10 Tempat Wisata Padang Hits dengan Panorama Menakjubkan

Destinasi wisata Padang dan sejumlah wilayah lainnya di Sumatera Barat memiliki sejuta pesona yang luar biasa. Di sana kamu enggak cuma disuguhkan dengan panorama menakjubkan, tetapi juga kesederhanaan bersama dengan unsur budaya yang kental dan kuat khas Minangkabau.

Jika kamu sudah punya rencana liburan ke Sumatera Barat tapi belum tahu mau ke mana, kamu bisa simak daftar tempat wisata Padang berikut ini. Simak juga referensi oleh-oleh khas Padang selain makanan-makanan lezatnya dalam artikel berikut.

10 Tempat Wisata Padang yang Lagi Hits

Tempat Wisata Padang yang Lagi Hits - WonderVerse Indonesia

Tempat wisata Padang memiliki panorama menakjubkan dan luar biasa - WonderVerse Indonesia

Jika kamu berencana berkunjung ke Sumatera Barat, kamu bisa melihat daftar tempat wisata di Padang yang paling hits berikut ini untuk kamu jadikan referensi selama berlibur di sana.

1. Lubuak Rantiang

Lubuak Rantiang menjadi salah satu tempat wisata di Padang yang paling hits saat ini. Lokasinya berada Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Sumatra Barat. Lubuak Rantiang menjadi bagian dari aliran Sungai Bangek yang memang sudah banyak diketahui warga Kota Padang.

Kamu perlu mmenempuh perjalanan sekitar satu jam menuju lokasi. Medan yang ditempuh juga masih agak sulit karena belum ada akses yang bagus. Tapi perjalanan kamu akan terbayar begitu tiba di Lubuak Rantiang yang syahdu ini.

2. Jembatan Siti Nurbaya

Kamu tahu siapa Siti Nurbaya? Kamu bisa mengunjungi Jembatan Siti Nurbaya, salah satu ikon wisata di Kota Padang saat ini yang populer di Kota Padang. Jembatan ini menghubungkan Kota Tua Padang dengan Taman Siti Nurbaya, tempat Siti Nurbaya dimakamkan, untuk mengetahui kisahnya.

Jembatan ini berdiri di atas Sungai Batang Arau dengan bentangan sekitar 600 meter. Kamu bisa menikmati malam dengan lampu-lampu yang indah di sekitar area Jembatan Siti Nurbaya ini.

3. Pantai Nirwana

Tempat wisata Padang berikutnya adalah Pantai Nirwana yang terletak di Pantai Barat Sumatra. Jaraknya hanya sekitar 14 kilometer dari pusat Kota Padang. Pantai Nirwana yang cantik ini juga berlokasi tak jauh dari Pelabuhan Teluk Bayur yang terkenal sejak zaman kolonial Belanda.

Dari pantai yang indah ini, kamu bisa menyaksikan kesibukan Pelabuhan Teluk Bayur saat kapal-kapal berlabuh atau akan berlayar. Kamu juga bisa menikmati pesona sunset dari pantai ini yang bertambah indah ketika lampu-lampu dinyalakan dari arah pelabuhan tadi.

4. Pantai Air Manis

Kamu juga bisa mengunjungi Pantai Air Manis jika berkunjung ke Kota Padang. Wisata Padang yang satu ini juga begitu populer, terutama oleh para wisatawan yang ingin melihat langsung keunikan Batu Malin Kundang di area Pantai Air Manis.

Batu Malin Kundang adalah sebongkah batu yang menggambarkan akhir hidup dari Malin Kundang, legenda saudagar kaya yang mendapatkan kutukan menjadi batu oleh ibunya. Legenda Malin Kundang pun menjadi daya tarik bagi Pantai Air Manis.

5. Sitinjau Lauik

Berikutnya adalah Sitinjau Lauik yang bisa disebut juga sebagai Padang Scenic Point. Sitinjau Lauik menjadi salah satu wisata Padang yang belakangan hits karena pemandangan hijaunya yang luas.

Sitinjau Lauik berada di ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut. Karena itu, tempat wisata ini biasanya berhawa sejuk. Kamu juga bisa melihat langsung pemandangan Samudra Hindia yang luas di kejauhan.

6. Lembah Harau

Wisata Padang selanjutnya adalah Lembah Harau, sebuah ngarai yang berada di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota. Kamu akan disuguhkan pemandangan luar biasa antara sawah, pepohonan hijau, dan tebing-tebing tinggi di sekitarnya.

Kamu bisa mencapai kawasan Lembah Harau ini dengan menempuh perjalanan sekitar 4 jam dari Kota Padang dan menempuh rute sekitar 137 kilometer. Lembah Harau sendiri termasuk salah satu lembah terindah di dunia yang dikelilingi tebing setinggi 200 meter, batuan berusia 40 juta tahun, serta tujuh air terjun di sekitarnya.

7. Jam Gadang

Wisata Padang berikutnya adalah Jam Gadang yang menjadi landmark Bukittinggi. Jam Gadang sendiri merupakan menara jam peninggalan kolonial Belanda di masa silam. Jam Gadang berkali-kali menjadi saksi bisu sejarah kelam perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Satu yang unik dari Jam Gadang adalah angka 4 di jamnya ditulis dengan angka romawi “IIII” dan bukan “IV”. Jam Gadang sendiri begitu terkenal di kalangan wisatawan lokal dan internasional, lho.

8. Danau Singkarak

Destinasi wisata Padang selanjutnya adalah Danau Singkarak yang membentang di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Padang Panjang dan Kabupaten Solok. Danau Singkarak begitu terkenal karena keindahan panorama alamnya. Danau Singkarak juga menjadi venue untuk balap sepeda internasional, Tour de Singkarak.

9. Pulau Pamutusan

Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi Pulau Pamutusan yang berlokasi di Kabupaten Pesisir Selatan. Ini adalah destinasi wisata Padang yang wajib kamu kunjungi karena memiliki segudang spot cantik dan lanskap indah yang mengesankan.

Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seru di Pulau Pamutusan ini. Mulai dari snorkeling di laut dangkalnya yang biru dan jernih, melihat langsung ikan-ikan dan terumbu karang indah, atau bersantai di pantai pasir putihnya.

10. Air Terjun Lubuk Hitam

Wisata Padang berikutnya adalah Air Terjun Lubuk Hitam dengan pemandangan eksotis. Warga lokal menjuluki air terjun dengan sebutan “Aia Tajun Tigo Tingkek Lubuak Itam” karena memang memiliki tiga tingkat. Pemandangan air terjun ini masih alami. Kamu bisa merasakan kesejukan dan kesegaran airnya.

Kamu juga bisa mengunjungi air terjun ini bila kamu ingin mencari ketenangan. Ya, karena lokasinya berada jauh dari hiruk-pikuk kota meskipun berada di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang.

5 Oleh-oleh Wisata Padang

Oleh-oleh Wisata Padang - WonderVerse Indonesia

Usai wisata Padang, bawa buah tangan suvenir unik khas Minang - WonderVerse Indonesia

Jika kamu sudah membawa beberapa makanan untuk kamu jadikan oleh-oleh, kamu bisa membawa beberapa souvenir unik lainnya selain makanan untuk dijadikan oleh-oleh. Berikut ini adalah sejumlah oleh-oleh khas Padang selain makanan yang cocok banget untuk kamu bawa pulang setelah berlibur di Sumatera Barat.

1. Suvenir khas Minang

Setelah wisata Padang, kamu bisa membawa pulang suvenir khas Minang sebagai oleh-oleh dari Sumatra Barat. Suvenir unik ini biasanya adalah pernak-pernik seperti gantungan kunci, replika Jam Gadang atau Rumah Gadang, dan lain-lain. Kamu bisa mencari suvenir ini di pasar atau toko oleh-oleh di Kota Padang.

2. Kain sulam karancang

Kamu juga bisa membawa pulang kain sulam rancang sebagai oleh-oleh setelah melakukan wisata Padang yang menyenangkan. Kain sulam karancang memiliki motif cantik yang ujungnya dibuat berlubang. Kain sulam ini dibuat dengan benang berkualitas terbaik untuk menghasilkan kain dengan kualitas terbaik pula.

3. Kain songket

Selain kain sulam karancang, kamu juga bisa memberi oleh-oleh kain songket setelah berwisata Padang. Kain songket memiliki jenis yang cukup beragam dan sangat cocok dikenakan bersama kebaya. Songket Minangkabau adalah jenis yang paling terkenal dan populer.

4. Serunai

Akhiri wisata Padang dengan membawa oleh-oleh, salah satunya adalah serunai. Serunai adalah alat musik tradisional Sumatera Barat yang sering disebut sebagai klarinet khas Minangkabau. 

Serunai memiliki motif khas berupa nuansa Minangkabau yang terbuat dari dua potong kayu atau bambu berongga dengan ukuran berbeda. Serunai biasanya dimainkan dalam acara-acara adat Minang. Alat musik pentatonik ini sering dimainkan di waktu senggang saat petani pergi meladang.

5. Saluang

Salah satu oleh-oleh yang bisa dibawa pulang ke kota asal kamu adalah saluang, yaitu suling khas Minangkabau yang juga sering menjadi oleh-oleh dari Padang selain makanan. 

Saluang biasanya terbuat dari talang bekas jemuran dengan empat lubang. Saluang juga digambar corak menarik. Alat musik tradisional Sumatera Barat yang sederhana ini tetap menghasilkan suara yang harmonis.

Deretan destinasi wisata Padang dan sejumlah daerah lainnya di Sumatera Barat sudah menunggu kamu untuk mendapatkan pengalaman baru yang seru. Tinggal kamu tentukan kapan akan berangkat berlibur ke sana. Selain itu, temukan berbagai keunikan lainnya dari Sumatera Barat bersama WonderVerse Indonesia.

WonderVerse adalah platform yang menyediakan pengalaman virtual untuk melihat kebudayaan dan keindahan Indonesia. Bersama WonderVerse, kamu bisa menjelajah alam Indonesia dan melihat ragam hewan khas Indonesia, mengenal beragam budaya dan pakaian adat Indonesia, hingga membeli makanan dan souvenir khas Indonesia.

Yuk, rencanakan liburan impian kamu di Indonesia dengan menjelajahi keajaiban alam Indonesia dari universe lain dengan WondeReal Land. Untuk pengalaman yang lebih terasa, kamu bisa memainkannya dengan bantuan 360 VR. 

Melalui WondeReal, kamu bisa memesan semua akomodasi mulai dari tiket pesawat, wisata, hingga transportasi lokal harian. Penasaran seperti apa? Yuk, kunjungi WonderVerse Indonesia Indonesia di halaman ini!

news highlight