Kecepatan Jaringan 5G di Indonesia, Masuk 10 Besar Dunia?

Bagaimana kecepatan jaringan 5G di Indonesia? Kamu bisa temukan jawaban mengenai kecepatan jaringan 5G di Indonesia saat ini dan perbandingannya dengan deretan negara yang memiliki kecepatan jaringan 5G paling cepat di dunia.

Di balik itu, ada isu keamanan yang patut diperhatikan bersama dengan penerapan teknologi 5G di Indonesia. Yuk, mengenal apa itu jaringan 5G, isu keamanan yang harus jadi perhatian bersama, serta daftar negara dengan kecepatan jaringan 5G paling cepat di dunia.

Mengenal Jaringan 5G 

Mengenal Jaringan 5G - WonderVerse Indonesia

Kecepatan jaringan 5G lahir berkat kemunculan teknologi terbaru saat ini - WonderVerse Indonesia

Sebelum melangkah ke kecepatan jaringan 5G, penting bagi kamu untuk mengenal lebih jauh mengenai 5G. Jadi, 5G ini merupakan generasi kelima dari teknologi seluler nirkabel. Teknologi 5G sendiri menawarkan kecepatan unduh dan unggah yang lebih tinggi. Selain itu, koneksi 5G lebih stabil serta kapasitasnya lebih meningkat dari jaringan sebelumnya.

Teknologi 5G jelas jauh lebih cepat dan andal daripada jaringan 4G yang populer saat ini. 5G bahkan berpotensi mengubah cara banyak orang untuk berinternet, mengakses aplikasi, media sosial, informasi, dan banyak lagi. 

Beberapa hal saat ini membutuhkan koneksi data berkecepatan tinggi, misalnya teknologi mobil berkemudi otomatis, aplikasi game, dan live streaming akan mendapat manfaat besar dari konektivitas jaringan 5G ini. Kemunculan teknologi baru seperti AI, IoT, dan otomatisasi untuk beragam teknologi juga telah mendorong kelahiran kecepatan jaringan 5G ini. 

Namun, bagaimana dengan segi keamanan untuk kecepatan jaringan 5G ini? 

Keamanan untuk teknologi 5G ini merupakan tantangan tersendiri seiring keterhubungan banyak hal yang kian meluas dan kompleks. 3rd Generation Partnership Project (3GPP) telah membagi pendekatan keamanan dalam tiga lapis, antara lain adalah lapisan di aplikasi, jaringan, dan keamanan produk.

Langkah keamanan untuk kecepatan jaringan 5G ini dilakukan untuk mencegah ancaman serangan terhadap infrastruktur jaringan, pencurian data pribadi, serangan Distributed Denial of Service (DDoS), serta ancaman terhadap privasi pengguna. 

Di Indonesia sendiri, isu keamanan dari kecepatan jaringan 5G yang ngebut ini sempat dijelaskan oleh perwakilan dari Dirjen SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bahwa terdapat tiga hal yang menjadi acuan pemerintah menghadapi isu keamanan kecepatan jaringan 5G ini.

Ketiga hal tersebut berkaitan dengan hukum atau regulasi; pendekatan sistem dan teknologi; dan berkaitan dengan habit atau kebiasaan dan budaya masyarakat mempergunakan data-data pribadi. Namun, secara umum, dibutuhkan kolaborasi di antara semua pengguna dan penyedia layanan jaringan 5G ini untuk mengakses berbagai hal dengan aman.

Kecepatan Jaringan 5G di Indonesia

Kecepatan Jaringan 5G di Indonesia - WonderVerse Indonesia

Kecepatan jaringan 5G di Indonesia masih berada di peringkat terbawah - WonderVerse Indonesia

Indonesia telah mengadopsi teknologi dan kecepatan jaringan 5G ini. Teknologi ini mampu melampaui generasi sebelumnya yang dapat menjangkau banyak hal di sekeliling kita. Berkat kapasitas bandwidth yang lebih besar, data rate lebih tinggi, serta tingkat delay yang lebih kecil, muncullah konektivitas bernama networked society.

Berdasarkan pengumpulan data oleh OpenSignal pada periode 1 Maret - 29 Mei 2023 lalu, rata-rata kecepatan jaringan 5G di Indonesia untuk unduh atau download saat ini baru mencapai 59,7 Mbps—lebih baik dari akhir tahun lalu yang mencapai 56,4 Mbps. Kecepatan jaringan 5G ini menempatkan Indonesia di urutan ke-55 dari 56 negara.

Akan tetapi, kecepatan jaringan 5G di Indonesia hanya dapat dinikmati oleh warga yang tinggal di kota-kota besar, yakni Jakarta, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Makassar, Batam, Denpasar, Balikpapan, dan Pudu (Kalteng). 

Indonesia pun menggunakan jenis layanan kecepatan jaringan 5G terbaru yaitu fixed-wireless access (FWA) seperti yang digunakan salah satu provider terbesar di tanah air. Meski begtu, ini merupakan alternatif untuk broadband jenis lama.

10 Negara dengan Jaringan 5G Paling Cepat di Dunia

Negara dengan Jaringan 5G Paling Cepat di Dunia - WonderVerse Indonesia

Kecepatan jaringan 5G di Korea Selatan dan Malaysia sangat mengesankan - WonderVerse Indonesia

Mengikuti rilisan data OpenSignal, secara total ada tujuh negara yang kecepatan jaringan 5G untuk download lebih dari 300Mbps. Lima dari tujuh negara di antaranya justru berada di Asia. Berikut 10 negara dengan rerata kecepatan jaringan 5G untuk download tercepat periode Juni 2023 lalu:

  1. Korea Selatan: 432,5 Mbps
  2. Singapura: 376,8 Mbps
  3. Brasil: 346,4 Mbps
  4. Malaysia: 322,7 Mbps
  5. Qatar: 312 Mbps
  6. India: 301,6 Mbps
  7. Bulgaria: 300,4 Mbps
  8. UAE: 298,4 Mbps
  9. Kuwait: 284,9 Mbps
  10. Swedia: 274,6 Mbps

Berbeda dengan data yang dirilis oleh Ookla, kecepatan jaringan 5G saat ini justru berada di negara tetangga kita, Malaysia, dengan kecepatan unduh mencapai 512,10 Mbps! Indonesia bahkan jauh tertinggal dibandingkan Thailand yang menempati posisi ke-9 dalam daftar versi Ookla ini. 

Kecepatan jaringan 5G di Asia ini begitu mengesankan dan berhasil melampaui kecepatan jaringan 5G di Eropa. Prancis menjadi satu-satunya negara di Eropa yang mencapai kecepatan rata-rata di atas 200 Mbps. Sementara kecepatan jaringan 5G di Inggris, Jerman, Italia, dan Spanyol rata-rata hanya di bawah 150 Mbps.

Berikut daftar 10 negara dengan jaringan 5G tercepat dunia versi Ookla:

  1. Malaysia: 512,10 Mbps
  2. Korea Selatan: 503,99 Mbps
  3. Singapura: 387,15 Mbps
  4. India: 335,17 Mbps
  5. Selandia Baru: 271,90 Mbps
  6. China: 264,86 Mbps
  7. Perancis: 214,26 Mbps
  8. Australia: 213,36 Mbps
  9. Thailand: 161,15 Mbps
  10. Hong Kong: 142,04 Mbps

Kebayang enggak bagaimana cepatnya internet di negara-negara dengan kecepatan jaringan 5G yang fantastis itu? Kamu bisa mengakses data atau informasi apa saja yang bahkan lebih cepat dari kedipan mata. Tak ada hambatan yang berarti lagi meskipun tetap harus memperhatikan keamanan dari kecepatan jaringan 5G ini.

Meskipun bisa dibilang “tertinggal,” kecepatan jaringan 5G di Indonesia saat ini sudah cukup membantu kamu untuk mengakses berbagai informasi unik dan menarik dari WonderVerse Indonesia, kok.

WonderVerse Indonesia adalah platform yang menyediakan pengalaman virtual untuk melihat kebudayaan dan keindahan Indonesia. Bersama WonderVerse Indonesia, kamu bisa menjelajah alam Indonesia dan melihat ragam hewan khas Indonesia, mengenal beragam budaya dan pakaian adat Indonesia, hingga membeli makanan dan souvenir khas Indonesia.

Enggak cukup sampai di situ, di WonderVerse Indonesia kamu juga bisa merasakan pengalaman melihat alam Bali, Wakatobi, hingga Raja Ampat secara 360 dengan menggunakan VR! Kamu juga bisa menonton konser band atau penyanyi kesukaan kamu tanpa harus keluar rumah. Menarik ya? Yuk, coba sensasi jelajah Indonesia dan keseruan lainnya secara virtual di WonderVerse Indonesia sekarang!

news highlight