Voice Assistants, Asisten Pribadi yang Bisa Lakukan Apa Saja

Voice assistants dengan cepat menjadi andalan di rumah kita saat ini. Teknologi canggih fitur yang mudah digunakan. Melalui perintah suara sederhana, kita dapat meminta mereka memutar musik, membaca berita, mengontrol perangkat elektronik, meningkatkan keamanan, dan melakukan beragam tugas lainnya.

Yuk, simak pembahasan mengenai pengertiannya, ragam manfaatnya, fitur-fiturnya, dan contoh penggunaan voice assistants berikut ini.

Apa yang Dimaksud dengan Voice Assistants?

Manfaat Voice Assistants - WonderVerse Indonesia

Voice assistants dapat melakukan berbagai hal lewat perintah suara - WonderVerse Indonesia

Apa yang dimaksud dengan voice assistants? Voice assistant adalah perangkat lunak yang dapat melakukan tugas sehari-hari melalui perintah suara. Fitur voice assistants adalah perpaduan teknologi artificial intelligence (AI) dan Machine Learning untuk mengenali suara pengguna dan melakukan apa yang kita perintahkan.

Fitur voice assistants ini dapat kamu temukan di smartphone, speaker pintar, smart watch, tablet, maupun perangkat lainnya. Beberapa fitur voice assistants terkenal adalah Alexa (Amazon), Siri (Apple), Google Assistant (Google), dan Bixby (Samsung) yang dapat mengambil alih rumah kita berkat kompatibilitasnya dengan bola lampu, AC, dan lain-lain.

Asisten suara telah menjadi sangat populer sejak kemunculannya pada tahun 2014. Hingga kini, sejumlah pengguna voice assistants menganggapnya sebagai bagian dari keluarga. Voice assistants menggunakan AI untuk mempermudah kehidupan kita sehari-hari dan memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan kehidupan penyandang disabilitas dan lanjut usia.

Manfaat Voice Assistants

Manfaat Voice Assistants - WonderVerse Indonesia

Voice assistants bermanfaat untuk mengontrol perangkat lain di rumah - WonderVerse Indonesia

Voice assistants memiliki sejumlah manfaat yang dapat sangat membantu kamu atau pengguna lain di rumah kapan saja, di mana saja. Beberapa manfaat utamanya antara lain:

  • Mengetahui beragam informasi

    Fitur voice assistants ini bisa membantu kamu mendapatkan segala macam informasi yang ditemukan di Internet, serta menanyakan tentang cuaca, berita terkini, lalu lintas, jarak tempuh, pengetahuan umum, dan banyak lagi.

  • Mendengarkan musik

    Kamu bisa meminta voice assistants untuk memutar musik dari berbagai platform music streaminig yang sesuai dengan suasana hati kita pada waktu tertentu.

  • Mengontrol perangkat lain

    Kamu juga bisa memerintahkan voice assistants ini untuk mengghubungkannya ke peralatan pintar lain di rumah atau di kantor dan mengikuti perintah seperti “nyalakan televisi” atau “nyalakan lampu rumah”.

  • Mengatur jadwal

    Voice assistants adalah fitur yang mampu mengatur waktu penggunanya tanpa memerlukan ponsel, jam tangan, atau buku harian. Cukup gunakan fitur asisten suara ini dan atur semua jadwal dengan mudah.

  • Membantu penyandang disabilitas dan lanjut usia

    Manfaat voice assistants selanjutnya adalah membantu penyandang disabilitas, terutama bagi tunanetra. Mereka dapat memanfaatkan pencarian suara dan membuat segalanya lebih mudah. Fitur ini juga berlaku untuk orang-orang lanjut usia atau orang-orang yang menjadi tanggungan mereka.

  • Meningkatkan keamanan

    Sebagai pengguna, kamu pun dapat menghubungkan kamera keamanan rumah ke fitur voice assistants dan menonton siaran langsung di perangkat kapan saja dan di mana saja. Fitur voice assistants ini dapat membantu meningkatkan keamanan meskipun penggunanya sedang tidak di rumah.

Fitur Voice Assistants dan Contoh Penggunaannya

Fitur-fitur Voice Assistants - WonderVerse Indonesia

Voice assistants bisa mengontrol perangkat lain dan melakukan tugas lainnya - WonderVerse Indonesia

Berikut ini adalah deretan fitur voice assistants dan contoh penggunaannya, mulai dari mencari informasi di internet, mengatur alarm, mengatur jadwal, atau mengontrol perangkat smart home, membuka aplikasi, memutar musik, membaca berita, atau menjawab pertanyaan. Simak fitur-fitur dan contoh penggunaan voice assistants.

  • Siri

    Voice assistants milik Apple ini dikontrol suara tersedia di perangkat yang menggunakan iOS, iPadOS, watchOS, macOS, dan tvOS. Fitur voice assistants Siri ini menggunakan teknologi pengenalan suara yang didukung oleh AI yang dapat melakukan berbagai tugas, seperti membuka aplikasi, memutar musik, atau menjawab pertanyaan.

  • Google Assistant

    Aplikasi perangkat lunak voice assistants virtual ini dikembangkan oleh Google untuk perangkat Android. Google Assistant dapat melakukan berbagai tugas, mulai dari menjawab pertanyaan, menyesuaikan pengaturan perangkat keras pada perangkat pengguna, menjadwalkan acara, alarm, serta bermain game.

    Untuk beberapa kasus, kamu juga perlu mengetahui cara mematikan Google Voice Assistants ini dengan mudah. Pasalnya, meskipun memiliki banyak fungsi, fitur ini sering dirasa mengganggu oleh pengguna.

  • Amazon Alexa

    Alexa digunakan melalui lini produk handsfree speaker Amazon yang dikenal sebagai Amazon Echo. Nah, Alexa adalah layanan suara berbasis cloud yang tersedia di lebih dari 100 juta perangkat Amazon serta produsen pihak ketiga. 

    Untuk menggunakan Alexa, pengguna memanggil kata “bangun”, Alexa dan lampu di perangkat memberi sinyal kepada pengguna bahwa perangkat siap menerima perintah. Biasanya perintah ini melibatkan permintaan bahasa sederhana, seperti "bagaimana cuaca hari ini?" atau "memutar musik pop".

  • Cortana

    Asisten produktivitas pribadi selanjutnya adalah Microsoft Cortana. Voice assistants menggunakan mesin pencarian Bing untuk melakukan berbagai tugas, termasuk mengatur pengingat dan menjawab pertanyaan pengguna.

  • Bixby dari Samsung

    Asisten AI virtual Samsung bekerja terutama pada perangkat seluler tetapi juga pada beberapa lemari es pintar. Bixby dapat digunakan untuk berbagai tugas termasuk mengirim pesan teks, mengambil informasi cuaca spesifik lokasi, mengatur pengingat rapat, dan membaca artikel berita lewat fitur voice assistants-nya.

  • Platform AI Mycroft

    Mycroft merupakan voice assistants open source pertama yang dapat dijalankan pada platform apa pun. Mulai dari desktop, mobil, dan bahkan pada Raspberry Pi. Voice assistants berfokus pada mengaktifkan suara perangkat apa pun untuk mengubahnya menjadi asisten pribadi yang cerdas.

Contoh penggunaan voice assistant di antaranya:

  • Menambahkan tugas ke kalender.
  • Memberikan informasi yang biasanya dicari di browser web.
  • Mengontrol dan memeriksa status perangkat rumah pintar, lampu atau CCTV.
  • Membuat dan menerima panggilan telepon.
  • Menjadwalkan meeting.
  • Membuat pesan teks.
  • Mendapatkan petunjuk arah.
  • Mendengar berita dan laporan cuaca.
  • Menemukan hotel atau restoran terdekat dan terekomendasi.
  • Memeriksa reservasi penerbangan.
  • Streaming podcast.
  • Manajemen alur kerja.
  • Membantu dalam e-learning dan pelatihan.
  • Mendengarkan musik.
  • Bermain permainan.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang voice assistants dengan kecanggihannya yang membuat kita lebih mudah mengakses banyak hal, saat di rumah maupun saat sedang jauh dari rumah. Kamu juga bisa gunakan fitur voice assistants ini untuk mengakses WonderVerse Indonesia dan menambah wawasan.

WonderVerse Indonesia adalah platform yang menyediakan pengalaman virtual untuk melihat kebudayaan dan keindahan Indonesia. Bersama WonderVerse Indonesia, kamu bisa menjelajah alam Indonesia dan melihat ragam hewan khas Indonesia, mengenal beragam budaya dan pakaian adat Indonesia, hingga membeli makanan dan souvenir khas Indonesia.

Enggak cukup sampai di situ, di WonderVerse Indonesia kamu juga bisa merasakan pengalaman melihat alam Bali, Wakatobi, hingga Raja Ampat secara 360 dengan menggunakan VR! Kamu juga bisa menonton konser band atau penyanyi kesukaan kamu tanpa harus keluar rumah. Menarik ya? Yuk, coba sensasi jelajah Indonesia dan keseruan lainnya secara virtual di WonderVerse Indonesia sekarang!

news highlight