10 Rekomendasi Pantai Jogja yang Unik, Cocok Buat Liburan!

Ada banyak sekalli pantai Jogja yang bisa kamu kunjungi. Beberapa di antaranya sudah begitu terkenal di kalangan wisatawan karena pesona keindahannya. Namun, sebagain pantai Jogja yang bagus juga masih tersembunyi atau bahkan belum diketahui banyak orang. 

Yuk, jalan-jalan ke wisata pantai di Jogja yang seolah-olah berjajar di pesisir selatan Pulau Jawa ini. Kamu bisa simak bagaimana uniknya beragam pantai Jogja serta rekomendasi pantai Jogja yang wajib kamu kunjungi.

Keunikan Pantai Jogja

Keunikan Pantai Jogja - WonderVerse Indonesia

Pantai Jogja memiliki keunikan tersendiri - WonderVerse Indonesia

Yogyakarta adalah salah satu provinsi yang memiliki banyak pantai di pesisir selatan Pulau Jawa. Keunikan pantai Jogja dapat kamu lihat dari hamparan wisata pantai Jogja pasir putih, pasir hitam, maupun batu karang yang menjulang di sekitar area pantai Jogja. 

Keunikan lainnya adalah area pelelangan ikan atau pasar ikan yang berada di sekitaran pantai Jogja tersebut. Deretan pantai selatan Jawa yang indah ini bahkan tersebar di tiga kabupaten sekaligus, antara lain Gunungkidul, Bantul, dan Kulon Progo.

Kalau kamu ingin menikmati pasir hitam dengan jarak yang tak begitu jauh dari pusat kota, kamu bisa mengunjungi deretan pantai di Kabupaten Bantul. Nah, pantai-pantai yang berlokasi di Kabupaten Kulon Progo adalah pilihan yang tepat jika kamu ingin menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah.

Sementara jika kamu ingin menikmati hamparan pasir putih, kamu bisa berkunjung ke salah satu pantai di Kabupaten Gunungkidul. Meskipun agak jauh dari pusat kota, pantai-pantai Jogja di Gunungkidul masih belum banyak diketahui orang. Tapi kamu bakal puas setibanya di sana karena suasananya masih tergolong sepi.

Hal yang perlu kamu perhatikan ketika berkunjung ke pantai-pantai Jogja yang berada di pesisir selatan Jawa ini adalah ombaknya yang cukup besar pada jam-jam tertentu. Sementara ketika air sedang surut, kamu bisa menikmati berjalan-jalan keluar dari garis pantai menuju batu-batu karang yang tinggi menjulang.

Selain itu, pantai-pantai Jogja di wilayah Gunungkidul umumnya memiliki area yang landai setelah kamu menempuh perjalanan melewati bukit demi bukit. Area perbukitan di sekitar pantai itu pun bisa kamu jadikan tempat camping yang cocok banget untuk menikmati sunrise keesokan harinya.

10 Rekomendasi Pantai Jogja untuk Liburan

Rekomendasi Pantai Jogja untuk Liburan - WonderVerse Indonesia

Salah satu rekomendasi pantai Jogja, Pantai Timang - WonderVerse Indonesia

Terletak di pantai selatan Pulau Jawa membuat provinsi ini memiliki begitu banyak pantai indah yang tidak kalah dengan destinasi wisata pantai lainnya di Indonesia. Simak deretan pantai yang tersebar di tiga kabupaten di Yogyakarta berikut:

1. Pantai Glagah

Wisata pantai Jogja yang bisa kamu kunjungi adalah Pantai Glagah di Kabupaten Kulon Progo. Pantai ini cukup unik karena ada laguna yang indah serta deretan tetrapod yang berfungsi untuk memecah gelombang atau ombak besar yang dipasang di sekitar dermaga panjang menjorok ke laut.

Area di Pantai Glagah inilah yang menjadi tempat favorit pengunjung setiap kali ke Pantai Glagah. Pantai ini juga memiliki daya tarik sendiri dan kian menarik setelah kebun bunga matahari dibuka untuk umum tak jauh dari area pantai.

2. Pantai Goa Cemara

Wisata pantai Jogja selanjutnya adalah Pantai Goa Cemara yang berlokasi di Kabupaten Bantul. Memiliki sebutan goa cemara karena ada banyak pohon cemara yang mengiringi perjalanan kamu menuju pantai. Pohon cemara itu juga tampak seperti goa karena berdiri melengkung.

Perjalanan kamu melewati pohon cemara tadi akan berakhir setelah menemukan garis laut di kejauhan dan disambut oleh hamparan pasir pantai. Pantai ini juga unik karena hutan cemara tadi membuat sejuk kawasan pantai.

3. Pantai Timang

Wisata pantai Jogja selanjutnya adalah Pantai Timang di Kabupaten Gunungkidul. Secara sekilas, pantai ini tak jauh berbeda dari pantai lain di Gunungkidul. Tetapi, pantai ini jadi menarik karena kamu bisa menjajal serunya memacu adrenalin untuk melintasi pantai dengan terjangan ombak yang ganas.

Yap, di Pantai Timang, kamu bisa menyeberangi ombak ganas menuju sebuah pulau karang yang berada tak jauh dari area pantai. Untuk menuju ke sana, kamu harus menaiki gondola sederhana, tapi aman, kok. Gondola itu dikaikan dengan tali yang dipasang pada tiang kayu di celah-celah batu karang.

Setelah menyeberangi ganasnya ombak, kamu bisa melihat aktivitas nelayan yang sibuk dengan jalanya untuk memanen lobster. Kamu enggak perlu khawatir karena gondolanya rutin diperiksa berkala demi keamanan dan kenyaman pengunjung.

4. Pantai Wohkudu

Selanjutnya adalah Pantai Wohkudu yang juga berlokasi di Kabupaten Gunungkidul. Wisata pantai Jogja ini juga menawarkan panorama alam yang mempesona. Pantai ini diapit oleh dua bukit sehingga air laut di sekitarnya pun cukup tenang, meskipun tentu saja kamu tetap harus berhati-hati.

5. Pantai Indrayanti

Satu lagi dari Kabupaten Gunung Kidul adalah Pantai Indrayanti. Pantai ini begitu terkenal di kalangan wisatawan lokal dan mancanegara. Di pantai ini, kamu bisa melakukan banyak aktivitas di area pantai, mulai dari menyewa jetski, bermain di pinggir pantai, atau bersantai di hamparan pasir putihnya.

Pantai ini juga memiliki penginapan eksklusif dan jajaran tempat makan seafood yang lezat. Berlokasi agak jauh dari pusat kota, Pantai Indrayanti adalah tempat yang cocok jika kamu ingin healing.

6. Pantai Nguluran

Wisata pantai Jogja selanjutnya adalah Pantai Nguluran. Belakangan, pantai ini jadi hits karena daya tarik keindahannya. Di pantai ini, kamu bisa menikmati pantai sambil berfoto-foto, karena pemandangannya yang indah. Termasuk berfoto di sebuah jembatan kaca yang menjadi magnet bagi wisatawan.

Spot jembatan kaca ini adalah tempat favorit banyak pengunjung. Belum lagi pesona tebing-tebing tinggi yang membuat Pantai Nguluran semakin indah. Pada akhir pekan atau musim liburan, pantai ini akan ramai pengunjung dan mengantre untuk berfoto di wahana tersebut.

7. Pantai Pandansari

Kalau kamu ingin merasakan suasana dan pemandangan pantai yang agak berbeda saat wisata pantai Jogja, kamu bisa kunjungi Pantai Pandansari. Keunikan pantai ini adalah terdapat merrcusuar yang menjulang tinggi bernama Kalajivamasti. Kamu pun bisa menjelajah ke dalamnya dengan menaiki tangga melingkar hingga ke atas.

Mercusuar Kalajivamasti awalnya dibangun untuk navigasi kapal. Kemudian, mercusuar ini menjadi atraksi wisata yang menarik perhatian pengunjung. Dari atas mercusuar, kamu bisa melihat luasnya Laut Selatan serta keindahan momen matahari tenggelam dengan sempurna.

8. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan merupakan salah satu wisata pantai Jogja yang wajib kamu kunjungi juga di Kabupaten Gunungkidul. Ombak di pantai ini tak seganas ombak di jajaran pantai lain di Gunungkidul. Ada batu karang tinggi besar di tengah pantai yang berfungsi sebagai pemecah ombak alami.

Kamu bisa bersantai menikmati pantai yang tenang, menikmati pemandangan, atau menjelajah area pantai dan batu karang besar tadi. Kamu juga bisa menjajal serunya naik kano yang disewakan untuk pengunjung.

9. Pantai Siung

Wisata pantai Jogja bisa kamu lanjutkan ke Pantai Siung. Lokasinya berada di Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Jarak pantai ini cukup jauh, sekitar 77 kilometer dari pusat kota. Kamu pun mesti menempuh perjalanan selama 2-3 jam dari Yogyakarta.

Perjalanan panjang tadi akan dibayar tuntas dengan suguhan pemandangan yang indah. Pantai ini juga tak begitu ramai, bahkan sepi di hari-hari tertentu. Di pantai ini, kamu juga akan melihat banyaknya batuan karang dengan berbagai ukuran serta air laut dengan ombak yang sedang.

10. Pantai Nglambor

Nah, wisata pantai Jogja berikutnya adalah Pantai Nglambor yang menjadi snorkeling spot favorit di Yogyakarta. Kamu bisa menjumpai pesona bawah laut yang memukau. Pantai ini juga diapit oleh dua bukit karang yang besar, sehingga pemandangan yang disuguhkan pun berbeda namun tetap indah.

Batuan karang tersebut berfungsi pula untuk meredam ombak pantai secar alami. Kadang-kadang, ombak di pantai ini memang tidak stabil, jadi kamu perlu mewaspadai ini sebelum mandi di pinggir pantai. Pilihan lainnya adalah bersantai menikmati pantai sambil mennjauh dari kesibukan di tengah kota.

Wisata pantai Jogja direkomendasikan untuk mengimbangi liburan seru kamu ke provinsi yang dijuluki Kota Pelajar ini. Kamu pun bisa mempelajari berbagai keanekaragaman budaya, adat, serta ragam keunikan lainnya bersama WonderVerse Indonesia.

WonderVerse adalah platform yang menyediakan pengalaman virtual untuk melihat kebudayaan dan keindahan Indonesia. Bersama WonderVerse, kamu bisa menjelajah alam Indonesia dan melihat ragam hewan khas Indonesia, mengenal beragam budaya dan pakaian adat Indonesia, hingga membeli makanan dan souvenir khas Indonesia.

Yuk, rencanakan liburan impian kamu di Indonesia dengan menjelajahi keajaiban alam Indonesia dari universe lain dengan WondeReal Land. Untuk pengalaman yang lebih terasa, kamu bisa memainkannya dengan bantuan 360 VR. 

Melalui WondeReal, kamu bisa memesan semua akomodasi mulai dari tiket pesawat, wisata, hingga transportasi lokal harian. Penasaran seperti apa? Yuk, kunjungi WonderVerse Indonesia Indonesia di halaman ini!

news highlight