15 Pantai Pasir Putih Terbaik di Indonesia, Wajib Kunjung!

Ada banyak sekali pantai pasir putih di Indonesia yang keindahannnya begitu memukau. Pantai pasir putih ini tersebar di sejumlah pulau utama hingga kepulauan di Indonesia. Keindahannya pun begitu dikenal di kalangan wisatawan dalam maupun luar negeri.

Nikmati pantai pasir putih yang menawan untuk berlibur bersama teman-teman, keluarga, atau untuk berbulan madu, maupun belajar tentang keanekaragaman alam yang ada di Indonesia. Kamu bisa merencanakan liburan ke sejumlah destinasi wisata pantai pasir putih di Indonesia untuk pengalaman bertualang tak terlupakan.

Simak rekomendasi pantai pasir putih yang populer di Indonesia berikut ini. Kalau ada kesempatan, pantai-pantai ini wajib kamu kunjungi!

15 Pantai Pasir Putih di Indonesia

Pantai Pasir Putih di Indonesia - WonderVerse Indonesia

Ada banyak sekali pantai pasir putih di Indonesia, kamu wajib kunjungi! - WonderVerse Indonesia

Berikut ini adalah rekomendasi pantai pasir putih di Indonesia yang wajib kamu kunjungi. Nikmati pesona indahnya sambil bersantai saat liburan untuk mendapatkan pengalaman tak terlupakan.

1. Pantai Selong Belanak, Lombok

Pantai Selong Belanak terletak di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Di sini, kamu akan menemukan pemandangan pantai pasir putih berpadu dengan jernihnya air laut, pemandangan desa nelayan, serta deretan kapal nelayan yang unik. 

Pantai Selong Belanak juga terkenal dengan pemandangan matahari terbenamnya yang indah. Kamu bisa tiba di pantai ini setelah menempuh perjalanan sekitar 50 kilometer dari Kota Mataram selama kurang lebih sejam. Tidak ada tiket masuk, jadi kamu bisa kunjungi pantai ini kapanpun kamu mau.

2. Pantai Remen, Tuban

Pantai Remen terletak di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Pantai pasir putih ini memiliki butiran pasir yang halus dan air laut yang biru jernih. Pantai Remen memiliki garis pantai sepanjang 500 meter juga terkenal dengan pemandangan sunset-nya yang indah.

Kamu bisa langsung menuju ke pantai eksotik di Jawa Timur ini dengan menempuh jarak kira-kira 20 kilometer dari pusat Kota Tuban dengan berkendara sekitar 30 menit. Kamu cukup membayar Rp5.000 per orang sebagai biaya tiket masuk.

3. Pantai Pasir Putih Watukarung, Pacitan

Pantai Pasir Putih Watukarung berlokasi di Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pantai pasir putih dengan tekstur halus dan air laut jernih siap menyambut kamu setelah melakukan perjalanan ke sana. 

Pantai Pasir Putih Watukarung juga terkenal dengan pemandangan tebing-tebing karang yang indah. Lokasinya cukup mudah dijangkau dari pusat kota, hanya butuh waktu sekitar 45 menit dan harga tiket masuk Rp2.000 per orang.

4. Pantai Prigi, Trenggalek

Di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, ada pantai pasir putih yang wajib kamu kunjungi juga, namanya Pantai Prigi. Di sana kamu bisa melihat sibuknya Pelabuhan Penangkapan Ikan (PPI) dan belanja ikan dan seafood segar juga untuk diolah dan dimakan.

Perjalanan menuju Pantai Prigi membutuhkan waktu tempuh sekitarr 50 menit dari pusat Kota Trenggalek. Kamu bisa bersantai di pasir pantai dan di bawah pohon kelapa. Kamu juga bisa menjajal serunya bermain banana boat di sini.

5. Pantai Tiga Warna, Malang

Pantai Tiga Warna di Kabupaten Malang, Jawa Timur, juga bisa kamu jadikan destinasi wisata pantai pasir putih kalau berkunjung ke Malang. Dinamai tiga warna karena terdapat gradasi warna air laut di pantainya, dari warna biru ke hijau. Tiket masuknya cukup membayar Rp10.000 saja per orang.

Perjalanan ke pantai ini bisa ditempuh dari Kota Malang selama 2 jam 15 menit dan menempuh jarak sekita 72 kilometer. Di area menuju pantai ini, kamu bisa mengeksplorasi Clungup Mangrove Conservation, lalu naik ke bukit untuk mencapai area pantai pasir putihnya yang mempesona.

6. Pantai Virgin Karangasem, Bali

Pantai pasir putih yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Pantai Virgin di Karangasem, Bali. Pantai ini memiliki lokasi yang tersembunyi dan lingkungan pantainya masih natural dan asri. Karena agak tersembunyi, pantai ini juga tidak seramai pantai-pantai terkenal di Bali lainnya.

Warga setempat mengenal pantai ini dengan nama Pantai Perasi Karangasem. Kamu bisa menempuh perjalanan sekitar 1 jam 30 menit untuk jarak sekitar 60 kilometer dari pusat Kota Denpasa. Kamu juga cukup membayar Rp10.000 per orang untuk masuk ke pantai pasir putih yang menawan ini.

7. Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Pantai Pulau Merah yang berada di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur ini terkenal dengan pemandangan sunset-nya yang mempesona. Pantai ini juga terkenal buat kamu yang ingin belajar main selancar. 

Pantai pasir putih ini pun berdekatan dengan desa nelayan setempat. Kamu bisa berkunjung untuk melihat kehidupan para nelayan, bersosialisasi, atau membeli olahan hasil tangkapan nelayan. Kamu bisa memasuki pantai ini dengan membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 saja.

8. Pantai Batu Hiu, Pangandaran

Di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat terdapat pantai pasir putih bernama Pantai Batu Hiu. Dinamai demikian karena terdapat sebuah batuan yang bentuknya mirip sirip ikan hiu. Cocok banget banget kamu yang hibi fotografi untuk mengunjungi pantai ini.

Kamu bisa merasakan sejuknya angin yang berhembus, pasir putih lembut, serta keindahan pantai dengan membayar tiket masuk sebesar Rp6.000 per orang. Pengalaman liburan kamu enggak akan terlupakan.

9. Pantai Parbaba, Samosir

Pantai Parbaba adalah destinasi wisata pantai pasir putih yang cocok untuk dikunjungi jika kamu sedang berlibur ke Danau Toba. Pantai yang berlokasi di Desa Huta Bolon, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara ini memiliki keindahan tersendiri, terutama karena pohon-pohon besar yang membuat pantai sejuk.

Pemerintah daerah setempat kerap mengadakan turnamen voli pantai, sehingga pantai ini begitu terkenal untuk olahraga voli pantai. Harga tiket masuknya cukup Rp5.000 saja per orang, dijamin puas main di pantai ini.

10. Pantai Bara, Sulawesi Selatan

Pantai pasir putih selanjutnya bernama Pantai Bara yang terletak di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Pantai Bara diapit tebing karang dengan gradasi air laut warna biru hingga hijau tosca. Pantai yang terkenal dengan pemandangan batu karang yang indah ini bisa kamu masuki dengan membayar tiket Rp25.000 per orang.

11. Pantai Pasir Timbul, Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat begitu terkenal akan keindahannya di negeri ini. Demikian halnya dengan salah satu pantai yang terletak di Pulau Koh, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat bernama Pantai Pasir Timbul. Pantai pasir putih ini terkenal dengan suasana pantai yang sangat mempesona.

Pantai ini juga terkenal dengan titik keberangkatan menuju alam bawah laut yang tak kalah mempesona. Biaya wisata ke pantai ini sekitar Rp500.000 per orang. Kamu bisa snorkeling atau diving di area sekitar pantai.

12. Pantai Karimun Jawa, Jepara

Berlokasi di utara Pulau Jawa, Pulau Karimun Jawa yang masuk Kabupaten Jepara, Jawa Tengah ini memiliki segudang pantai pasir putih yang menawan dan termasuk yang jarang dikunjungi. Pasalnya, kamu harus naik kapal feri dan menempuh perjalanan sekitar 6 jam dari Pelabuhan Kartini, Jepara.

Setelah tiba di pulau tersebut, kamu bisa langsung menjumpai pantai dengan pasir putih menghampar luas, keindahan panorama saat sunset, perkampungan nelayan, hingga pemandangan bawah lautnya yang luar biasa indah!

13. Pantai Saronde, Gorontalo

Pantai Saronde yang berlokasi di Pulau Saronde, Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo ini memiliki pantai pasir putih yang halus dan indah, serta air laut yang jernih. Pantai Saronde juga terkenal dengan pemandangan pulau-pulau kecil yang indah di sekelilingnya.

Kamu bisa mengunjungi pulau ini jika sedang berlibur ke Gorontalo dan menikmati keindahan alamnya secara langsung di pulau tersebut, menjajal serunya olahraga air, atau menjelajah ke pulau-pulau tetangga.

14. Pantai Kemala

Pantai Kemala yang berlokasi tak jauh dari Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Salah satu pantai di Kalimantan yang indah ini memiliki pantai pasir putih yang menghampar beserta birunya air laut di sana dengan membayar tiket masuk Rp5.000 per orang.

Di sana, kamu bisa berekreasi seperti bersantai di pantai pasir putihnya, berenang, atau mencoba makanan seafood-nya yang menggugah selera. Kamu juga bisa menikmati rekreasi yang memacu adrenalin seperti main flying fox, paraglidiing, atau naik banana boat.

15. Pantai Klayar, Pacitan

Satu lagi dari Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, ada pantai yang cukup terkenal bernama Pantai Klayar. Pantai pasir putihnya yang indah dan ombaknya yang besar membuat pantai ini begitu indah dengan caranya sendiri.

Kamu tidak diperbolehkan berenang karena ombaknya yang besar. Tetapi, kamu bisa melihat berbagai wahana menarik seperti atraksi air mancur, ATV, dan lain-lain. Tiket masuk ke pantai ini sebesar Rp10.000 per orang, maka cocok banget buat kamu yang ingin liburan dengan nuansa yang berbeda.

Sekarang, pantai pasir putih mana yang ingin kamu kunjungi untuk liburan? Pantai-pantai pasir putih ini begitu memukau dan kamu bisa mendapatkan pengalaman luar biasa setelah liburan ke deretan pantai pasir putih tersebut. Kamu juga bisa menemukan deretan pantai indah lainnya di WonderVerse Indonesia.

WonderVerse adalah platform yang menyediakan pengalaman virtual untuk melihat kebudayaan dan keindahan Indonesia. Bersama WonderVerse, kamu bisa menjelajah alam Indonesia dan melihat ragam hewan khas Indonesia, mengenal beragam budaya dan pakaian adat Indonesia, hingga membeli makanan dan souvenir khas Indonesia.

Yuk, rencanakan liburan impian kamu di Indonesia dengan menjelajahi keajaiban alam Indonesia dari universe lain dengan WondeReal Land. Untuk pengalaman yang lebih terasa, kamu bisa memainkannya dengan bantuan 360 VR. 

Melalui WondeReal, kamu bisa memesan semua akomodasi mulai dari tiket pesawat, wisata, hingga transportasi lokal harian. Penasaran seperti apa? Yuk, kunjungi WonderVerse Indonesia Indonesia di halaman ini!

news highlight