17 Makanan Khas Maluku, Kaya Rempah dan Menggugah Selera

Maluku adalah sebuah wilayah di Indonesia yang sejak lama terkenal akan kekayaan rempah-rempahnya. Maka tak heran jika makanan khas Maluku memiliki cita rasa yang khas dan kaya akan rempah-rempah. 

Kamu bisa menikmati setiap masakan khas dengan bumbu rempah-rempah yang berani dan menggugah selera. Yuk, cari tahu apa saja makanan khas Maluku yang direkomendasikan untuk kamu coba dalam daftarnya di bawah ini.

17 Makanan Khas Maluku yang Direkomendasikan

Makanan Khas Maluku yang Direkomendasikan - WonderVerse Indonesia

Makanan khas Maluku yang kaya rempah-rempah dan sangat lezat - WonderVerse Indonesia

Berikut ini adalah daftar makanan khas Maluku yang direkomendasikan untuk kamu coba, apalagi jika belum pernah mencoba ragam makanan lezat dari pulau ini. Yuk, simak daftarnya:

  1. Ikan kuah pala banda

    Makanan khas Maluku ini memiliki cita rasa yang khas karena dominan dengan rempah-rempah. Makanan ini sempat menjadi sajian khusus yang dihidangkan untuk para pejabat kolonial Belanda di masa silam.

    Ikan kuah pala banda ini menggunakan bumbu masakan yang kompleks seperti lada, cabai, pala, dan rempah-rempah lainnya yang kuat, sehingga ikan tidak amis dan lebih kaya rasa. Makanan ini begitu sedap untuk dijadikan lauk nasi putih hangat.

  2. Ikan asar

    Makanan khas Maluku berikutnya disebut ikan asar. Jenis ikan yang digunakan adalah ikan cakalang atau tuna yang dagingnya lebih tahan dan padat, sehingga daging ikan tersebut tidak hancur selama proses. 

    Setelah pengasapan sehingga bisa bertahan hingga tujuh hari. Ikan asar bisa disajikan langsung, atau bisa juga disantap bersama nasi hangat dan sambal colo-colo khas Maluku yang segar.

  3. Gohu ikan

    Gohu ikan adalah sajian unik, yang sekilas mirip dengan sashimi dari Jepang. Bahan dasarnya adalah daging ikan segar, seperti ikan cakalang atau tuna yang selalu jadi primadona makanan khas Maluku. Dua jenis ikan tadi biasanya akan dipotong dadu, lalu dicuci, kemudian dilumuri perasan lemon dan garam.

    Setelah dilumuri, potongan ikan tadi ditambahkan daun kemangi lalu didiamkan beberapa saat. Makanan khas Pulau Ternate ini juga biasanya ditambahkan tumisan cabe rawit dan rajangan bawang merah yang tentunya lezat dan menggugah selera.

  4. Ikan woku belanga

    Ikan woku belanga menjadi salah satu makanan khas Maluku yang mendapatkan pengaruh dari kuliner Minahasa dan Manado di Sulawesi Utara. Namun, racikan ikan woku belanga khas Maluku berbeda.

    Buat para penggemar hidangan berbahan dasar ikan, nikmati kelezatan ikan woku belanga yang menggunakan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, jahe, serai, kunyit, jeruk nipis, tomat, cabai, dan beberapa jenis rempah lainnya yang menggugah selera. 

  5. Woku komo-komo

    Selanjutnya ada woku komo-komo, makanan khas Maluku ini terbuat dari tepung hasil olahan teras batang rumbia. Woku komo-komo diproses dengan cara merendam sagu di dalam air dan dimasak bersama jahe, serai, bawang merah, bawang putih, serta jeroan ikan. Semua ditumis hingga kecokelatan.

    Irisan daun bawang, santan kental, merica, dan garam juga ikut dimasak bersama. Setelah matang, sagu akan dibiarkan sebentar hingga dingin. Setelah dingin, sagu dan jeroan ikan yang sudah dipotong akan dibungkus daun woka lalu dipanggang lagi untuk cita rasa yang begitu lezat.

  6. Nasi jaha

    Nasi jaha sekilas tampak seperti lontong. Bedanya, nasi jaha menggunakan campuran beras ketan, beras, santan, serai, daun jeruk purut, serta rempah-rempah lainnya. 

    Cara membuatnya dimulai dengan mengukus beras dan beras ketan lalu dicampur santan dan rempah-rempah. Kemudian dibungkus daun pisang lalu dipanggang.

  7. Nasi lapola

    Makanan khas Maluku bernama nasi lapola telah menjadi makanan pokok sebagian masyarakat Maluku. Sebenarnya ini adalah nasi biasa, namun ditambah bahan dasar lainnya seperti parutan kelapa muda dan kacang tolo. 

    Bahan-bahan tadi dimasak menggunakan api kecil agar hasilnya matang sempurna. Beras akan dimasak setengah matang terlebih dahulu, lalu dicampurkan bahan-bahan tadi dan dikukus lagi hingga matang. Nasi lapola biasa dinikmati bersama sambal colo-colo dan aneka lauk-pauk lainnya.

  8. Lapis palaro

    Makanan khas Maluku yang satu ini bernama lapis palaro yang bahan dasarnya adalah daging sapi. Lapis palaro sendiri adalah kombinasi daging sapi dan rempah-rempah yang diolah menjadi pasta. Bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, lengkuas, ketumbar, jahe, pala, jinten, cabai, garam, dan gula.

    Daging sapig dipotong-potong lalu dimasukkan ke dalam panci bersama rempah dan air. Daging tadi kemudian dimasak hingga empuk lalu digoreng menggunakan minyak hingga kecokelatan. Hidangan ini disajikan bersama saus dari tepung jagung yang dicampur ke sisa kaldu rebusan daging.

  9. Lalampa

    Lalampa adalah makanan khas Maluku berikutnya yang sekilas mirip dengan lemper. Bedanya, lalampa dimasak dengan cara dibakar dan diolesi minyak sayur sebelum dipanggang. Lalampa biasanya berisi ikan tongkol atau cakalang yang diolah dengan rempah-rempah dan cabai. 

    Isian lalampa tadi kemudian dibalut nasi ketan yang sudah matang. Lalampa sendiri dibungkus dengan daun pisang yang dibakar di atas bara api. Proses ini membuat aroma lalampa jadi lebih wangi, kuat, dan meresap hingga ke dalam. Cita rasanya gurih dan legit.

  10. Kohu-kohu

    Makanan khas Maluku ini sekilas seperti urap. Soalnya, kamu akan menemukan beberapa sayuran seperti kacang panjang, buncis, bayam, dan kangkung. Bedanya, kohu-kohu menggunakan ikan laut seperti ikan tongkol, tuna, cakalang, atau teri sebagai tambahannya.

    Kohu-kohu juga tambah sedap dengan tambahan daun kemangi. Masyarakat Maluku biasa menyantap makanan ini menggunakan singkong rebus.

  11. Kasbi komplet

    Kasbi merupakan salah satu jenis makanan pokok masyarakat Maluku. Kasbi ini adalah sebutan lain untuk singkong yang kaya manfaat kesehatan, seperti mengendalikan gula dara. Singkong juga mengandung karbohidrat tinggi yang baik untuk menggantikan nasi. 

    Makanan khas Maluku ini adalah sajian berupa singkong yang direbus hingga matang. Nah, kasbi komplet biasanya ditambahkan aneka sayuran seperti jantung pisang, tumis bunga pepaya, tumis kangkung, serta ikan bakar rica.

  12. Acar kuning

    Makanan khas Maluku yang satu ini cukup populer di sana. Bahan utamanya adalah timun dan wortel yang dipotong-potong lalu ditambahkan rempah-rempah seperti kunyit, kemiri, garam, gula, bawang merah, bawah putih, minyak, cabai rawit, air, dan cuka. Acar kuning disajikan bersama nasi kuning khas Maluku.

  13. Sambal tappa

    Sambal tappa adalaha makanan khas Maluku yang begitu khas dari Kota Ambon. Sambal tappa ini menggunakan ikan segar sebagai bahan dasarnya dan dibuat dengan kombinasi ikan tuna, mangga mentah, bawang merah, garam, lada, dan santan.

    Untuk membuatnya, mangga mentah diiris kecil-kecil lalu ditaburi garam agar mengeluarkan air. Setelah itu, irisan mangga tadi dicampur ikan tuna yang disuwir serta bumbu rempah lainnya. Sambal tappa biasa disajikan dingin.

  14. Sambal colo-colo

    Sambal yang satu ini telah menjadi ciri khas makanan khas Maluku. Sambal colo-colo merupakan kombinasi cabai, tomat, bawang merah, gula, garam, jeruk kalamansi, kacang kenari, daun kemangi, lemon, dan ampas minyak kelapa. 

    Ampas minyak kelapa bisa diganti dengan kecap manis dan dicampur margarin. Sambal colo-colo disajikan sebagai pendamping lauk ikan bakar, ikan goreng, cumi, cakalang, baronang, maupun kakap merah yang menambah kenikmatan saat disantap.

  15. Sambal kenari

    Makanan khas Maluku selanjutnya adalah sambal kenari. Sambal dengan cita rasa gurih dan pedas ini terbuat dari cabai merah, kenari, bawang merah, lemon, terasi matang, garam, dan gula pasir. Semua bahan diulek jadi satu. Nikmati kelezatan sambal kenari bersama hidangan lauk-pauk yang sedap lainnya.

  16. Cempedak goreng

    Kreasi camilan lokal khas Maluku ini adalah buah cempedak yang digoreng. Unik, bukan? Ya, kamu bisa menemukan cempedak goreng ini jika berkunjung ke Pantai Natsepa. Makanan yang unik ini terbuat dari buah cempedak yang dicelup ke dalam adonan tepung lalu digoreng.

  17. Manisan pala

    Makanan khas Maluku berikutnya adalah manisan pala. Pala merupakan tumbuhan asal Kepulauan Banda, Maluku. Bentuknya bulat lonjong, berdaging buah, dan aromanya khas. Pala juga mengandung minyak atsiri. Buah pala yang matang biasanya memiliki biji berwarna merah darah.

    Biasanya, orang-orang mengonsumsi daging buahnya, sementara bijinya dijemur dan dipisahkan dari kulitnya. Cangkang biji pala akan pecah setelah proses pengeringan selama delapan minggu. Biji pala dijual sebagai rempah. Sementara daging buahnya dijadikan manisan pala dengan rasa khas dan unik.

Ragam makanan khas Maluku begitu unik dan lezat. Kamu bisa nikmati ragam kuliner khas Maluku ini langsung di wilayah asalnya atau mengunjungi tempat makan terdekat. Kamu juga bisa memperluas wawasan mengenai kebudayaan dari Maluku dan Indonesia bersama WonderVerse Indonesia

WonderVerse adalah platform yang menyediakan pengalaman virtual untuk melihat kebudayaan dan keindahan Indonesia. Bersama WonderVerse, kamu bisa menjelajah alam Indonesia dan melihat ragam hewan khas Indonesia, mengenal beragam budaya dan pakaian adat Indonesia, hingga membeli makanan dan souvenir khas Indonesia.

Yuk, rencanakan liburan impian kamu di Indonesia dengan menjelajahi keajaiban alam Indonesia dari universe lain dengan WondeReal Land. Untuk pengalaman yang lebih terasa, kamu bisa memainkannya dengan bantuan 360 VR. 

Melalui WondeReal, kamu bisa memesan semua akomodasi mulai dari tiket pesawat, wisata, hingga transportasi lokal harian. Penasaran seperti apa? Yuk, kunjungi WonderVerse Indonesia Indonesia di halaman ini!

news highlight