Cloud Computing, Awan untuk Penyimpanan Data yang Aman

Apa yang dimaksud dengan cloud computing? Cloud computing adalah penyimpanan berbasis cloud yang memungkinkan pengguna menyimpan file selama memiliki akses ke internet. Kamu bisa tahu lebih banyak mengenai cloud computing, mulai dari manfaatnya, cara kerjanya, jenis-jenisnya, hingga beberapa contohnya dalam artikel ini.

Mengenal Cloud Computing

Contoh Cloud Computing - WonderVerse Indonesia

Cloud computing adalah istilah yang mengacu pada internet - WonderVerse Indonesia

Apa itu cloud computing? Cloud computing adalah model komputasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses aplikasi, data, dan infrastruktur melalui internet. Cloud computing atau komputasi awan ini adalah metode penyampaian berbagai layanan melalui internet untuk penyimpanan data, database, jaringan, server, maupun perangkat lunak.

Cloud computing dapat menghilangkan kebutuhan untuk memiliki perangkat keras dan perangkat lunak sendiri sehingga dapat menghemat biaya dan meningkatkan fleksibilitas. Cloud computing merupakan opsi yang populer untuk menyimpan banyak file daripada menggunakan hard drive atau penyimpanan lokal di komputer atau smartphone.

Istilah "cloud" dalam cloud computing mengacu pada internet. Ketika pengguna mengakses aplikasi atau data dari cloud, mereka sebenarnya mengaksesnya dari server yang terletak di data center yang terhubung ke internet.

Manfaat Cloud Computing 

Manfaat Cloud Computing - WonderVerse Indonesia

Cloud computing memberikan manfaat penyimpanan yang aman - WonderVerse Indonesia

Manfaat cloud computing yang bisa kamu dapatkan cukup banyak, antara lain:

  • Penyimpanan data

    Kamu tentu dapat menyimpan banyak data, bahkan dalam jumlah besar, di cloud computing. Data yang disimpan itu akan berada dalam satu server terpusat. Kamu juga bisaa memilah penyimpanan dokumen dengan rapi agar lebih mudah diakses. Data-data kamu juga akan tersimpan secara virtual dengan aman.

  • Penyimpanan data aman dan terproteksi

    Cloud computing juga dilengkapi dengan jaminan data pribadi, jaminan platform, dan jaminan keamanan lainnya. Sistem keamanan penyimpanan data di dalam cloud computing juga dibuat lebih canggih karena penyimpanan datanya terpusat.

  • Lebih fleksibel

    Cloud computing dapat diakses menggunakan jaringan internet, sehingga dapat diakses di mana saja dan kapan saja. Kamu juga bebas mengakses data yang kamu simpan. Cloud computing membuat penyimpanan lebih ringkas karena tak perlu membawa hard disk atau laptop.

  • Hemat biaya

    Cloud computing akan menghemat biaya pengeluaran. Kamu tak perlu membeli hard disk atau perangkat penyimpanan lainnya dengan kapasitas besar. Cukup akses dengan jaringan internet yang stabil.

  • Kapasitas penyimpanan sangat besar

    Cloud computing memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat besar. Kamu bisa menyimpan file atau data apa pun, mulai dari yang berukuran kecil hingga besar sekalipun. Kamu cukup mengelompokkan data-data agar lebih terorganisasi dengan baik dan akses kapan saja dan di mana saja.

Cara Kerja Cloud Computing

Cara Kerja Cloud Computing - WonderVerse Indonesia

Cloud computing memiliki cara kerja yang ditentukan oleh dua faktor - WonderVerse Indonesia

Secara umum, cara kerja cloud computing ditentukan oleh dua faktor utama. Untuk setiap variannya, cloud computing mesti memiliki data center dan jaringan internet untuk mengaksesnya. Pasalnya, kebutuhan pengguna pada cloud computing juga senantiasa berubah atau dinamis.

Sumber daya server dalam data center tersebut kemudian dikumpulkan untuk membuat platform yang sangat besar agar lebih siap menampung layanan virtual. Sumber daya yang dikumpulkan ini diatur lebih fleksibel sehingga para penggunanya bisa mengakses lebih banyak ruang penyimpanan jika diperlukan.

Sementara sumber daya yang sedang tidak digunakan akan dilepas kembali ke cloud computing jika memang sudah tidak lagi dibutuhkan. Penggunaan sumber daya berbasis on-demand ini menawarkan fleksibilitas dan skalabilitas yang hampir tidak terbatas.

Jenis-jenis Cloud Computing

Jenis-jenis Cloud Computing - WonderVerse Indonesia

Terdapat tiga jenis cloud computing, yaitu Iaas, Saas, dan PaaS - WonderVerse Indonesia

Berikut ini adalah jenis-jenis cloud computing yang utama, yaitu:

  • Infrastructure as a Service

    Infrastructure as a Service atau IaaS merupakan layanan cloud computing yang mencakup server fisik dan virtual server. IaaS memungkinkan pengguna memakai server tanpa perlu membeli komputer, melakukan pemeliharaan secara rutin, hingga melakukan konfigurasi perangkat.

  • Platform as a Service

    Platform as a Service atau PaaS merupakan layanan cloud computing yang memungkinkan penggunanya membangun dan membuat aplikasi sendiri karena pelayanannya berbentuk sebuah platform.

    Beberapa keuntungan menggunakan PaaS adalah membantu mengurangi kompleksitas, pengembangan keseluruhan aplikasi lebih efektif, hingga membuat aplikasi sendiri lewat bantuan web server, framework, dan lain-lain. 

    PaaS juga memiliki karakteristik terintegrasi dengan database dan layanan web. Dengan begitu, pengguna bisa lebih efektif mengambil data dan sumber daya yang dibutuhkan.

  • Software as a Service

    Software as a Service atau SaaS adalah layanan cloud computing dalam format perangkat lunak yang dikelola oleh pihak ketiga. Layanan ini tidak mewajibkan pengguna mengetahui cara mengurus data karena pemeliharaan dan perawatan server dilakukan langsung oleh jasa penyedia layanan cloud computing tersebut.

    Contoh penyedia layanan SaaS yang umum digunakan sehari-hari seperti, Google Drive, Google Docs, Dropbox, Adobe Creative Cloud, dan deretan software lainnya.

Contoh Cloud Computing

Contoh Cloud Computing - WonderVerse Indonesia

Contoh cloud computing seperti private cloud, public cloud, atau hybrid cloud - WonderVerse Indonesia

Berikut ini adalah beberapa contoh tipe layanan cloud computing, antara lain:

  • Private cloud

    Private cloud menawarkan layanan cloud computing yang bersifat eksklusif atau pribadi. Layanannya berfokus pada lembaga perseorangan. Layanan private cloud memiliki tingkat keamanan data yang lebih baik dan fleksibel. Pengguna dapat menyesuaikan sendiri penyimpanan data sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau organisasi.

  • Public cloud

    Public cloud adalah jenis layanan cloud computing yang menyediakan akses ke infrastruktur komputasi awan kepada publik secara umum. Layanan public cloud sendiri memang belum terlalu banyak digunakan saat ini. Contoh cloud computing ini sangat bermanfaat untuk perusahaan maupun organisasi.

  • Hybrid cloud

    Hybrid cloud memiliki keunggulan kecepatan jaringan yang stabil, skalabilitas yang baik, hingga efisiensi biaya. Layanan cloud computing ini merupakan gabungan antara public cloud dan private cloud yang cocok sekali untuk bisnis maupun organisasi. Fokus layanan ini adalah sebuah perusahaan yang membutuhkan penyimpanan data besar.

  • Community cloud

    Community cloud memiliki tingkat keamanan yang bagus. Layanan cloud computing ini merupakan infrastruktur komputasi awan yang bisa digunakan secara bersamaan oleh beberapa organisasi sekaligus. Sebagai contoh, perusahaan dan anak perusahaan yang memiliki kepentingan yang sama.

    Community cloud adalah opsi terbaik untuk sebuah perusahaan yang membutuhkan layanan penyimpanan data yang lebih terproteksi dan fleksibel untuk digunakan secara bersama-sama.

Cloud computing merupakan salah satu jenis layanan baru meski sudah digunakan pengguna individu hingga berbagai perusahaan kecil, korporasi besar, maupun pemerintahan. Di samping itu, kamu juga bisa mendapatkan beragam manfaat dengan menggunakan cloud computing maupun manfaat berupa wawasan baru ketika mengakses WonderVerse Indonesia. 

WonderVerse Indonesia adalah platform yang menyediakan pengalaman virtual untuk melihat kebudayaan dan keindahan Indonesia. Bersama WonderVerse Indonesia, kamu bisa menjelajah alam Indonesia dan melihat ragam hewan khas Indonesia, mengenal beragam budaya dan pakaian adat Indonesia, hingga membeli makanan dan souvenir khas Indonesia.

Enggak cukup sampai di situ, di WonderVerse Indonesia kamu juga bisa merasakan pengalaman melihat alam Bali, Wakatobi, hingga Raja Ampat secara 360 dengan menggunakan VR! Kamu juga bisa menonton konser band atau penyanyi kesukaan kamu tanpa harus keluar rumah. Menarik ya? Yuk, coba sensasi jelajah Indonesia dan keseruan lainnya secara virtual di WonderVerse Indonesia sekarang!

news highlight