Teknologi Extended Reality, Bikin Pengalaman Lebih Hidup!

XR adalah produk teknologi terkini yang telah lama jadi perbincangan banyak orang. XR sendiri merupakan singkatan untuk extended reality yang memungkinkan pengguna mendapatkan pengalaman melihat, merasakan, hingga berinteraksi dengan berbagai hal tanpa hadir di sana secara langsung. Bayangkan kamu bisa bepergian ke berbagai tempat yang selama ini hanya hinggap dalam khayalan saja. Seru, bukan?

Itu adalah salah satu kegunaan XR. Tetapi apa itu XR reality? Untuk soal XR ini, kamu harus tahu lebih jauh lagi dan nggak boleh cuma sebatas penasaran, ya. Simak pembahasan mengenai XR selengkapnya di sini, ya.


Apa Itu Extended Reality?

Extended reality adalah term payung untuk tiga teknologi imersif - wonderverse


XR adalah istilah yang dalam beberapa tahun belakangan menjadi perbincangan banyak orang soal teknologi. XR merupakan singkatan untuk extended reality, yang dalam pengertiannya merupakan sebuah teknologi untuk mencakup semua teknologi imersif yang dihasilkan komputer seperti Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), dan Mixed Reality (MR).

Ketiga teknologi imersif tadi dengan sendiri telah memperluas realitas yang dialami penggunanya. Di dalam extended reality ini terdapat perpaduan antara dunia “yang virtual” dan “yang nyata”, termasuk menciptakan pengalaman imersif sepenuhnya. Extended reality atau perluasan realitas ini dapat mengubah cara berinteraksi antara bisnis dengan media, termasuk  potensi besar berbaurnya dunia nyata dan lingkungan virtual dalam sebuah interaksi tanpa batas.

Teknologi-teknologi yang masuk dalam cakupan XR ini mulai bermunculan sejak dekade 1980-an dan 1990-an silam. Teknologi extended reality mulai mendapatkan momentumnya per 2010-an silam. Berbagai produk canggih besutan pabrik teknologi terkemuka dunia terus bermunculan, seperti Google, Sony, Samsung, Microsoft, dan lain-lain yang menambah dan memberikan pengalaman baru dalam interaksi antara dunia nyata dan virtual. 

Pada tahun 2020, penggunaan ketiga teknologi imersif tadi kian cepat meluas ke berbagai industri. Adopsi teknologi XR meluas hingga lintas sektor yang beragam seperti manufaktur, pendidikan, perawatan kesehatan, konstruksi, dan bahkan penegakan hukum. Hal ini membuktikan bahwa Extended Reality tidak sebatas untuk game dan hiburan semata, dan ini menjadi bagian penting dari evolusi XR.


Jenis Extended Reality

Teknologi extended reality terus meluas ke berbagai sektor - wonderverse


Extended reality merupakan istilah payung yang menaungi tiga jenis teknologi imersif di dalamnya, di antaranya:

1. Virtual Reality (VR)

Reallitas virtual atau virtual reality merupakan bagian dari extended reality. Dalam realitas ini, pengguna akan masuk ke dalam lingkungan yang sepenuhnyaa virtual dan interaksi akan berlangsung di dunia virtual tersebut dalam lanskap yang dihasilkan grafis komputer maupun objek buatan.

Semua elemen di dalamnya didesain dan diimplementasikan untuk menghasilkan situasi yang tampak nyata. Kemudian, pengguna salah satu jenis teknologi imersif ini dapat merasakan setiap bagian realitas virtual tersebut.

Untuk mengakses realitas virtual ini, kamu memerlukan perangkat VR khusus, yang nantinya akan membawa kamu masuk ke dalam lingkungan virtual. Perangkat tersebut dirancang untuk memberikan pandangan virtual 360 derajat hingga ilusi yang tampak nyata dari dunia buatan.

Teknologi XR ini membuat kamu merasakan pengalaman seolah-olah sedang berjalan di Bulan, berenang di bawah laut, atau memasuki dunia baru. Industri game dan hiburan menjadi pengadopsi awal teknologi ini. Tetapi tak menutup kemungkinan perusahaan di beberapa industri seperti kesehatan, konstruksi, teknik, militer, dan lainnya menggunakan VR karena sangat berguna.


2. Augmented Reality (AR)

Berbeda dengan virtual reality, augmented reality menampilkan informasi dan objek virtual yang dihamparkan pada dunia nyata. Kamu akan mendapatkan pengalaman seolah-olah telah menyempurnakan dunia nyata dengan detail-detail digital dengan berbagai elemen seperti foto, teks, hingga animasi.

Augmented Reality dapat diakses lewat layar smartphone, tablet, atau kacamata khusus AR. Salah satu teknologi extended reality ini juga membuat penggunanya tidak terisolasi dari dunia nyata. Berbanding terbalik dengan VR, kamu justru masih bisa berinteraksi secara langsung dan melihat berbagai hal yang terjadi di depan mata secara riil.

Game Pokémon GO adalah salah satu contoh extended reality dari penerapan teknologi AR ini. Alih-alih diam di satu tempat untuk memainkan game, Pokémon GO justru “memaksa” kamu bermain di dunia maya yang tersaji di layar smartphone sekaligus berinteraksi langsung secara nyata. Contoh penerapan AR lainnya adalah filter di berbagai aplikasi maupun filter yang tersedia di beberapa platform media sosial yang seolah-olah menciptakan ilusi.


3. Mixed Reality (MR)

Dari dua teknologi imersif tadi, ada juga mixed reality (MR) yang merupakan kombinasi dari AR dan VR. Dalam mixed reality ini, objek dari dunia nyata dan digital akan muncul secara berdampingan dan dapat berinteraksi satu sama lain dalam waktu yang sama. Teknologi imersif dalam payung extended reality ini merupakan teknologi terbaru yang juga disebut “hybrid reality”.

Melalui MR, pengguna dapat memvisualisasikan lingkungan lewat perangkat khusus realitas campuran ini. Bahkan MR device sendiri jauh lebih canggih dibandingkan perangkat VR dan mampu membuat kamu berinteraksi dengan lingkungan secara digital. Sebagai contoh, Microsoft HoloLens adalah perangkat realitas campuran yang memungkinkan penggunanya melakukan interaksi dengan objek digital dengan cara apa pun.

Kini, banyak perusahaan teknologi yang terus melakukan pengembangan hingga mengeksplorasi lebih lanjut cara-cara menggunakan mixed reality ini untuk memecahkan masalah, mendukung inisiatif, maupun membuat bisnis lebih baik.


Apa Saja Perangkat Extended Reality?

Perangkat XR semakin canggih, bikin pengalaman jadi lebih hidup - wonderverse


Berikut ini merupakan deretan perangkat canggih di tahun 2023 yang siap membantu kamu mengarungi serunya berinteraksi dengan pengguna lain atau mengunjungi berbagai tempat menarik secara virtual via extended reality (XR). Kamu juga bisa merasakan pengalaman hadir di tempat tersebut. Simak daftarnya:


1. HTC VIVE Pro 2 & HTC VIVE Focus 3

Dua perangkat extended reality produksi HTC, yaitu HTC VIVE Pro 2 dan HTC VIVE Focus 3 dirilis pada awal menjelang akhir bulan Juni ini. Kedua perangkat ini merupakan headset VR yang memiliki sedikit perbedaan. HTC VIVE Pro 2 adalah headset yang didukung oleh PC, sementara HTC VIVE Focus 3 menjadi perangkat VR yang berdiri sendiri.

HTC VIVE Pro 2 bersama dengan alat pengontrol dan BTS dibanderol 1.399 dollar AS, sedangkan HTC VIVE Focus 3 dengan alat pengontrolnya dibanderol 1.300 dollar AS, setara dengan Rp19 jutaan dan Rp20 jutaan per unit. Keduanya cocok untuk kamu yang ingin merasakan sensasi berinteraksi secara penuh dengan objek-objek digital, nih.


2. Varjo XR-3

Perangkat extended reality selanjutnya adalah Varjo XR-3 yang telah diumumkan sejak tahun 2020 lalu. Perangkat ini merupakan visual fidelity headset di tingkat fotorealistik yang ditenagai PC ber-resolusi 2880 x 2720 per-mata. Varjo XR-3 adalah headset XR kelas perusahaan yang memungkinkan untuk menciptakan pengalaman XR dengan visualisasi yang luar biasa serta memberikan pengalaman visual hiperrealitas. Perangkat ini dibanderol dengan harga 5.495 dollar AS, sekitar Rp82,3 juta per unitnya.


3. Microsoft HoloLens 2

Perangkat extended reality berikutnya adalah produk dari Microsoft bernama Microsoft HoloLens 2. Perangkat ini telah dipasarkan sejak tahun 2019 lalu dengan resolusi 1440x936 per mata. Perangkat ini telah terintegrasi dengan Microsoft Dynamic 365 yang potensial untuk beragam industri seperti pendidikan, militer, kesehatan, konstruksi, dan lain-lain. Microsoft HoloLens 2 dibanderol 3.500 dollar AS per unit, setara dengan Rp52,4 jutaan per unit.


4. Sony PlayStation VR2

Sony PlayStation VR2 menjadi perangkat extended reality selanjutnya yang meluncur pada Februari lalu. Headset VR ini menjadi generasi lanjut yang diharapkan dapat dikembangkan untuk digunakan secara eksklusif dengan Sony PlayStation 5 (PS5). Perangkat ini dilengkapi sistem VR generasi terbaru yang membantu pengguna merasakan pengalaman bermain game yang belum pernah ada sebelumnya. Harga per unitnya dibanderol 49,99 dollar AS, berarti sekitar Rp748 ribuan per unit.


5. Meta Quest Pro

Perangkat extended reality yang dijanjikan salah satu raksasa teknologi dunia, Meta, adalah Meta Quest Pro. Produk yang meluncur tahun 2022 lalu ini adalah headset XR penuh warna yang berdiri sendiri. Perangkat ini secara signifikan meningkatkan fidelitas visual, disertai dengan kemampuan pelacakan mata, rendering foveated, dan pelacakan wajah terintegrasi, memungkinkannya untuk menangkap dan mereplikasi ekspresi wajah secara real-time. Harga satu unit Meta Quest Pro mulai dari 999,99 dollar AS, atau setara dengan Rp14,9 jutaan.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui soal extended reality. Menarik, bukan? Kamu bisa mendapatkan pengalaman yang lebih hidup bersama teknologi imersif ini. Selain itu, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru lainnya di pulau-pulau yang ada di WonderVerse Indonesia.

WonderVerse adalah platform yang menyediakan pengalaman virtual untuk melihat kebudayaan dan keindahan Indonesia. Bersama WonderVerse, kamu bisa menjelajah alam Indonesia dan melihat ragam hewan khas Indonesia, mengenal beragam budaya dan pakaian adat Indonesia, hingga membeli makanan dan souvenir khas Indonesia.

Enggak cukup sampai di situ, di WonderVerse kamu juga bisa merasakan pengalaman melihat alam Bali, Wakatobi, hingga Raja Ampat secara 360 dengan menggunakan VR! Kamu juga bisa menonton konser band atau penyanyi kesukaan kamu tanpa harus keluar rumah. Menarik ya? Yuk, coba sensasi jelajah Indonesia dan keseruan lainnya secara virtual di WonderVerse sekarang!

news highlight