5 Pakaian Adat Sumatera Barat Beserta Aksesorisnya yang Unik

Pakaian adat Sumatera Barat memberikan kesan yang mewah dan berwibawa bagi orang yang mengenakannya, baik untuk perempuan maupun laki-laki. Dalam artikel ini, kamu bisa menyimak berbagai nama pakaian adat Sumatera Barat beserta aksesorisnya yang ternyata menyimpan makna filosofis mendalam.

Nama-nama Pakaian Adat Sumatera Barat

Nama Pakaian Adat Sumatera Barat - WonderVerse Indonesia

Pakaian adat Sumatera Barat memiliki ciri khas tersendiri yang unik - WonderVerse Indonesia

Ada beberapa jenis pakaian adat Sumatera Barat yang bisa kamu kenali dari ciri khasnya masing-masing. Setiap pakaian adat datang dari beberapa daerah di Sumatra Barat dengan keunikannya masing-masing. Di antaranya:

1. Baju Batusangkar

Pakaian adat Sumatera Barat bernama Baju Batusangkar ini diambil dari wilayah Batusangkar. Setiap Baju Batusangkar ini memiliki ciri khas warna yang mencolok. Ciri khas yang paling umum untuk pakaian adat ini adalah perpaduan baju kurung serta songket untuk pakaian perempuan. 

Setiap perempuan juga akan mengenakan penutup kepala. Pakaian adat ini juga dilengkapi dengan ornamen sulaman emas di area tangan dan leher. 

Sementara pakaian adat Sumatera Barat Baju Batusangkar untuk laki-laki menamppilkan perpaduan celana panjang dengan tenunan kain songket di sekeliling tubuh. Atasannya adalah pakaian dengan bordiran emas di bagian tangan dan kerahnya. Pakaian adat ini juga dilengkapi dengan penutup kepala bernama saluak.

2. Busana pernikahan adat Sumatera Barat

Pakaian adat Sumatera Barat yang satu ini tentu saja digunakan untuk pernikahan. Keunikan pakaian khusus pernikahan ini identik dengan warna merah. Penggunanya akan memakai aksesori lengkap serta penutup kepala untuk mempelai laki-laki dan perempuan. 

Busana pernikahan adat ini terinspirasi dari hasil percampuran budaya Tionghoa, Eropa, dan Melayu. Pengantin perempuan biasanya akan mengenakan banyak aksesoris ketika setelah menggunakan pakaian adat ini. Aksesoris yang digunakan seperti mahkota, penutup kepala, kalung, selendang, gelang, dan banyak lagi.

3. Baju Batabue

Pakaian adat Sumatera Barat berikutnya bernama Baju Batabue. Pakaian ini memiliki corak warna merah, biru, hitam, dan lembayung. Baju Batabue memiliki beragam corak dan motif yang disesuaikan dengan selera pemakainya. Sementara komposisi pakaiannya terdiri dari baju kurung dan pernak-pernik di beberapa bagiannya.

Pakaian adat Sumatera Barat yang satu ini umumnya berwarna gelap. Baju Batabue juga dihiasi taburan benang emas agar tampilannya begitu mewah dan berkilau. Benang emas yang dipasangkan di banyak bagian ini memiliki makna filosofis berupa kekayaan alam Minangkabau yang luas.

4. Limpapeh Rumah Nan Gadang

Pakaian adat Sumatera Barat selanjutnya bernama Limpapeh Rumah Nan Gadang. Pakaian adat ini umumnya dikenakan oleh perempuan Minang. Ciri khas baju adat ini adalah bagian penutup kepala dengan bentuk seperti atap Rumah Gadang.

Secara umum, pakaian adat Sumatera Barat Bundo Kanduang memiliki desain berbeda-beda meskipun bentuknya hampir serupa satu sama lain. Keunikan pakaian tradisional Minang ini memiliki makna kebesaran bagi perempuan, terlebih bagi para istri. Perempuan digambarkan sebagai tiang tengah sebuah rumah.

Pakaian adat ini menggambarkan perempuan sebagai tiang tengah sebuah rumah serta peran istri atau ibu dalam rumah tangga. Dalam kebudayaan Minang, ibu merupakan seorang pengimbang, serta sosok yang membuat hubungan keluarga lebih kokoh.

5. Pakaian Penghulu

Pakaian adat Sumatera Barat selanjutnya bernama Pakaian Penghulu. Pakaian Penghulu terdiri dari atasan teluk belanga berbahan dasar kain beludru dan celana panjang. Pakaian ini juga dilengkapi dengan penutup kepala yang disebut deta

Pakaian ini hanya boleh dikenakan oleh pemangku adat saja. Pakaian Penghulu dilengkapi dengan kain, sehingga satu set Pakaian Penghulu didominasi warna hitam. Dalam tradisi Minang, warna hitam memiliki makna filosofi simbol kepemimpinan suatu kelompok dan sosok yang dihormati.

Pakaian Penghulu juga dilengkapi dengan tongkat atau sasamping yang untuk menggambarkan kharisma dari sosok yang dihormati tersebut. Selain itu, Pakaian Penghulu juga kerap dikenakan mempelai laki-laki dalam upacaya pernikahan adat Minang atau kegiatan penting lainnya.

Aksesoris Pakaian Adat Sumatera Barat

Aksesoris Pakaian Adat Sumatera Barat - WonderVerse Indonesia

Pakaian Adat Sumatera Barat - WonderVerse Indonesia

Pakaian adat Sumatera Barat dilengkapi dengan sejumlah aksesoris yang membuat penggunanya semakin terlihat menawan dan berkesan mewah. Berikut ini adalah aksesoris yang melengkapi pakaian adat Minangkabau dengan sejumlah makna dari tiap bagiannya.

  • Suntiang

    Suntiang akan membuat penampilan perempuan yang mengenakan pakaian adat Sumatera Barat lebih anggun, cantik, dan elegan. Suntiang merupakan perhiasan berwarna emas dengan bentuk setengah lingkaran untuk dikenakan di kepala perempuan. Coraknya adalah bunga dan burung merak dengan berat sekitar 3-5 kilogram.

  • Lambak

    Aksesoris lambak adalah bagian dari pakaian adat Sumatera Barat Bundo Kanduang atau Limpapeh Rumah Nan Gadang. Lambak adalah bawahan yang terbuat dari kain songket dengan beragam motif khas Minang. Lambak dikenakan dengan cara diikatkan ke pinggang. Lambak biasanya didominasi warna emas, merah, atau cokelat.

  • Minsie

    Minsie adalah aksesoris pelengkap pakaian adat Sumatera Barat berupa sulaman emas di sejumlah pakaian adat Minang. Tujuannya adalah memberi nilai estetika dengan makna bahwa budaya Minangkabau bersifat demokratis. Meski begitu, terdapat sejumlah batasan yang mesti dipatuhi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

  • Salempang

    Aksesoris pakaian adat Sumatera Barat ini juga dikenakan perempuan agar perempuan Minang yang mengenakannya dapat melanjutkan keturunannya dengan cara melahirkan anak serta memiliki cucu. Salempang juga dikenakan perempuan Minang agar penggunanya menjadi panutan dan guru yang baik bagi anak dan cucunya kelak.

  • Tingkuluak balapak

    Tingkuluak balapak adalah bagian yang melengkapi riasan perempuan saat mengenakan pakaian adat Sumatera Barat Bundo Kanduang untuk pernikahan. Tingkuluak balapak dibuat dari kain songket dari benang katun berwarna hitam atau hijau lumut dengan motif kotak-kotak. 

    Benang emas menghiasi bagian ujung dan pinggir selendang. Makna filosofis selendang ini adalah perempuan yang mengenakannya telah siap dan bersedia untuk melanjutkan garis keturunannya dengan cara menikah dan melahirkan.

  • Deta

    Deta adalah penutup kepala laki-laki yang biasanya dibuat dari kain warna hitam yang dililitkan di kepala. Deta umumnya dikenakan saat upacara pernikahan adat Minang. Bagian depannya harus berbentuk lancip. 

    Deta juga memiliki tingkatan yang berbeda-beda, sesuai marga atau status sosial yang dimiliki pemakainya. Deta untuk pemangku adat atau raja memiliki deta dengan ciri khas khusus. Demikian pula dengan deta yang dikenakan rakyat biasa.

  • Sasampiang

    Sasampiang adalah aksesoris yang melengkapi pakaian adat Sumatera Barat laki-laki. Kain sasampiang dikenakan pada bagian bahu dengan cara menyilang. Aksesoris ini didominasi warna merah yang bermakna keberanian. Ada beragam corak untuk sasampiang yang dijahit benang warna-warni, maknanya kaya ilmu pengetahuan. 

  • Sandang

    Sandang adalah aksesoris seperti ikat pinggang, biasanya dipakai lelaki Minang. Aksesori ini melengkapi Pakaian Penghulu berwarna merah. Makna aksesoris ini adalah ikatan persaudaraan masyarakat Minang di mana pun mereka berada. Warna merah bermakna nilai ketaatan lelaki Minang terhadap adat Minangkabau.

Pakaian adat Sumatera Barat memiliki keunikan dari masing-masing jenis pakaiannya. Aksesoris yang melengkapi pakaian adat itu juga memberikan kesan mewah tersendiri. Kamu bisa melihat langsung pakaian adat Sumatera Barat ini dan menjelajahi ragam budaya Minang lainnya yang tak kalah menarik bersama WonderVerse Indonesia.

WonderVerse adalah platform yang menyediakan pengalaman virtual untuk melihat kebudayaan dan keindahan Indonesia. Bersama WonderVerse, kamu bisa menjelajah alam Indonesia dan melihat ragam hewan khas Indonesia, mengenal beragam budaya dan pakaian adat Indonesia, hingga membeli makanan dan souvenir khas Indonesia.

Yuk, rencanakan liburan impian kamu di Indonesia dengan menjelajahi keajaiban alam Indonesia dari universe lain dengan WondeReal Land. Untuk pengalaman yang lebih terasa, kamu bisa memainkannya dengan bantuan 360 VR. 

Melalui WondeReal, kamu bisa memesan semua akomodasi mulai dari tiket pesawat, wisata, hingga transportasi lokal harian. Penasaran seperti apa? Yuk, kunjungi WonderVerse Indonesia Indonesia di halaman ini!

news highlight