman Pandan Laut

Oleh-oleh Raja Ampat berikutnya adalah tas anyaman yang terbuat dari pandan laut. Pengerjaan tas anyaman ini biasanya cukup rumit, pengrajinnya pun harus teliti dan tekun dalam membuat kerajinan anyaman ini.

Untuk dapat menjadi sebuah tas anyaman, pandan laut itu mesti dikeringkan dan diserut menjadi helaian kecil. Proses selanjutnya adalah diberi pewarna alami dari tanaman untuk menghasilkan motif anyaman.

Pandan laut sendiri adalah jenis tanaman laut yang banyak tumbuh di tepi pantai sekitar Kepulauan Raja Ampat. Kamu bisa memilih ukuran tas anyaman tersebut, mulai dari ukuran besar yang bernama kapowen; kotak kecil bernama kabiren yang digunakkan untuk menyimpan pinang, sirih, atau rokok; serta wadah sagu bernama kokoya.

Tas anyaman pandan laut umumnya dijual dengan harga antara Rp100.000 sampai dengan Rp300.000 per buahnya, tergantung tingkat kesulitan pembuatan dan ukurannya.


7. Batik Raja Ampat

Raja Ampat juga memiliki kain batik tersendiri, lho. Kamu pun bisa menjadikan kain batik khas itu sebagai oleh-oleh Raja Ampat. Batik Raja ampat memiliki motif yang unik dan menggambarkan keindahan bawah laut.

Kain batik dari Raja Ampat adalah pilihan tepat untuk dijadikan oleh-oleh setelah kamu selesai berlibur sambil menikmati keindahan alam Raja Ampat. Kamu juga bisa menjadikan batik khas ini sebagai salah satu koleksi kain batik dari seluruh wilayah di Indonesia.


8. Patung Suku Asmat

Patung Suku Asmat adalah salah satu cenderamata yang bisa juga kamu jadikan oleh-oleh Raja Ampat. Seperti diketahui, Suku Asmat sendiri dikenal dengan seni ukirnya yang menakjubkan. Karena itu, patung Suku Asmat adalah salah satu barang seni yang digemari banyak orang sejak lama.

Keunikan dari patung Suku Asmat juga telah mendorong para wisatawan untuk berburu suvenir khas. Patung Suku Asmat bisa kamu temukan di toko suvenir setempat dengan harga yang bervariasi.


9. VCO

Oleh-oleh Raja Ampat berikutnya adalah virgin coconut oil (VCO) alias minyak kelapa murni. Minyak kelapa dari Raja Ampat umumnya diproduksi tanpa proses pemanasan dan dengan cara sederhana. VCO ini bisa kamu jadikan sebagai obat gosok untuk luka, untuk pijat, hingga diminum untuk kesehatan tubuh.

VCO yang terkenal dari Raja Ampat berasal dari Kalitoko. Masyarakat setempat telah diberi pelatihan dari pemerintah setempat sehingga dapat menghasilkan VCO dan memasarkannya dengan kualitas terbaik.


10. Stik Ikan

Oleh-oleh Raja Ampat selanjutnya adalah stik ikan atau kerupuk ikan dari Kampung Lopintol. Stik ikan dari tempat itu diproduksi oleh dua kelompok kerja bernama Fadarel dan Fatanon. Stik ikan terus diproduksi lantaran melimpahnya ikan di kawasan tersebut.

Stik ikan yang bisa kamu jadikan oleh-oleh ini hanya menggunakan ikan segar untuk jenis ikan tenggiri, kakap merah, bubara, dan ikan lema. Setiap jenis ikan akan menghasilkan rasa gurih yang berbeda-beda. Jika tidak menggunakan ikan segar, hasil stik ikan tentu akan berbeda.


11. Ikan Asin

Ikan asin merupakan salah satu bahan makanan yang bisa kamu jadikan oleh-oleh Raja Ampat, lho. Kamu bisa membeli ikan asin dari Kampung Wawiyai yang dikenal enak, bersih, rasa asin yang pas, serta standar kualitas yang baik.

Proses pembuatannya dimulai dari pergi memancing dan membersihkan ikan hasil tangkapan. Kemudian ikan-ikan itu diberi garam, dijemur, dikemas, serta dikirim untuk dijual secara luas.

Ikan asin dari Kampung Wawiyai diproduksi oleh mama-mama yang telah mendapatkan pelatihan dari dinas pemerintah setempat untuk memproduksi hingga memasarkannya dalam kualitas terbaik.


12. Ebi

Oleh-oleh Raja Ampat yang juga tak boleh kamu lewatkan adalah ebi yang berasal dari Kampung Beo. Di kampung yang terletak di sebuah pulau di tengah-tengah Teluk Mayalibit ini, kamu bisa mendapatkan ebi atau udang kecil yang dapat diolah lagi menjadi makanan lain.

Ketika kamu mengunjungi Kampung Beo, kamu akan mencium aroma udang segar yang semerbak ke seluruh penjuru kampung. Warga setempat memanfaatkan kelimpahan udang kecil itu untuk dijadikan ebi kering maupun terasi segar.

Ebi dari Kampung Beo diproses dengan saringan sederhana dan dijemur hingga kering. Sementara terasi diproses dengan cara menumbuk ebi kering dan basah. Produksi ebi dan terasi ini tak lepas dari pelatihan pengemasan ebi menggunakan daun pandan agar lebih awet.

Itu dia beberapa oleh-oleh Raja Ampat yang memiliki keunikan masing-masing. Kamu dapat menjadikannya hadiah atau koleksi pribadi di rumah. Di samping itu, kamu pun bisa mencoba menjelajah Raja Ampat yang mempesona sambil menemukan berbagai informasi menarik dan unik lainnya bersama WonderVerse indonesia.

WonderVerse Indonesia adalah platform yang menyediakan pengalaman virtual untuk melihat kebudayaan dan keindahan Indonesia. Bersama WonderVerse Indonesia, kamu bisa menjelajah alam Indonesia dan melihat ragam hewan khas Indonesia, mengenal beragam budaya dan pakaian adat Indonesia, hingga membeli makanan dan souvenir khas Indonesia.

Enggak cukup sampai di situ, di WonderVerse Indonesia kamu juga bisa merasakan pengalaman melihat alam Bali, Wakatobi, hingga Raja Ampat secara 360 dengan menggunakan VR! Kamu juga bisa menonton konser band atau penyanyi kesukaan kamu tanpa harus keluar rumah. Menarik ya? Yuk, coba sensasi jelajah Indonesia dan keseruan lainnya secara virtual di WonderVerse Indonesia sekarang!

news highlight