Buku Augmented Reality Sajikan Visualisasi Seru untuk Belajar

Buku augmented reality (AR) tentu saja lebih dari sekadar buku cetak biasa. Dengan menggunakan teknologi aplikasi AR, kamu bisa menemukan dan mempelajari berbagai hal secara lebih komprehensif berkat visualisasi dari konten yang tersedia dalam buku augmented reality tersebut.

Kamu bisa simak penjelasan mengenai buku augmented reality dan memahami cara kerja, manfaat, dan berbagai contohnya dalam pembahasan berikut ini.

Apa Itu Buku Augmented Reality?

Mengenal Buku Augmented Reality - WonderVerse Indonesia

Buku augmented reality menampilkan obyek 3D lewat aplikasi - WonderVerse Indonesia

Augmented reality (AR) sendiri berarti realitas yang dilapis dengan proyeksi virtual. Lingkungan nyata dan konten digital seperti menyatu dengan fitur spesial yang memungkinkan objek virtual ditampilkan dalam 3D. Selain objek 3D, kamu bisa memproyeksikan video, audio, animasi, tur 360 derajat, atau galeri gambar.

Lalu, apa yang dimaksud dengan buku augmented reality? Buku augmented reality merupakan buku dengan konten dua dimensi atau tiga dimensi yang interaktif. Buku ini terlihat seperti buku pada umumnya, tapi kamu bisa melakukan lebih banyak hal dengan buku AR ini. 

Oleh karena itu, teks cetak atau digital dalam buku augmented reality dilengkapi dengan konten yang dapat menampilkan lapisan konten 2D atau 3D tambahan lewat aplikasi augmented reality. Sebagai pembaca, kamu pun bisa ikut maasuk ke dalam pengalaman yang lebih seru dengan konsep visual yang menarik.

Konten-konten 2D atau 3D tadi mencakup gambar atau video dari bagian teks atau dalam seluruh halaman. Masing-masing konten dapat dipindai menggunakan smartphone atau tablet. Lalu, animasi 3D makhluk laut, mesin uap, atau peta akakn diproyeksikan ke lingkungan nyata, atau tepatnya di tempat kamu berada.

Cara Kerja Buku Augmented Reality

Cara Kerja Buku Augmented Reality - WonderVerse Indonesia

Buku augmented reality dapat diakses dengan smartphone atau tablet - WonderVerse Indonesia

Buku augmented reality memungkinkan interaksi dengan model virtual. Buku augmented reality dapat bekerja berkat pemindaian cepat agar obyek tampak berukuran penuh di depan mata kita. Perangkat yang digunakan untuk memindai bagian yang ditentukan dan aplikasi pun akan memulai proyeksi dari obyek tersebut.

Buku augmented reality memiliki aplikasi yang menarik dan tepat untuk segala usia. Nah, agar konten AR ini masuk ke dalam sebuah buku diperlukan perangkat lunak AR berbasis penanda. Halaman buku atau gambar akan didefinisikan sebagai penanda sebagai pemicu yang dapat dipindai dan mengaktifkan proyeksi.

Cara kerja buku augmented reality ini memungkinkan halaman buku biasa bisa muncul sebagai penandanya. Sementara dalam proses pencetakannya, kamu bisaa menentukan konten mana yang akan diproyeksikan menjadi model 3D, animasi, foto, video, atau materi audio dan terintegrasi dengan konten piihan untuk buku augmented reality.

Kontrol intuitif membuat teknologi dapat diakses oleh pembaca dari segala usia. Aplikasi augmented reality membuat pembaca tidak memerlukan headset VR atau peralatan khusus lainnya, hanya butuh pemindai dari smartphone atau tablet saja.

Manfaat Buku Augmented Reality

Manfaat Buku Augmented Reality - WonderVerse Indonesia

Buku augmented reality dapat membantu belajar lebih cepat dan seru - WonderVerse Indonesia

Terdapat beberapa manfaat yang sangat besar dari memiliki atau membuat buku augmented reality. Beberapa manfaat dari teknologi yang unik dan edukatif ini antara lain dapat memikat pembaca, meningkatkan proses pembelajaran, hingga menyajikan konsep-konsep kompleks dengan cara yang mudah dimengerti.

Manfaat lainnya seperti meningkatkan motivasi dalam belajar dan membaca serta memperluas persepsi dan isinya tetap tersimpan lebih lama dalam ingatan. Di samping itu, model dan animasi 3D mengintensifkan pengalaman buku. Pasalnya, pembaca dapat berinteraksi dengan konten yang bisaa membuat kamu hanyut dalam dunia fantasi. 

Konsep atau proses yang rumit pun dapat disajikan dengan jelas melalui objek 3D animasi atau rangkaian video. Elemen gamifikasi menawarkan opsi yang tak terhitung jumlahnya untuk menjadikan pengalaman lebih bertahan lama. Beberapa contohnya seperti kuis, teka-teki, dan lain-lain yang sangat menarik untuk materi pendidikan dan menghidupkan dunia fiksi.

Contoh Buku Augmented Reality

Contoh Buku Augmented Reality - Wonderverse Indonesia

Buku augmented reality dapat diterapkan pada buku anak hingga ensiklopedia - Wonderverse Indonesia

Berikut ini adalah sejumlah contoh buku augmented reality yang ternyata dapat diterapkan ke beberapa buku, antara lain:

  • Buku pelajaran anak

    Buku augmented reality akan membantu anak-anak dari usia balita hingga usia sekolah dasar untuk belajar dengan lebih cepat. Peragaan visual 2D atau 3D dari sebuah buku pelajaran bisa dengan mudah dijelaskan, dipahami, bahkan diingat.

  • Buku cerita anak

    Buku augmented reality juga dapat diterapkan untuk buku cerita anak. Visualisasi yang ditampilkan untuk beragam cerita dapat menstimulasi imajinasi anak-anak usia balita. 

    Teknologi AR yang diintegrasikan ke dalam aplikasi khusus juga memungkinkan anak-anak memilih buku petualangan dan bertualang sendiri.

  • Fiksi remaja

    Buku augmented reality untuk fiksi remaja bisa membawa pembaca menuju latar tempat yang dimaksud dalam fiksi tersebut. Kamu bisa mendapatkan gambaran secara mendetail tentang suasana di tempat tersebut sambil mengikuti petualangan si tokoh utama dalam cerita tersebut.

  • Panduan perjalanan

    Buku augmented reality juga dapat diterapkan pada literatur atau panduan perjalanan. Visualisasi 2D atau 3D-nya juga dapat memberikan gambaran tentang kota atau negara. 

    Buku AR juga dapat memberikan beragam informasi terkait seputar budaya, destinasi wisata alam, festival, tempat yang harus dikunjungi, dan banyak lagi.

  • Atlas

    Buku augmented reality juga dapat diterapkan untuk atlas yang akan membawa kamu mempelajari berbagai wilayah di dunia ini. Beberapa hal yang bisa kamu pelajari seperti model 3D untuk gunung, sungai, hutan, pulau, benua, topografi, dan seterusnya. Kamu juga bisa belajar lebih banyak dengan visualisasi untuk sirkulasi angin maupun arus air.

  • Ensiklopedia

    Buku augmented reality tentu dapat diterapkan untuk ensiklopedia, dan ini bisa menjadi cara paling seru untuk belajar. Augmented reality dapat memberikan daya tarik baru pada format buku ini. 

    Proyeksi AR memungkinkan kamu masuk ke dalam lingkungan yang dideskripsikan untuk sebuah obyek. Kamu juga bisa mendapat visualisasi pengoperasian mesin dan lain-lain.

  • Buku tentang tokoh-tokoh dunia

    Tokoh-tokoh sejarah dan tokoh-tokoh dunia juga dapat dihidupkan kembali dari zamannya. Kamu bisa belajar dengan seru para penemu-penemu penting di dunia, tokoh-tokoh penting dalam sebuah negara atau sejarah dunia, dan banyak lagi.

  • Buku kedokteran

    Buku augmented reality juga dapat diterapkan untuk buku kedokteran agar proses dan struktur anatomi yang kompleks dapat divisualisasikan dan diproyeksikan sehingga lebih mudah dipelajari. Organ-organ juga dapat ditampilkan atau membuat simulasi dalam keadaan sehat atau sakit.

    Animasinya juga bisa dibuat untuk menunjukkan gerakan-gerakan penting dalam sebuah pemeriksaan atau operasi. Pelajar bisa lebih mudah mendapatkan pengetahuan berdasarkan obyek 3D, video, animasi, atau materi audio lainnya.

Selain buku-buku di atas, buku augmented reality juga dapat diterapkan untuk buku teknik, majalah, koran, brosur mobil, dan lain-lain. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan informasi menarik mengenai teknologi dan budaya Indonesia bersama WonderVerse Indonesia.

WonderVerse Indonesia adalah platform yang menyediakan pengalaman virtual untuk melihat kebudayaan dan keindahan Indonesia. Bersama WonderVerse Indonesia, kamu bisa menjelajah alam Indonesia dan melihat ragam hewan khas Indonesia, mengenal beragam budaya dan pakaian adat Indonesia, hingga membeli makanan dan souvenir khas Indonesia.

Enggak cukup sampai di situ, di WonderVerse Indonesia kamu juga bisa merasakan pengalaman melihat alam Bali, Wakatobi, hingga Raja Ampat secara 360 dengan menggunakan VR! Kamu juga bisa menonton konser band atau penyanyi kesukaan kamu tanpa harus keluar rumah. Menarik ya? Yuk, coba sensasi jelajah Indonesia dan keseruan lainnya secara virtual di WonderVerse Indonesia sekarang!

news highlight