Air Terjun Lembah Anai yang Damai di Sumatera Barat

Liburan ke Sumatera Barat pasti bakal seru banget, karena selain menjadi surga kuliner terkenal Indonesia dan dunia, Sumatera Barat juga memiliki bentang alam yang luar biasa indah dan mempesona. Ada banyak sekali destinasi wisata di provinsi ini yang begitu mengagumkan dan wajib kamu kunjungi.

Salah satu destinasi wisata alam yang terkenal itu adalah Air Terjun Lembah Anai. Ada apa di air terjun ini? Eits, kamu bakal langsung jatuh cinta dengan pemandangan air terjun yang unik dan indah ini setelah menyimak pembahasan selengkapnya berikut.

Keunikan Air Terjun Lembah Anai

Keunikan Air Terjun Lembah Anai - WonderVerse Indonesia

Air Terjun Lembah Anai memiliki ketinggian sekitar 35 meter - WonderVerse Indonesia

Apa saja keunikan Air Terjun Lembah Anai? Air Terjun Lembah Anai berlokasi di Nagari Singgalang, Kecamatan Sepuluh Kota, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat. Masyarakat Minangkabau menyebut air terjun yang indah ini sebagai “Aia Tajun” atau “Aia Mancua Lembah Anai”.

Air terjun ini begitu populer dan dikenal sebagai salah satu ikon pariwisata Sumatera Barat. Keunikan yang perlu kamu ketahui, air terjun setinggi 35 meter ini terletak tepat di sisi Jalan Raya Padang-Bukittinggi. Secara umum, lokasinya berada di lereng Gunung Singgalang.

Air Terjun Lembah Anai dialiri oleh air yang berasal dari anak Sungai Batang Anai. Hulunya berada di Gunung Singgalang di ketinggian sekitar 400 mdpl. Secara keseluruhan, air terjun ini juga adalah bagian dari aliran Sungai Batang Anai yang mengalir hingga Kota Padang. Aliran anak sungai itu terputus di tebing ini sehingga menjadi air terjun yang begitu indah.

Air Terjun Lembah Anai juga berlokasi di batas barat Cagar Alam Lembah Anai. Oleh karena itu, kealamian air terjun ini masih dipertahankan oleh pohon yang rimbun di hutan lebat sekitarnya. Keasrian lingkungan di sekitar air terjun ini juga menjadi habitat bagi puluhan ekor monyet yang berkeliaran.

Menariknya lagi, ternyata Air Terjun Lembah Anai ini hanya satu dari tujuh air terjun di kawasan Cagar Alam Lembah Anai, lho. Keenam air terjun lainnya juga bisa kamu jumpai di dalam kawasan cagar alam yang bisa ditempuh dengan melakukan trekking selama 2 jam. Cocok banget buat kamu yang suka trekking, nih.

Keenam air terjun lainnya hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki saja sambil menyusuri kawasan Cagar Alam Lembah Anai. Sempatkan untuk berhenti sejenak jika lelah sambil menikmati kawasan cagar alam yang asri. Setibanya di titik tujuan, kamu akan terkagum-kagumm meilihat dan menikmati keindahan enam air terjun lainnya.

Daya Tarik Air Terjun Lembah Anai

Daya Tarik Air Terjun Lembah Anai - WonderVerse Indonesia

Di sekitar Air Terjun Lembah Anai terdapat jembatan kereta api tua - WonderVerse Indonesia

Air Terjun Lembah Anai sendiri bisa langsung kamu lihat di sisi kiri jalan jika melakukan perjalanan dari Kota Padang menuju Bukittinggi. Airnya begitu jernih dan mengalir melewati perbukitan hingga mencapai lereng. Air sungai tersebut mengalir melalui hutan Gunung Singgalang hingga sampai di tepi tebing yang curam. 

Aliran air dari tebing itu jatuh ke dasar Lembah Anai dan membentuk sebuah kolam. Kamu juga bisa melihat langsung pelangi yang tercipta dari efek kabut air yang deras ketika disinari cahaya matahari. Debit airnya stabil, namun, bisa menjadi sangat deras ketika hujan deras. Inilah salah satu daya tarik dari Air Terjun Lembah Anai.

Di samping itu, kamu juga bisa melihat sebuah jembatan kereta api tua. Di masa kolonial silam, kereta api yang dikenal dengan sebutan “Mak Itam” sering melintasi Air Terjun Lembah Anai. Jembatan tua itu menghubungkan jalur kereta api Pelabuhan Teluk Bayur di Kota Padang hingga ke Sawahlunto. 

Kamu bisa bayangkan betapa indahnya pemandangan perjalanan naik kereta api dengan melewati rute Lembah Anai, Padang Panjang, dan tepian Danau Singkarak. Jembatan kereta api tua itu menggunakan rel bergigi, karena kereta yang lewat jalur itu harus menghadapi lintasan menanjak yang tinggi dan terjal.

Sayangnya, jalur kereta api itu sudah tidak diaktifkan lagi. Namun, keberadaan jembatan kereta api pelat baja tua sepanjang 50 meter itu memberikan kesan mengagumkan dari Air Terjun Lembah Anai. Kamu bakal tersihir dengan pesona kawasan hutan Lembah Anai serta Sungai Batang Anai yang mengalir di bawahnya.

Rute Perjalanan dan Harga Tiket Masuk

Rute Perjalanan dan Harga Tiket Masuk - WonderVerse Indonesia

Air Terjun Lembah Anai bisa ditempuh langsung dari Kota Padang - WonderVerse Indonesia

Lalu, bagaimana caranya mencapai ke Air Terjun Lembah Anai? Jika kamu sedang berlibur ke Kota Padang, sempatkan berkunjung ke kawasan air terjun ini dengan menempuh perjalanan selama sekitar satu jam menggunakan kendaraan pribadi, angkutan umum, atau kereta api pariwisata menuju Bukittinggi.

Akses dari dan menuju ke air terjun ini juga tergolong mudah, karena ramai dikunjungi wisatawan. Perjalanan menuju ke air terjun yang berlokasi di lereng Gunung Singgalang ini memang naik-turun bukit. Namun, perjalanan itu akan terbayar saat melihat salah satu keindahan alam yang tersimpan di Sumatera Barat ini. 

Kamu bisa bermain di area sekitar air terjun itu dengan membayar harga tiket sebesar Rp5.000 per orang. Kamu bisa merasakan sejuknya air yang terjun bebas itu. Namun, kamu perlu hati-hati jika mengunjunginya saat musim hujan, karena aliran airnya bisa lebih deras dan keruh.

Jadi, jangan lupa untuk mengunjungi Air Terjun Lembah Anai ini jika berlibur ke Sumatera Barat. Kamu juga bisa melihat keindahan pemandangan alam Sumatera Barat yang mempesona dan menambah wawasan tentang kekayaan budaya Minangkabau dan Indonesia bersama WonderVerse Indonesia.

WonderVerse adalah platform yang menyediakan pengalaman virtual untuk melihat kebudayaan dan keindahan Indonesia. Bersama WonderVerse, kamu bisa menjelajah alam Indonesia dan melihat ragam hewan khas Indonesia, mengenal beragam budaya dan pakaian adat Indonesia, hingga membeli makanan dan souvenir khas Indonesia.

Yuk, rencanakan liburan impian kamu di Indonesia dengan menjelajahi keajaiban alam Indonesia dari universe lain dengan WondeReal Land. Untuk pengalaman yang lebih terasa, kamu bisa memainkannya dengan bantuan 360 VR. 

Melalui WondeReal, kamu bisa memesan semua akomodasi mulai dari tiket pesawat, wisata, hingga transportasi lokal harian. Penasaran seperti apa? Yuk, kunjungi WonderVerse Indonesia Indonesia di halaman ini!

news highlight