Apa itu Robotic Process Automation? Intip Informasi Lengkapnya

Pernah dengar istilah Robotic Process Automation atau yang biasa disingkat sebagai RPA? Teknologi ini bukanlah robot yang otomatis dapat bekerja seperti di film-film fiksi ilmiah, ya. Robotic Process Automation adalah software yang didesain untuk dapat meniru aktivitas yang biasanya dikerjakan manusia. Bedanya, RPA ini dapat mengerjakan tugas-tugas dengan cepat dan akurat.

Lebih jauh tentang RPA akan dibahas lebih mendalam di artikel ini biar kamu nggak bingung. Simak selengkapnya, ya.


Apa itu Robotic Process Automation dan Fungsinya?

Robotic Process Automation dapat mengerjakan banyak tugas nonstop - wonderverse


Robotic Process Automation atau RPA merupakan teknologi otomasi yang bekerja untuk meniru tugas back-office yang dikerjakan manusia. RPA ini dapat difungsikan untuk mengekstraksi data, mengisi formulir, memindahkan dokumen, dan sebagainya. 

Robotic Process Automation ini adalah hasil gabungan interaksi API dan user interface (UI) yang diintegrasi untuk menyelesaikan tugas berulang demi produktivitas pada aplikasi perusahaan.

Robotic Process Automation dapat menyelesaikan pekerjaan secara otonom dari berbagai aktivitas di seluruh sistem perangkat lunak yang tak berkaitan. RPA sendiri menerapkan skrip yang meniru proses pekerjaan manusia yang dilakukan dengan kecepatan bahkan akurasi mencapai 100 persen!

Dibekali gabungan teknologi di dalamnya, RPA menjadi software dari kategori enterprise software dengan pertumbuhan paling cepat. Fungsinya pun dapat melakukan beberapa pekerjaan seperti login ke aplikasi atau sistem, menghitung satu per satu, menyelesaikan tugas, memasukkan data, bahkan RPA juga bisa logout dari aplikasi atau sistem tersebut. 

Pasalnya, RPA ini dirancang untuk menavigasi sistem, mengidentifikasi, mengekstrak data, atau melakukan berbagai hal yang telah ditentukan.

Lebih dari itu, RPA juga dapat melakukan hal tersebut dengan konsistensi yang lebih baik dari manusia. Mereka bisa melakukan tugas-tugas itu tanpa perlu istirahat karena mata lelah, faktor human error, atau hal-hal manusiawi lainnya.


Apa Manfaat Menggunakan RPA?

Robotic Process Automation memiliki akurasi lebih tepat dan proses lebih cepat - wonderverse


Di balik itu, kamu juga mesti mengetahui beberapa manfaat Robotic Process Automation ini. RPA tentu dapat memberikan dampak yang positif pada hasil bisnis. Beberapa fungsinya antara lain:

1. Efektivitas biaya

Robotic Process Automation dapat memangkas biaya operasional antara 25 hingga 50 persen, bahkan bisa beroperasi selama 24 jam dalam seminggu, tanpa libur!  RPA ini dapat mengambil alih beberapa pekerjaan manusia demi menghasilkan keuntungan yang terlihat bagi bisnis.


2. Akurasi dan kualitas

Robotic Process Automation merupakan layanan dengan akurasi yang tinggi, sehingga dapat diandalkan untuk dapat bekerja tanpa lelah setiap waktu. Robot ini dapat mengurangi kasus pengerjaan ulang dan mengikuti semua aturan perusahaan demi mencapai akurasi 100 persen. RPA mengoptimalkan kapabilitas yang melipatgandakan kapasitas organisasi.


3. Konsistensi

Robotic Process Automation adalah teknologi aman yang tidak mengganggu sistem bawaan. Oleh karena itu, RPA dapat memberikan konsistensi sempurna dalam melakukan aktivitas secara menyeluruh, setiap saat dan setiap saat.


4. Meningkatkan kualitas analitik

RPA memiliki akses ke data yang akurat dan bebas kesalahan dari berbagai sumber akan meningkatkan kualitas analitik dalam prosesnya. Dengan begitu, RPA dapat membantu pengambilan keputusan yang lebih baik dan secara keseluruhan.


5. Peningkatan produktivitas karyawan

Robotic Process Automation membebaskan karyawan dalam sebuah perusahaan dalam tugas-tugas mereka, sehingga dapat lebih fokus pada interaksi antara klien dan pelanggan serta aktivitas manusia yang alami lainnya agar bisnis jadi lebih baik.


6. Peningkatan kepuasan pelanggan

Robotic Process Automation dapat meningkatkan kepuasan pelanggan karena memberikan kualitas pekerjaan yang lebih baik dengan akurasi yang tinggi. Interaksi dengan pelanggan atau klien pun akan menjadi lebih baik.


7. Lebih cepat

Robotic Process Automation juga bisa menangani eksekusi lebih banyak tugas dalam waktu yang relatif lebih cepat. Pengiriman pun akan lebih cepat bersama dengan akurasi dalam otomatisasi berbagai tugas.


8. Rekonsiliasi dari berbagai sistem

Robotic Process Automation ini memungkinkan penghitungan data dan informasi dari berbagai sistem. Hasilnya adalah informasi yang membantu integrasi proses.


9. Fleksibilitas

Robotic Process Automation dapat diimplementasikan di seluruh industri. RPA bahkan memiliki kemampuan untuk melakukan berbagai tugas yang tiap prosesnya berbasis aturan dan dapat membuat kandidat otomasi yang ideal.


10. Dukungan dan manajemen yang lebih baik

Kemampuan RPA adalah untuk meningkatkan kualitas operasional layanan dan memantau jaringan. Hal ini memungkinkan sebuah perusahaan menangani lonjakan tanpa harus merekrut staf tambahan atau melatih karyawan terlebih dahulu.


11. Memanfaatkan kecerdasan buatan (AI)

AI yang digabungkan dengan Robotic Process Automation dapat menciptakan otomasi kecerdasan. Kemampuan ini mampu memanfaatkan 80 persen data perusahaan yang tidak terstruktur.


Bagaimana Cara Kerja Robotic Process Automation?

Robotic Process Automation dapat menyelesaikan tugas yang kompleks - wonderverse


Robotic Process Automation adalah sistem berupa bot yang membuat penggunanya akan masuk ke dalam sistem RPA itu dan membiarkan mereka bekerja untuk penggunanya. Bot Robotic Process Automation ini bekerja dengan cara mengambil data dari website atau email, menyalin, memasukkan data, membuat kalkulasi data, dan memindahkan data. 

Proses tadi dilanjutkan dengan masuk ke dalam program dan RPA akan terhubung ke API. RPA ini cukup aman karena memiliki kemampuan beradaptasi dengan berbagai alur kerja. Robotic Process Automation ini juga tidak akan mengubah sistem yang sudah ada.

Berkat kemampuan beradaptasinya serta teknologi yang ddiadopsi ke dalamnya, bot RPA sangat mudah diatur dan disesuaikan dengan kebutuhan bisnis atau industri yang ingin menggunakan teknologi canggih ini.


Contoh Penerapan Robotic Process Automation?

Robotic Process Automation dapat diterapkan ke berbagai bidang - wonderverse


Robotic Process Automation adalah teknologi yang dibuat untuk memudahkan pekerjaan manusia. Selain tidak merepotkan karena kemampuan adaptasinya, RPA ini juga dapat diterapkan untuk menjalankan tugas yang repetitif di berbagai bidang, antara lain:

1. Telekomunikasi

Robotic Process Automation bisa diterapkan di sektor telekomunikasi yang dapat menyimpan data-data penting milik pelanggan dalam jumlah besar. Penyimpanan data-data itu dapat dilakukan berulang-ulang, termasuk juga penyimpanan dokumen yang sangat penting untuk keberlangsungan sektor telekomunikasi.


2. Perbankan

Robotic Process Automation pun dapat diterapkan dalam dunia perbankan demi mendorong efisiensi sekaligus meningkatkan akurasi. Proses pendaftaran nasabah baru misalnya, akan semakin mudah karena sistem dalam RPA dapat memproses langsung seluruh dokumen dengan cepat dan akurat. Selain itu, ini karena RPA mampu mendeteksi kecurangan dan potensi fraud dari rekening-rekening yang mencurigakan. 


3. Kesehatan

Sektor kesehatan juga akan terbantu jika RPA ini diterapkan, terlebih untuk menemukan berbagai dokumen penting, apalagi yaang menyangkut hidup banyak orang. Risiko human error atau data yang tertukar dapat ditanggulangi dengan Robotic Process Automation, di samping juga untuk mengungkap dokumen rekam medis atau membuat manajemen data yang solid.


4. Keuangan

Robotic Process Automation dapat diimplementasikan untuk proses perencanaan keuangan dalam jangka waktu tertentu. Automasi RPA juga akan membantu pengguna melakukan pembandingan sebuah rekening dengan rekening lainnya secara cepat.


5. Customer service

Di bidang customer service, penerapan RPA dapat digunakan untuk otomatisasi berbagai tugas administrasi sistem yang cukup kompleks di dalam infrastruktur IT maupun aplikasi. RPA juga dapat digunakan untuk mengarahkan pelanggan melakukan perbaikan ringan, contohnya troubleshooting.


6. Teknologi

Di bidang teknologi, Robotic Process Automation dapat digunakan untuk mengaktifkan instalasi sistem yang kompleks dalam satu klik saja. RPA juga dapat dimanfaatkan sebagai testing tool yang dapat mengikuti perilaku pengguna atau user. Bahkan, RPA juga dapat melakukan pengoperasian tools yang otomatis untuk pelanggan atau karyawan.


7. Operasional sebuah bisnis

Robotic Process Automation juga dapat dimanfaatkan untuk operasional bisnis karena dapat melakukan pembaruan data secara otomatis. RPA juga memungkinkan validasi data untuk menghindari fraud. Teknologi ini juga dilengkapi dengan machine learning yang dapat membaca dokumen, sehingga sangat diperlukan untuk memindai dokumen maupun ekstraksi data.

Teknologi canggih bernama Robotic Process Automation ini memang dirancang untuk memudahkan pekerjaan manusia. Ke depannya, teknologi ini pasti bisa dimanfaatkan oleh lebih banyak bidang lainnya. Apakah kamu sudah pernah coba teknologi RPA ini?

Jika belum, kamu bisa coba teknologi lainnya supaya tetap update dengan perkembangan digital. Misalnya saja dengan mencoba pengalaman berada di dunia metaverse yang ada di WonderVerse Indonesia.

WonderVerse Indonesia adalah platform yang menyediakan pengalaman virtual untuk melihat kebudayaan dan keindahan Indonesia. Bersama WonderVerse, kamu bisa menjelajah alam Indonesia dan melihat ragam hewan khas Indonesia, mengenal beragam budaya dan pakaian adat Indonesia, hingga membeli makanan dan souvenir khas Indonesia.

Enggak cukup sampai di situ, di WonderVerse kamu juga bisa merasakan pengalaman melihat alam Bali, Wakatobi, hingga Raja Ampat secara 360 dengan menggunakan VR! Kamu juga bisa menonton konser band atau penyanyi kesukaan kamu tanpa harus keluar rumah. Menarik ya? Yuk, coba sensasi jelajah Indonesia dan keseruan lainnya secara virtual di WonderVerse Indonesia sekarang!

news highlight