Jaringan 5G di Indonesia dan Hal-hal yang Perlu Kamu Ketahui

Jaringan 5G di Indonesia menawarkan kecepatan, kestabilan, dan latensi yang lebih rendah untuk mendukung berbagai aktivitas kamu dan pengguna lainnya. Penerapan jaringan 5G di Indonesia berpotensi mengubah cara banyak orang berinternet untuk mengakses informasi, aplikasi, dan media sosial.

Yuk, ketahui pengertian jaringan 5G di Indonesia termasuk berbagai kelebihan dan perbedaannya dengan jaringan 4G. Kamu juga bisa mengetahui bagaimana kondisi penerapan jaringan 5G di Indonesia saat ini di artikel berikut.

Pengertian dan Kelebihan 5G

Pengertian dan Kelebihan 5G - WonderVerse Indonesia

Jaringan 5G di Indonesia adalah generasi kelima teknologi seluler nirkabel - WonderVerse Indonesia

Terkait jaringan 5G di Indonesia yang sudah mulai menyebar, 5G dapat dimengerti sebagai Fifth Generation, yaitu generasi kelima dari teknologi seluler nirkabel. Jaringan 5G menawarkan kecepatan unggah dan unduh yang lebih tinggi, koneksi lebih stabil, dan kapasitas yang lebih besar dari jaringan sebelumnya. 

Keberadaan jaringan 5G di Indonesia tentu akan lebih cepat dan andal daripada jaringan 4G yang populer digunakan saat ini. Jaringan 5G di Indonesia juga berpotensi mengubah cara orang-orang menggunakan internet untuk mengakses aplikasi, media sosial, dan informasi.

Kecepatan respons jaringan 5G di Indonesia dan seluruh dunia 10 kali lebih cepat di arena yang memiliki tingkat kepadatan penduduk tinggi. Secara rata-rata, kecepatan 4G hanya 30 Mbps, sementara 5G bisa menyentuh 500 Mbps, lho! 

Kecepatan 5G yang ngebut banget ini akan memudahkan kamu untuk streaming, video conference, atau gaming dengan lancar tanpa repot menunggu karena buffering atau delay. Nah, berikut ini adalah kelebihan jaringan 5G di Indonesia:

  • Koneksi lebih luas

    Teknologi jaringan 5G di Indonesia menawarkan banyak kelebihan. Dibandingkan LTE subcarrier spacing hanya 15 kHz, teknologi jaringan 5G yang berkapasitas besar ini mampu beradaptasi dengan berbagai perangkat pintar. Dengan begitu, akan semakin banyak perangkat pintar yang terhubung dan jangkauan koneksi lebih luas.

  • Hemat energi

    Jaringan 5G di Indonesia juga akan membantu mengurangi konsumsi energi sebesar 10 persen. Ini dapat dicapai dengan mengurangi lalu lintas data karena kecepatan transmisi data yang sangat cepat. Simpelnya, jaringan 5G di Indonesia lebih ramh energi karena ada lebih banyak bit data per kilowatt energi.

  • Minim kemungkinan delay

    Jaringan 5G di Indonesia dan seluruh dunia juga hampir enggak ada delay-nya. Jaringan 5G memiliki latensi antara 4-5 milidetik. Latensi yang rendah membuat para pengguna menonton video beresolusi tinggi tanpa ribet buffering sama sekali.

Perbedaan 4G dan 5G

Perbedaan 4G dan 5G - WonderVerse Indonesia

Jaringan 5G di Indonesia memiliki kekuatan sinyal lebih kuat dari 4G - WonderVerse Indonesia

Di balik semua kelebihan jaringan 5G di Indonesia dan dunia, apa perbedaannya jaringan 5G dan 4G? Kamu bisa simak beberapa perbedaannya berikut:

  • Kekuatan sinyal

    Perbedaan antara jaringan 5G dan 4G terletak pada kekuatan sinyalnya. Jaringan 5G di Indonesia dan dunia menggunakan distribusi sinyal yang lebih baik, terarah, dan tidak menimbulkan gangguan. Sedangkan jaringan 4G tidak teratur dan membuang energi serta daya pemancarannya.

  • Latensi lebih rendah

    Soal latensi, atau durasi yang dibutuhkan data untuk sampai ke tujuan—dikur dalam satuan milidetik. Semakin kecil latensi ini, jaringan tentu akan semakin baik. Jaringan 5G menawarkan latensi yang lebih singkat dari latensi 4G.

    Standar latensi rendah dari jaringan 5G di Indonesia dan dunia disebut sebagai URLLC atau Ultra-Reliable Low-Latency Connections.

  • Kecepatan jaringan 5G

    Perbedaan jaringan 5G dan 4G berikutnya adalah jaringan yang mencapai kecepata 10GB per detik untuk jaringan 5G di Indonesia dan dunia. Inilah yang membuatnya 10 kali lebih cepat dari jaringan 4G.

    Kecepatan ini membuat berbagai tugas yang intensif seperti mengunduh film atau mencadangkan basis data bisa dikerjakan dalam waktu yang jauh lebih cepat daripada menggunakan 4G.

  • Kecerdasan perangkat

    Perbedaan antara jaringan 4G dan 5G juga terletak pada kecerdasan perangkatnya. Menggunakan teknik radio kognitif, jaringan 5G dapat mengidentifikasi setiap perangkat. Jaringan generasi kelima ini juga mampu membedakan perangkat tetap atau fixed dan mobile, yang tentu saja tidak bisa dilakukan oleh 4G.

Kondisi Jaringan 5G di Indonesia

Kondisi Jaringan 5G di Indonesia - WonderVerse Indonesia

Jaringan 5G di Indonesia saat ini baru menjangkau beberapa kota saja - WonderVerse Indonesia

Jaringan 5G di Indonesia dan dunia memiliki jauh lebih banyak keunggulan dibandingkan generasi sebelumnya. Lantas, bagaimana kondisi jaringan 5G di Indonesia?

Jaringan 5G di Indonesia sendiri resmi tersedia di Indonesia sejak akhir Mei 2021 lalu. Meski begitu, penerapan jaringan 5G di Indonesi ini belum merata dan maksimal. Hingga kini, baru ada beberapa operator 5G di Indonesia yang menawarkan internet 5G, di antaranya adalah Telkomsel, Indosat Ooredoo, dan XL Axiata.

Sebaliknya, belum banyak wilayah yang sudah bisa merasakan jaringan 5G di Indonesia. Baru sekitar sembilan daerah saja yang bisa merasakan kecepatan yang ditawarkan 5G ini, yaitu Jabodetabek, Bandung, Batam, Medan, Surabaya, Balikpapan, Makassar, Surakarta, dan Denpasar. 

Cakupan jaringan 5G di Indonesia ini tergolong sedikit dibandingkan dengan jumlah provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia yang sekarang memiliki 38 provinsi.

Di balik itu, yang perlu kamu ketahui bahwa komersialisasi internet 5G besar-besaran memang belum memungkinkan di Indonesia. Pasalnya, infrastruktur yang dimiliki para penyedia jaringan seluler masih minim. Hal ini terkait dengan lebar pita yang dimiliki ketiga operator 5G di Indonesia tadi.

Telkomsel memiliki lebar pita 50 MHz di 2300 MHz untuk menyediakan 5G. Sedangkan Indosat Ooredoo mempunya lebar pita keseluruhan 2x22.5 MHz pada frekuensi 1800 MHz, 20 MHz dari jumlah tersebut digunakan untuk internet 5G. Ternyata, lebar itu masih jauh dari standar ideal.

Agar mencapai kata ideal demi optimalisasi jaringan 5G di Indonesia, setiap provider setidaknya mesti memiliki spektrum frekuensi selebar 100 MHz yang berada pada satu frekuensi. 

Akan tetapi, kamu enggak perlu khawatir, karena pihak provider akan terus membangun jaringan 5G di Indonesia secara bertahap dan lebih terukur. Ini adalah jawaban yang bisa kamu dapatkan jika ada pertanyaan kapan jaringan 5G di Indonesia merata?

Prioritas pembangunan infrastruktur yang mendukung jaringan 5G di Indonesia ini akan berfokus pada area padat yang sudah overload atau tidak bisa dipenuhi kebutuhannya oleh 4G. 

Buat kamu yang berada di dalam kota-kota dengan jaringan 5G di Indonesia yang disebutkan tadi, kamu bisa cari tahu dulu bagaimana cara mengubah jaringan 4G ke 5G untuk merasakan kecepatan jaringan 5G di Indonesia saat ini. Nikmati juga kecepatannya untuk mendapatkan informasi lain bersama WonderVerse Indonesia.

WonderVerse Indonesia adalah platform yang menyediakan pengalaman virtual untuk melihat kebudayaan dan keindahan Indonesia. Bersama WonderVerse Indonesia, kamu bisa menjelajah alam Indonesia dan melihat ragam hewan khas Indonesia, mengenal beragam budaya dan pakaian adat Indonesia, hingga membeli makanan dan souvenir khas Indonesia.

Enggak cukup sampai di situ, di WonderVerse Indonesia kamu juga bisa merasakan pengalaman melihat alam Bali, Wakatobi, hingga Raja Ampat secara 360 dengan menggunakan VR! Kamu juga bisa menonton konser band atau penyanyi kesukaan kamu tanpa harus keluar rumah. Menarik ya? Yuk, coba sensasi jelajah Indonesia dan keseruan lainnya secara virtual di WonderVerse Indonesia sekarang!

news highlight