18 Wisata Labuan Bajo, Rekomendasi untuk Liburan Seru

Wisata Labuan Bajo menawarkan banyak pengalaman seru yang mungkin belum pernah kamu rasakan sebelumnya. Kamu bisa langsung menjumpai hewan langka yaitu komodo, lautnya yang biru dan jernih, bentang alamnya yang mempesona, serta pesona wisata alam yang menakjubkan di beberapa titik.

Labuan Bajo yang terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa tnggara Timur ini semakin terkenal di kalangan wisatawan dalam dan luar negeri yang ingin menjelajahi Indonesia dan segenap keindahannya. 

Jika kamu sudah punya rencana liburan ke Labuan Bajo, kamu bisa mengunjungi deretan tempat yang direkomendasikan berikut ini.

18 Tempat Wisata Labuan Bajo untuk Liburan Seru

Rekomendasi Tempat Wisata Labuan Bajo - WonderVerse Indonesia

Wisata Labuan Bajo memiliki segudang tempat yang menakjubkan - WonderVerse Indonesia

Berikut ini adalah sejumlah lokasi wisata Labuan Bajo yang indah, eksotis, menakjubkan, macam surga kecil dari wilayah timur Indonesia. Simak daftarnya dan siapkan diri untuk mendapat pengalaman tak terlupakan saat liburan seru ke Labuan Bajo.

  1. Gili Laba

    Gili Laba adalah salah satu tempat wisata Labuan Bajo yang direkomendasikan untuk liburan seru dengan pengalaman baru. Gili Laba merupakan pulau kecil yang berlokasi di kawasan Taman Nasional Komodo. Meskipun kecil, pulau ini terkenal akan eksotika perbukitan yang dibingkai lautan biru.

    Kamu bisa mengunjungi Gili Laba untuk mendapatkan spot foto terbaik dengan latar belakang sabana di Afrika saat musim kemarau. Sementara ketika musim hujan, kawasan ini akan kian subur dan menghijau.

  2. Pulau Rinca

    Rekomendasi tempat wisata Labuan Bajo selanjutnya adalah Pulau Rinca, yang juga masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Pulau ini menjadi habitat alami komodo yang terkenal setia dan selalu nyaman di tempat tinggalnya. Di sini kamu juga bisa ikut aktivitas menanam bakau, lho.

  3. Pulau Komodo

    Selain itu, kamu juga bisa ke Pulau Komodo, pusat dari kawasan Taman Nasional Komodo yang telah ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia. Kamu enggak cuma bisa melihat komodo, tetapi juga bisa menikmati pemandangan indah di tempat wisata Labuan Bajo yang satu ini.

  4. Pulau Kanawa

    Pulau Kanawa juga direkomendasikan sebagai tempat wisata Labuan Bajo yang wajib kamu kunjungi untuk berburu pemandangan. Hal yang menarik di pulau ini adalah bentang alamnya yang masih asri dan alami serta panorama di atas dan di bawah laut yang luar biasa menakjubkan.

    Kamu juga bisa bermain atau bersantai di hamparan pantai putihnya yang bersih. Pulau Kanawa bahkan menjadi salah satu lokasi untuk snorkeling populer di Labuan Bajo. Pokoknya kamu bakal betah berlama-lama di sana.

  5. Pulau Padar

    Destinasi wisata Labuan Bajo berikutnya adalah Pulau Padar yang menyuguhkan gugusan pulau yang indah dan eksotis. Kamu juga bisa melihat langsung perbukitan hijau yang indah di sana. Panorama indah inilah yang menjadi daya tarik wisatawan saat liburan ke Labuan Bajo.

  6. Pulau Kelor

    Destinasi wisata Labuan Bajo berikutnya adalah Pulau Kelor, pulau yang tepat buat kamu yang ingin mencari ketenangan. Pulau ini masih sangat alami, karena kamu bisa melihat sendiri pepohonan rindang, pasir putih halus, serta air laut biru jernih yang cukup tenang.

  7. Desa Adat Wae Rebo

    Jika kamu sudah puas berkeliling berbagai pulau yang indah menakjubkan, sempatkan juga mengunjungi Desa Adat Wae Rebo. Ini adalah desa yang luar biasa indah dan pilihan tepat untuk menemukan kekayaan budaya di destinasi wisata Labuan Bajo yang terkenal.

    Di desa adat ini, kamu bisa mengunjungi rumah-rumah adat dengan arsitektur tradisional yang unik. Berbaurlah dengan warga desa adat setempat yang ramah untuk menikmati kehidupan Suku Manggarai di desa tersebut yang sederhana namun penuh makna. Jangan sampai kelewatan, ya!

  8. Desa Adat Bena

    Selanjutnya adalah Desa Adat Bena, atau Kampung Bena. Desa adat ini adalah perkampungan megalitikum dengan latar belakang Gunung Inerie yang berada di puncak bukit. Nikmati keindahan desa dengan rumah adat berarsitektur unik dan pesona alamnya yang mengagumkan.

  9. Kampung Melo

    Desaa atau kampung lain yang bisa kamu masukkan ke daftar kunjungan adalah Kampung Melo. Destinasi wisata Labuan Bajo ini menawarkan keunikan budaya dari masyarakatnya yang bersahaja. Jika berkunjung ke sini, kamu bisa melihat pertunjukan budaya seperti tarian tradisional dari penduduk Kampung Melo.

  10. Sawah Lingko

    Kamu juga bisa mengunjungi area perbukitan di Desa Cangar, Kabupaten Manggarai, untuk melihat keunikan area persawahan yang disebut Sawah Lingko. Area persawahan ini telah menjadi daya tarik tersendiri karena memiliki formasi melingkar, bahkan tampak seperti jaring laba-laba raksasa.

    Ketika kamu singgah di desa ini untuk melihat Sawah Lingko, kamu juga bisaa menikmati alam pedesaan yang asri dan suasana yang tenang untuk segarkan pikiran yang penat. Kamu enggak akan melupakan pengalaman mengunjungi desa ini.

  11. Danau Kelimutu

    Lengkapi perjalanan wisata Labuan Bajo dengan mengunjungi Danau Kelimutu. Danau ini begitu terkenal di Indonesia dan dunia karena memiliki tiga warna berbeda dan bisa berubah-ubah warna juga. Destinasi yang populer ini juga menyimpan legenda, mitos, dan sejarah kepercayaan masyarakat setempat.

  12. Danau Sano Nggoang

    Selain Danau Kelimutu yang terkenal, kamu juga bisa mengunjungi Danau Sano Nggoang. Obyek wisata Labuan Bajo yang satu ini termasuk danau vulkanik terbesaar di Indonesia bagian timur. Kamu bisa mendaki ke Puncak Golo Dewa untuk menikmati keindahan alam dan Danau Sano Nggoang yang menakjubkan.

    Di samping itu, Danau Sano Nggoang merupakan kawasan wisata alam yang juga menjadi habitat bagi puluhan spesies burung. Beberapa burung yang tinggal di sana adalah hewan endemik Pulau Flores yang indah.

  13. Goa Rangko

    Goa Rangko menjadi destinasi wisata Labuan Bajo selanjutnya yang akan melengkapi pengalaman luar biasa kamu. Destinasi wisata yang satu ini berada di ceruk bummmi yang di dalamnya kamu juga bisa menemukan air asin yang biru dan jernih. Jangan lupa juga untuk mengunjungi gugusaan stalaktit atau berenang di sana, ya.

  14. Goa Batu Cermin

    Wisata Labuan Bajo juga memiliki banyak wisata alam seperti goa, salah satunya adalah Goa Batu Cermin yang begitu eksotis. Kamu bisa mengunjungi goa yang alami ini pada sore hari untuk menemukaan langsung pemandangan sinar matahari yang tembus dari celah-celah bebatuan goa yang indah dan memantul ke air.

  15. Cunca Lawang

    Destinasi wisata Labuan Bajo berikutnya menawarkan pemandangan eksotis yang bernama Cunca Lawang. Di tempat ini, kamu bisa menyusuri lembah dan tebing-tebing bebatuan terjal yang sangat memukau. Kamu juga bisa melihat air terjun yang indah dan menambah panjang tempat liburan seru di Labuan Bajo.

  16. Manta Point

    Buat kamu yang gemar diving, jangan lewatkan untuk menyelami indahnya kawasan Manta Point, salah satu titik penyelaman paling populer di Labuan Bajo. Daya tarik dari Manta Point adalah keindahan bawah lautnya yang luar biasa menakjubkan. 

    Kamu bisa berenang bersama ikan manta, atau manta ray, atau pari raksasa yang seolah-olah tampak menari di sekeliling kamu. Inilah yang akan memberikan kamu petualangan dan pengalaman tak terlupakan berkat sensasi diving yang berbeda dari biasanya.

  17. Pink Beach

    Pink Beach adalah salah satu pantai yang wajib kamu kunjungi jika berlibur ke Labuan Bajo. Salah satu destinasi wisata Labuan Bajo yang unggulan ini menawarkan pemandangan yang unik, yaitu pasir pantainya yang sekilas tampak berwarna merah muda berpadu dengan air laut biru jernih. Sangat menakjubkan!

  18. Pantai Pede

    Pantai Pede adalah salah satu pantai unik yang begitu memikat di Labuan Bajo. Salah satu tempat wisata Labuan Bajo ini menawarkan pemandangan indah karena pantainya diapit oleh Bukit Pramuka dan Bukit Gorontalo. Keindahan itu juga membuat suasana sunset lebih memukau lagi!

Itu dia sejumlah destinasi wisata Labuan Bajo yang tak sekadar menarik, tetapi juga memorable yang bikin kamu dan semua pengunjung enggak mau pulang. Kamu bisa temukan informasi perjalanan ke sana dan beragam kabar lainnya bersama Wonderverse Indonesia.

WonderVerse adalah platform yang menyediakan pengalaman virtual untuk melihat kebudayaan dan keindahan Indonesia. Bersama WonderVerse, kamu bisa menjelajah alam Indonesia dan melihat ragam hewan khas Indonesia, mengenal beragam budaya dan pakaian adat Indonesia, hingga membeli makanan dan souvenir khas Indonesia.

Yuk, rencanakan liburan impian kamu di Indonesia dengan menjelajahi keajaiban alam Indonesia dari universe lain dengan WondeReal Land. Untuk pengalaman yang lebih terasa, kamu bisa memainkannya dengan bantuan 360 VR. 

Melalui WondeReal, kamu bisa memesan semua akomodasi mulai dari tiket pesawat, wisata, hingga transportasi lokal harian. Penasaran seperti apa? Yuk, kunjungi WonderVerse Indonesia Indonesia di halaman ini!

news highlight