Komunitas Gamer Indonesia dan Prestasi Gemilang Arena Esport

Komunitas gamer Indonesia umumnya dibentuk seiring minat yang cukup besar dari kalangan gamers di tanah air terhadap esport. Seperti diketahui, esport menjadi salah satu permainan yang diminati banyak orang, di Indonesia dan dunia. Maka, tak heran kalau komunitas gamer Indonesia akan terus bermunculan.

Sejumlah komunitas gamer Indonesia yang biasa disebut tim esport ini telah menunjukkan berbagai prestasi di bidang tersebut. Kamu bisa simak deretan komunitas gamer Indonesia dalam artikel ini termasuk deretan game yang biasanya dimainkan dalam turnamen esport.

11 Besar Komunitas Gamer Indonesia

10 Besar Komunitas Gamer Indonesia - WonderVerse Indonesia

Komunitas gamer Indonesia dibentuk seiring berkembangnya peminat esport - WonderVerse Indonesia

Industri esport mulai dikenal sejak 2012 lalu dan terus mengalami perkembangan hingga detik ini. Antusiasme gamer pun terus bertambah sejak awal kemunculannya seiring game yang semakin populer, mulai dari Mobile Legends, PUBG, Free Fire, DOTA, dan banyak lagi.

Nah, bersama dengan peminat yang terus bertambah, beberapa orang dari berbagai wilayah di tanah air pun berkumpul dan membentuk komunitas gamer Indonesia, yang biasa disebut tim esport. Mereka semua bergabung atas dasar kecintaan yang sama, yaitu memainkan berbagai game seru hingga mengikuti turnamen esport tingkat nasional maupun dunia.

Beberapa turnamen esport pun digelar untuk mengakomodasi potensi dari masing-masing komunitas gamer Indonesia. Berkat turnamen esport itu, sejumlah komunitas gamer Indonesia juga semakin dikenal karena segudang prestasinya memenangkan berbagai turnamen dalam dan luar negeri. Kamu bisa simak 10 besar komunitas gamer Indonesia berikut ini:

  • EVOS Esports

    EVOS Esports merupakan komunitas gamer Indonesia yang cukup terkenal. Tim esport ini dikenal sebagai salah satu tim terbaik dengan divisi yang cukup lengkap untuk beberapa game seperti Free Fire, PUBG Mobile, Arena of Valor (AoV), dan Wild Rift.

  • Louvre Esports

    Selanjutnya adalah Louvre Esports, komunitas gamer Indonesia yang kerap mencatatkan prestasi untuk game Valorant. Louvre Esport sering membawa pulang piala juara satu di berbagai turnamen nasional maupun internasional. Mereka selalu muncul dengan strategi luar biasa untuk mengalahkan lawannya.

  • RRQ

    RRQ adalah singkatan untuk Rex Regum Qeon, salah satu komunitas gamer Indonesia terbaik di Indonesia. RRQ muncul sebagai tim esport dengan pendukung terbanyak bersama EVOS Esport dan ONIC Esport. 

    Mereka juga memiliki divisi lengkap untuk beberapa game seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Valorant. RRQ tercatat pernah merajai MPL ID Season 9 di tahun 2022 lalu. Di tahun 2023 ini, RRQ juga telah menjadi juara pada turnamen M4 World Championship.

  • ONIC Esports

    Salah satu komunitas gamer Indonesia terbaik selanjutnya adalah ONIC Esport. Tim esport ini termasuk salah satu tim yang berprestasi, misalnya pada turnamen Mobile Legends serta juara padda gelaran MPL ID Season 3, Season 8, Seasonn 10, dan Season 11.

    Turnamen Mobile LLegends tingkat internasional pun pernah mereka menangi, terutama pada turnamen Mobile Legends Bang Bang Souteast Asia Cup 2019. Yang terbaru adalah menjadi pemenang untuk turnamen Mobile Legends Bang Bang 2023 setelah mengalahkan tim Blacklist International asal Filipina.

  • Alter Ego Pro Team

    Tim esport terbaik selanjutnya bernama Alter Ego Pro Team yang telah menjadi juara di sejumlah turnamen. Komunitas gamer Indonesia ini bahkan disebut-sebut sebagai salah satu tim terkuat di dunia untuk game Free Fire. Tim ini memiliki pemain tunggal serta kerja sama tim yang baik hinga menjadi salah satu tim terbaik di Indonesia.

  • Geek Fam

    Geek Fam merupakan komunitas gamer Indonesia selanjutnya yang berbasis di Indonesia dan Malaysia. Kesuksesan tim ini telah dibuktikan lewat berbagai turnamen tingkat Asia Tenggara untuk game DOTA 2, Mobile Legends, dan PUBG Mobile.

  • Bigetron Esports

    Komunitas gamer Indonesia berikutnya bernama Bigetron Esport yang juga mendulang ssuksees di tingkat internasional. Bigetron Esport pernah tampil dengan mengesankan dan menjadi juara dunia untuk game PUBG Mobile tahun 2019 lalu. Tim ini begitu solid, kompak, dan kerja sama tim yang baik, taktis, dan kuat.

  • Boom Esports

    Komunitas gamer Indonesia yang cukup terkenal berikutnya adalah Boom Esports. Tim yang sedang naik daun ini dikenal karena ketangguhanya untuk beberapa game PC, mulai dari Counter Strike: Global Offensive (CS:GO) serta DOTA 2. 

    Tim ini konsisten dan fokus pada permainan di game PC. Sementara prestasi tingkat internasionalnya pernah tercatat setelah memenangkan ESL SEA Championship 2020 lalu.

  • Aerowolf

    Aerowolf juga bisa dicatatkan sebagai komunitas gamer Indonesia yang terkenal karena konsistensi mereka untuk adu strategi dalam game yang dimainkan. Tim ini selalu sukses bikin tim lawan kerepotan. 

    Meskipun nama mereka belum sebesar tim-tim esport di atas. Tim ini pernah mengikuti turnamen PUBG Southeast Asia Championship 2019 dan PUBG Mobile Pro League Southeast Asia.

  • Aura Esports

    AURA Esports menjadi salah satu tim esport yang dikenal karena kemampuan luar biasa para roster PUBG. Salah satu komunitas gamer Indonesia yang terbaik ini muncul sebagai tim yang juga sukses bikin lawan kewalahan dalam keikutsertaan mereka di PMPL ID.

  • PG Barrackx

    Berikutnya adalah PC Barracx, komunitas gamer Indonesia yang memang belum memiliki nama besar, namun telah menorehkan prestasi luar biasa. Kesuksesan tim ini dibuktikan setelah berhasil mencuri perhatian publik esports ketika menjadi perwakilan DOTA 2 Indonesia di Asia Tenggara.

5 Game Utama dalam Turnamen Esport

Game Utama Turnamen Esport - WonderVerse Indonesia

Komunitas gamer Indonesia telah unjuk gigi di beragam turnamen dunia - WonderVerse Indonesia

Jika di atas telah membahas deretan komunitas gamer Indonesia, maka berikut ini adalah deretan game yang biasa dimainkan berbagai komunitas gamer Indonesia dan dunia:

  • Mobile Legends

    Sejumlah komunitas gamer Indonesia telah berlatih bersama, bertarung, dan memenangkan game bernama Mobile Legends ini. Beberapa turnamen Mobile Legends yang cukup populer seperti Mobile Legends World Championship (M1, M2) dan MPL (Mobile Legends Professional League).

    Game ini merupakan mobile game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) yang sangat populer dalam dunia esport. Permainan ini mengajak tim yang bermain untuk menghancurkan turrent lawan menggunakan bantuan hero yang unik. Kalau kamu gamer, kamu pasti enggak asing dengan game ini, deh.

  • PUBG

    Selanjutnya adalah PUBG yang merupakan singkatan untuk Player Unknown’s Battlegrounds. Ini juga termasuk game yang digemari oleh berbagai komunitas gamer Indonesia dan dunia. Kamu juga pasti tak asing lagi dengan game ini, kan?

    PUBG adalah battle royale game yang mengajak para pemainnya bertarung dalam pertempuran bebas untuk menyisakan satu pemain atau tim saja. PUBG biasanya digelar dalam kompetisi berformat tim, termasuk turnamen besar seperti PUBG Global Championship dan PUBG Mobile World League.

  • DOTA 2

    DOTA 2 juga masuk dalam daftar game yang digemari oleh komunintas gamer Indonesia. Game MOBA ini memiliki mekanisme permainan untuk menghancurkan Ancient lawan dengan bantuan hero yang memilliki kemampuan unik. 

    DOTA 2 adalah permainan yang cukup kompleks serta memiliki basis komunitas esport yang kuat di dunia. Turnamen tahunan untuk DOTA 2 bertajuk The International adalah salah satu turnamen esport terbesar dan bergengsi di dunia dengan hadiah uang yang besar pula.

  • CS:GO

    CS:GO atau Counter-Strike: Global Offensive menampilkan pertarungan antara tim teroris dan pasukan anti-teroris. Game first-person shooter (FPS) ini memiliki kompetisi terkenal seperti ESL One, DreamHack Masters, dan Intel Extreme Masters yang selalu menarik pemain dan penonton dari seluruh dunia.

  • Valorant

    Komunitas gamer Indonesia juga bermain Valorant, game first-person shooter taktis dari developer Riot Games. Dalam game ini, dua tim akan berusaha menyelesaikan tujuan tertentu dengan menggunakan berbagai karakter yang memiliki kemampuan unik. Liga utama untuk Valorant bernama Valorant Champions Tour.

Untuk bergabung dengan deretan komunitas gamer Indonesia terbaik tadi, kamu mesti punya skill, strategi yang bagus, dan terbiasa untuk kerja sama tim dengan baik. Kamu pun bisa mendapatkan informasi seputar dunia game, metaverse, atau budaya Indonesia lainnya bersama WonderVerse Indonesia.

WonderVerse Indonesia adalah platform yang menyediakan pengalaman virtual untuk melihat kebudayaan dan keindahan Indonesia. Bersama WonderVerse Indonesia, kamu bisa menjelajah alam Indonesia dan melihat ragam hewan khas Indonesia, mengenal beragam budaya dan pakaian adat Indonesia, hingga membeli makanan dan souvenir khas Indonesia.

Enggak cukup sampai di situ, di WonderVerse Indonesia kamu juga bisa merasakan pengalaman melihat alam Bali, Wakatobi, hingga Raja Ampat secara 360 dengan menggunakan VR! Kamu juga bisa menonton konser band atau penyanyi kesukaan kamu tanpa harus keluar rumah. Menarik ya? Yuk, coba sensasi jelajah Indonesia dan keseruan lainnya secara virtual di WonderVerse Indonesia sekarang!

news highlight