17 Makanan Khas Padang Super Lezat yang Harus Kamu Coba!

Ada beragam makanan khas Padang yang pasti sudah enggak asing lagi di telinga kamu. Kamu akan menemukan kelezatan luar biasa di balik hidangan yang secara visual tampak biasa saja. Soal rasa, makanan khas Padang memang enggak perlu dipertanyakan lagi, deh. Enak banget!

Penting bagi kamu untuk mencoba salah satu menunya jika belum pernah sama sekali. Kamu juga enggak perlu jauh-jauh ke Sumatra Barat, karena rata-rata bisa kamu temukan di berbagai wilayah di Indonesia. Untuk referensinya, kamu bisa lihat menu-menu makanan khas Padang superlezat berikut ini.

Makanan Khas Padang yang Harus Kamu Coba!

Daftar Makanan Khas Padang - WonderVerse Indonesia

Makanan khas Padang umumnya bercita rasa gurih, pedas, dan kental- WonderVerse Indonesia

Makanan khas Padang terkenal akan kelezatannya yang luar biasa. Cita rasanya pasti akan menggugah selera makan banyak orang. Beberapa makanan khas Padang bahkan sudah sangat populer di berbagai kalangan dan wajib kamu coba menunya.

Berikut ini adalah kelezatan deretan makanan khas Padang yang mungkin bisa kamu temukan di banyak wilayah di Indonesia karena kepopulerannya dan cita rasanya.

1. Rendang

Rendang adalah makanan khas Padang pertama yang sangat populer di Indonesia dan dunia. Rendang daging sapi adalah salah satu yang paling populer. Menu ini dimasak menggunakan berbagai bumbu dan rempah-rempah. Proses memasaknya pun cukup lama sehingga daging sapi akan sangat empuk dan matang sempurna.

Soal rasa, rendang enggak ada duanya. Rendang bahkan tercatat sebagai makanan terenak di dunia sebanyak dua kali, pada 2016 dan 2017 oleh situs web CNN. Jadi, kamu tak perlu ragu lagi untuk menikmati menu makanan khas Padang yang satu ini.

2. Sate padang

Makanan khas Padang yang satu ini juga enggak kalah populer. Sate padang umumnya disajikan dengan ketupat, disiram saus berempah yang kental, dan ditambah kerupuk jangek. Saus untuk sate padang ini biasanya dimasak dengan tepung beras sampai mengental dan warna sausnya kuning.

Di samping itu, ada juga sate pariaman yang bumbunya berwarna merah serta sate danguang-danguang yang sausnya lebih kental dan dilengkapi parutan kelapa. Satenya sendiri biasanya berisi jeroan sapi atau ayam. Rasanya begitu gurih dan lezat.

3. Ayam pop

Ayam pop menjadi salah satu makanan khas Padang yang juga wajib kamu coba. Ayam pop begitu populer sebagai lauk jika kamu mengunjungi rumah makan padang. Cita rasanya gurih dan sangat lezat meskipun tampilannya agak pucat.

Tampilan pucat ayam pop adalah keunikan dari menu makanan khas Padang yang satu ini. Ayam pop memang tampak pucat meskipun telah diproses dengan digoreng. Rasakan ayam pop yang otentik di daerah Bukittinggi, Sumatra Barat.

4. Ikan asam padeh

Makanan khas Padang selanjutnya adalah ikan asam padeh yang juga tak kalah populer sebagai lauk di rumah makan padang. Ikan asam padeh adalah sejenis gulai ikan dengan rasa kuah asam dan pedas. Menu ini digemari banyak orang karena ketagihan akan rasanya yang khas tersebut.

Menu makanan khas Padang ini ternyata tidak menggunakan santan dalam proses memasaknya. Kuah merahnya dihasilkan jumlah cabai yang digunakan saat memasak. Sedangkan rasa asamnya muncul dari asam kandis sebagai bumbunya.

5. Gulai itiak

Makanan khas Padang selanjutnya adalah gulai itiak. Ini adalah kuliner yang berbahan utama daging itik atau bebek. Daging itik atau bebek tadi diolah menggunakan bumbu hingga mendapatkan rasa gurih dan pedas. Seperti menu makanan Indonesia lainnya, gulai itiak lebih nikmat disajikan dengan nasi panas.

6. Gulai tauco

Gulai tauco menjadi salah satu makanan khas Padang yang perlu kamu coba kelezatannya. Rasa gurih dan nikmat begitu dominan dalam menu yang satu ini. Gulai tauco tentu terbuat dari tauco yang dimasak bersama santan, buncis, dan tahu.

Makanan khas Padang yang satu ini umumnya disajikan sebagai sayur bersama ketupat lontong. Gulai tauco juga dimakan menggunakan kerupuk merah yang menambah rasa nikmat dan lezatnya.

7. Kalio dagiang

Selanjutnya adalah kalio dagiang, menu makakanan khas Padang berupa olahan daging yang hampir mirip dengan rendang. Perbedaan kalio dagiang dengan rendang daging sapi terlihat dari kuahnya.

Rendang umumnya dimasak hingga kuahnya mengental berwarna kehitaman. Sedangkan kalio dagiang dimasak hingga kuahnya kental berwarna cokelat dan berminyak. Kalio dagiang adalah satu tahapan dari proses memasak rendang sebelumnya kuahnya menyusut habis.

8. Gulai tunjang

Makanan khas Padang berikutnya adalah gulai tunjang yang juga mudah ditemui di rumah makan Padang. Gulai tunjang biasanya berbahan dasar kikil sapi dan dimasak dengan santan dan berbagai rempah-rempah. Umumnya, gulai tunjang juga dimasak cukup lama agar tekstur tunjangnya akan lebih lembut dan kenyal.

9. Dadiah

Dadiah mungkin tidak sepopuler menu makanan khas Padang sebelumnya. Dadiah adalah terbuat dari fermentasi susu kerbau, teksturnya mirip dengan yogurt. Tetapi dadiah berbeda dengan yogurt, karena difermentasi di dalam wadah bambu yang ditutup dengan daun pisang dan daun waru dan di masak di atas api.

Di Sumatra Barat, dadiah biasa disajikan sebagai sarapan pagi yang dicampur emping atau kerupuk dari nasi dan gula merah. Makkanan khas Padang Panjang ini juga bisa disajikan bersama nasi hangat.

10. Soto padang

Soto padang juga enggak boleh ketinggalan untuk kamu coba, nih. Soto padang adalah salah satu makanan khas Padang yang memiliki isian berbeda dari jenis soto lain di tanah air. Soto padang umumnya menggunakan irisan daging sapi dan dilengkapi soun, perkedel kentang, dan kerupuk merah.

11. Cancang

Makanan khas Padang selanjutnya bernama cancang, yaitu olahan daging kambing yang dipotong dadu. Daging kambing ini kemudian dimasak dengan rempah dan santan yang memiliki cita rasa pedas. Cancang sangat cocok buat kamu yang gemar dengan masakan olahan daging kambing.

12. Teh talua

Selanjutnya adalah minuman yang pas untuk menemani makanan deretan khas Padang tadi, yaitu teh talua. Teh talua tampak berbeda dari sajian teh pada umumnya. Soalnya, teh talua dicampur kuning telur, air jeruk nipis, serta gula yang akan memberikan rasa unik dan nikmat.

Makanan Khas Padang yang Bisa Jadi Oleh-oleh

Makanan Khas Padang yang Bisa Jadi Oleh-oleh - WonderVerse Indonesia

Makanan khas Padang ini bisa kamu jadikan oleh-oleh dari Sumatra Barat - WonderVerse Indonesia

Nah, berikut ini adalah deretan makanan khas Padang lainnya yang tak kalah nikmat dan bisa kamu jadikan oleh-oleh jika kamu berkunjung ke Sumatra Barat. Simak daftar berikut:

1. Dendeng balado

Makanan khas Padang berikutnya adalah dendeng balado yang terkenal. Umum diketahui bahwa dendeng terbuat dari daging sapi yang dikeringkan. Ini adalah metode pengawetan tradisional sehingga makanan itu dapat bertahan lama. 

Masyarakat Minang membuat dendeng balado dengan bumbu bercita rasa pedas yang cocok jika kamu adalah penggemar kuliner pedas. Karena daya tahannya, dendeng balado cocok juga untuk kamu jadikan oleh-oleh dari Ranah Minang.

2. Dendeng batokok

Selanjutnya ada dendeng batokok yang enggak kalah enak. Makanan khas Padang ini adalah kuliner tradisional Minangkabau yang diolah dengan cara dipukul-pukul. Dalam bahasa Minang, proses memasak itu disebut sebagai “batokok”.

3. Galamai

Makanan khas Padang selanjutnya adalah galamai, yaitu makanan ringan yang manis. Makanan yang berasal dari Payakumbuh ini memiliki tekstur dan rasa seperti dodol yang umum dijumpai di berbagai daerah di Indonesia lainnya dan cocok kamu jadikan oleh-oleh sepulang dari kunjungan ke Sumatra Barat.

4. Lamang tapai

Berikutnya adalah lamang tapai dengan cita rasa manis yang sangat khas. Lamang tapai merupakan makanan tradisional Minang yang terbuat dari beras ketan. Karena itu, lamang tapai biasanya bertekstur kenyal dan rasa manisnya cocok untuk dijadikan sebagai makanan pembuka.

5. Sala lauak

Sala lauak adalah makanan khas Padang berupa kudapang yang terbuat dari campuran tepung beras dan ikan teri. Kudapan yang berasal dari Padang Pariaman ini sangat populer di Sumatra Barat dan biasanya disajikan sebagai hidangan berkuah seperti ketupat sayur. Tapi kamu juga bisa makan langsung begitu saja.

Jadi, menu makanan khas Padang mana yang belum pernah kamu coba? Semua hidangan asal Minang ini tampaknya begitu menggugah selera selain rasanya yang nikmat dan lezat, ya. Selain makanan khas Padang, kamu juga bisa menemukan berbagai keunikan lainnya dari Sumatra Barat bersama WonderVerse Indonesia.

WonderVerse adalah platform yang menyediakan pengalaman virtual untuk melihat kebudayaan dan keindahan Indonesia. Bersama WonderVerse, kamu bisa menjelajah alam Indonesia dan melihat ragam hewan khas Indonesia, mengenal beragam budaya dan pakaian adat Indonesia, hingga membeli makanan dan souvenir khas Indonesia.

Yuk, rencanakan liburan impian kamu di Indonesia dengan menjelajahi keajaiban alam Indonesia dari universe lain dengan WondeReal Land. Untuk pengalaman yang lebih terasa, kamu bisa memainkannya dengan bantuan 360 VR. 

Melalui WondeReal, kamu bisa memesan semua akomodasi mulai dari tiket pesawat, wisata, hingga transportasi lokal harian. Penasaran seperti apa? Yuk, kunjungi WonderVerse Indonesia Indonesia di halaman ini!

news highlight