Autonomous Vehicle, Sistem Canggih untuk Keamanan Berkendara

Industri otomotif tidak berhenti berkembang. Dalam beberapa tahun terakhir, setelah mobil listrik meluncur di pasar, laju ini semakin meningkat terlebih setelah kemunculan autonomous vehicle atau kendaraan otonom yang sangat canggih.

Autonomous vehicle mulai dikembangkan oleh industri otomotif dengan menggabungkan teknologi baru, seperti kecerdasan buatan dan internet. Kamu bisa simak pembahasan mengenai revolusi besar dalam industri otomotif lewat kemunculan autonomous vehicle termasuk kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Apa yang Dimaksud dengan Autonomous Vehicle?

Mengenal Autonomous Vehicle - WonderVerse Indonesia

Autonomous vehicle adalah kendaraan yang mampu beroperasi sendiri - WonderVerse Indonesia

Autonomous vehicle adalah kendaraan yang mampu beroperasi sendiri tanpa perlu intervensi atau bantuan manusia. Kendaraan canggih yang biasa disingkat AV ini dapat berfungsi dengan tanpa bantuan manusia karena memiliki kemampuan untuk mendeteksi situasi di sekelilingnya baik objek, manusia, dan kendaraan lainnya. 

Sistem mengemudi pada autonomous vehicle sepenuhnya otomatis agar kendaraan mampu memberikan respons terhadap kondisi yang dideteksi oleh sistem. Kendaraan ini akan bekerja sesuai dengan yang dilakukan pengemudi berpengalaman. Sistem akan merespons dengan lebih baik untuk menghindari potensi kecelakaan.

Cara Kerja Autonomous Vehicle

Cara Kerja Autonomous Vehicle - WonderVerse Indonesia

Autonomous vehicle bekerja menggunakan sensor dan perangkat canggih lain - WonderVerse Indonesia

Agar beroperasi dengan baik, autonomous vehicle menggunakan sensor LiDAR atau Light Detection and Ranging, aktuator, serangkaian algoritma, prosesor, dan machine learning yang terintegrasi dengan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). 

Autonomous vehicle dapat bekerja berdasarkan sensor yang terletak di berbagai bagian kendaraan yang memantau posisi kendaraan di dekatnya. Kamera video akan mendeteksi membaca rambu jalan, lampu lalu lintas, melacak kendaraan lain, hingga pejalan kaki dengan sensor LiDAR.

Sensor LiDAR akan memantulkan gelombang cahaya dari sekitar mobil untuk mengukur jarak, mendeteksi tepi jalan, dan mengidentifikasi marka jalur. Mobil dapat mendeteksi trotoar dan kendaraan lain saat parkir menggunakan sensor ultrasonik di roda.

Deteksi dan data yang didapat dari sensor LiDAR juga diolah prosesor dengan software untuk memberi perintah kepada aktuator yang bertugas mengendalikan aksi kendaraan, seperti keputusan untuk meningkatkan akselerasi atau menurunkan akselerasi. 

Selain itu, kendaraan juga akan memberikan pengereman yang sesuai, tidak kurang atau berlebihan agar pengendara lebih nyaman. Beragam perangkat canggih ini juga akan membuat pengemudian presisi dan lain-lain. Semua terintegrasi pada sistem yang dapat mencegah insiden seperti oversteer, understeer, dan masih banyak lagi.

Aturan yang dikodekan secara keras, algoritme penghindaran rintangan, pemodelan prediktif, dan pengenalan objek membantu perangkat lunak mengikuti peraturan lalu lintas dan menavigasi rintangan.

Apa Tujuan Penerapan Autonomous Vehicle?

Tujuan Penerapan Autonomous Vehicle - WonderVerse Indonesia

Autonomous vehicle bertujuan untuk memberikan keamanan berkendara - WonderVerse Indonesia

Berikut ini adalah beberapa tujuan dari penerapan autonomous vehicle yang perlu kamu ketahui. Antara lain:

  • Keamanan dalam perjalanan yang lebih baik

    Otomatisasi dalam autonomous vehicle dapat membantu mengurangi jumlah kecelakaan di jalan raya. Tingkat otonomi yang lebih tinggi berpotensi mengurangi perilaku pengemudi yang berisiko dan membahayakan. Harapan terbesarnya mungkin adalah mengurangi dampak buruk dari gangguan mengemudi dan banyak lagi.

  • Produktivitas yang lebih tinggi

    Penerapan autonomous vehicle memungkinkan pengemudi mendapatkan kembali waktu. Di masa depan, mobil self-driving akan menawarkan kemudahan untuk mengantarkan penumpang kendaraan ke berbagai tempat tujuan. Semua penumpang dapat melakukan aktivitas yang lebih produktif atau menghibur.

Kelebihan dan Kekurangan Autonomous Vehicle

Kelebihan dan Kekurangan Autonomous Vehicle - WonderVerse Indonesia

Autonomous vehicle juga memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri - WonderVerse Indonesia

Di samping itu, perlu kamu ketahui pula kelebihan dan kekurangan autonomous vehicle yang canggih ini.

Kelebihan autonomous vehicle

  • Autonomous vehicle memiliki kemampuan melihat lingkungan dalam jangkauan 360 derajat.
  • Menurunkan potensi kesalahan manusia atau human error dalam berkendara.
  • Lebih sedikit kecelakaan atau kematian.
  • Berkendara lebih aman dan bebas stres selama di perjalanan.
  • Peluang untuk berkendara lebih efisien.
  • Kemandirian yang lebih besar bagi para lansia dan penyandang disabilitas.

Kekurangan autonomous vehicle

  • Keterampilan mengemudi bisa terlupakan karena terbiasa diotomatisasi.
  • Risiko peretasan sistem, karena semua perangkat terhubung secara online.
  • Risiko kecelakaan yang justru disebabkan oleh kegagalan teknologi atau sistem yang diterapkan.
  • Infrastruktur kendaraan otonom berbasis pada cakupan jaringan 5G yang saat ini masih mahal.

Dampak Positif Autonomous Vehicle

Dampak Positif Autonomous Vehicle - WonderVerse Indonesia

Autonomous vehicle memberikan dampak positif pada lingkungan - WonderVerse Indonesia

Rasanya sangat menarik ketika membayangkan dunia dengan kendaraan bertenaga listrik dan dapat dikemudikan sendiri sepenuhnya. Hal ini bukannya tidak mungkin dan bisa menjadi kenyataan di masa depan. Nah, dampak positif autonomous vehicle di masa kini antara lain: 

  • Mengurangi kemacetan

    Autonomous vehicle dapat mengatasi beberapa penyebab kemacetan lalu lintas. Selain itu, kendaraan canggih juga membantu menghindari kendaraan dari tabrakan dengan menjaga jarak yang aman dan konsisten antar kendaraan. AV juga akan membantu mengurangi gelombang stop-and-go, penyebab kemacetan jalan raya.

  • Keuntungan lingkungan

    AV berpotensi mengurangi penggunaan bahan bakar dan emisi karbon. Kemampuannya yang dapat mengurangi kemacetan lalu lintas akan menghemat bahan bakar dan mengurangi gas rumah kaca akibat tidak melakukan aktivitas yang tidak perlu.

  • Kebebasan berkendara

    Otomatisasi dalam autonomous vehicle menawarkan lebih banyak kebebasan pribadi dalam berkendara. Penyandang disabilitas, seperti tunanetra, mampu mandiri, dan kendaraan yang sangat otomatis dapat membantu mereka menjalani kehidupan yang mereka inginkan. Kendaraan ini juga dapat meningkatkan kemandirian para lansia.

Meskipun autonomous vehicle ini tampak mutakhir, namun teknologi ini masih jauh dari sempurna yang mengasumsikan bahwa akan ada kegagalan pada suatu saat. Jika hal ini terjadi, siapa yang harus bertanggung jawab atas kecelakaan tersebut? Apakah kendaraannya, pengemudinya, atau produsen kendaraannya? 

Di balik perdebatan tentang siapa pihak yang harus bertanggung jawab itu, autonomous vehicle memiliki banyak keuntungan dan dampak positif yang baik untuk berkendara. Sementara, sambil para ahli menyempurnakan kendaraan untuk mengatasi beragam kekurangannya, kamu bisa mengakses berbagai informasi menarik lain bersama WonderVerse Indonesia.

WonderVerse Indonesia adalah platform yang menyediakan pengalaman virtual untuk melihat kebudayaan dan keindahan Indonesia. Bersama WonderVerse Indonesia, kamu bisa menjelajah alam Indonesia dan melihat ragam hewan khas Indonesia, mengenal beragam budaya dan pakaian adat Indonesia, hingga membeli makanan dan souvenir khas Indonesia.

Enggak cukup sampai di situ, di WonderVerse Indonesia kamu juga bisa merasakan pengalaman melihat alam Bali, Wakatobi, hingga Raja Ampat secara 360 dengan menggunakan VR! Kamu juga bisa menonton konser band atau penyanyi kesukaan kamu tanpa harus keluar rumah. Menarik ya? Yuk, coba sensasi jelajah Indonesia dan keseruan lainnya secara virtual di WonderVerse Indonesia sekarang!

news highlight