11 Pantai di Padang Paling Hits dan Terkenal Keindahannya

Pantai di Padang memang tidak sepopuler atau terkenal seperti pantai-pantai di Bali. Tetapi, pantai-pantai di Padang memiliki pesona keindahan tersendiri. Oleh karena itu, kamu bisa mengunjungi salah satu pantai di Padang atau di Sumatra Barat sambil berlibur dan menikmati beragam keindahan dan keunikan di provinsi tersebut.

Simak keunikan pantai serta rekomendasi pantai di Padang yang hits dalam artikel ini. Selain membawa pulang oleh-oleh khas Sumatra Barat, kamu juga bisa membawa pengalaman dan cerita tak terlupakan saat mengunjungi pantai-pantai di Padang dan Sumatra Barat lainnya.

Keindahan Pantai di Padang

Keindahan Pantai di Padang - WonderVerse Indonesia

Pantai di Padang begitu indah dengan air laut biru jernih - WonderVerse Indonesia

Provinsi Sumatra Barat terkenal akan beragam makanan yang lezat seperti rendang atau dendeng baladonya yang terkenal. Tapi enggak cuma itu, bentang alam di provinsi ini begitu luar biasa menakjubkan dan berpadu dengan kebudayaan serta tradisi Minangkabau yang kuat.

Salah satu bentang alam yang bisa kamu jelajahi jika berkunjung ke provinsi ini adalah deretan pantai di Padang dan di wilayah lainnya di Sumatra Barat. Panoramanya begitu indah dan menyimpan kekayaan laut yang melimpah.

Secara umum, pantai-pantai di Padang adalah pantai landai berpasir putih. Kamu akan menemukan kondisi ini di berbagai pantai dari utara hingga selatan pesisir provinsi tersebut. Kamu juga akan menemukan dataran pantai yang cukup luas dan di sebagian wilayah memiliki batu-batuan besar. 

Sementara air lautnya rata-rata biru jernih dan terdapat vegetasi penutup di area pantai seperti pohon kelapa, cemara, atau ketapan yang membuat pantai lebih teduh di siang hari. Semua pantai di Padang ini akan menyambut liburan kamu, karena fasilitas di area pantai di Padang sendiri juga sudah cukup memadai.

Penasaran? Kamu bisa langsung simak daftar pantai di Padang yang hits berikut ini.

11 Pantai di Padang yang Hits

Pantai di Padang yang Hits - WonderVerse Indonesia

Pantai di Padang umumnya berpasir putih dan ombaknya tenang - WonderVerse Indonesia

1. Pantai Padang

Pantai di Padang ini tentunya berada di pusat Kota Padang. Akses menuju Pantai Padang ini juga cukup mudah. Pantai Padang sendiri memiliki perbedaan dengan pantai-pantai di Padang lainnya karena kawasan pantai juga telah mendapat sentuhan pembangunan yang lebih modern.

Di Pantai Padang, kamu bisa menemukan pusat kuliner, area parkir, taman, dan fasilitas penunjang lainnya. Kamu juga bisa melihat panorama Pantai Padang yang indah, termasuk juga perbukitan hijau yang disebut Gunung Padang.

2. Pantai Air Manis

Nama pantai di Padang ini adalah Pantai Air Manis. Pantai ini memiliki daya tarik tersendiri, terutama karena legenda Minang yang terkenal, Malin Kundang. Kamu bisa menemukan pantai indah berpasir putih serta panorama sunset yang menakjubkan di sana.

Kamu juga bisa melihat langsung situs yang konon adalah sosok Malin Kundang yang sudah membatu karena dikutuk ibunya. Selain itu, ada juga relief yang tampak seperti pecahan kapal Malin Kundang. Legenda Malin Kundang turut menambah daya tarik Pantai Air Manis ini sehingga selalu ramai dikunjungi wisatawan.

3. Pantai Pulau Pagang

Pantai Pulau Pagang yang berlokasi di Kabupaten Pesisir Selatan merupakan pantai indah yang sebaiknya diakses dengan naik perahu terlebih dahulu. Kamu akan menemukan pantai berpasir putih, panorama indahnya, serta air laut biru jernih, serta biota laut yang alami dan terawat.

Meski cukup jauh dari area pantai di Padang, Pantai Pulau Pagang ini bisa kamu pilih untuk melakuka berbagai aktivitas, mulai dari memancing atau snorkeling. Pantai ini juga memiliki akomodasi yang memadai. Kamu juga bisa menyewa tenda untuk camping di sekitar area pantai.

4. Pantai Pulau Pasumpahan

Pantai Pulau Pasumpahan tak kalah indah dengan destinasi pantai di Padang atau Sumatra Barat lainnya. Pantai ini menyuguhkan pemandangan laut yang biru, hamparan pasir putih, batu karang yang terawat di sekelilingnya, serta deburan ombak yang tidak terlalu besar.

Kamu juga bisa melihat perbukitan hijau dari kejauhan, atau sebaliknya, melihat keindahan pantai ini dari atas bukit hijau tersebut. Pengunjung dapat menyewa perahu untuk menjelajah Pulau Pasumpahan hingga bermalam dengan menyewa tenda di sana.

5. Pantai Pulau Pamutusan

Pantai di Padang yang bagus ini bernama Pantai Pulau Pamutusan. Pantai ini masih sepi karena belum banyak diketahui orang. Keunikan dari pantai ini adalah tidak terlihat jelas ketika air laut pasang, karena air laut akan menggenangi area pantainya.

Pulau Pamutusan pun akan terlihat seperti terputus atau terbelah dua, sehingga pulau ini dinamai demikian. Tetapi, kamu bisa melakukan banyak aktiitas di sini seperti camping, menikmati keindahan matahari terbenam, pemandangan Samudra Hindia yang luas, snorkeling untuk menikmati pesona terumbu karang.

Kamu juga bisa bermain di pantai pasir putihnya. Bisa juga mendaki ke atas bukit di sekitar areea Pantai Pulau Pamutusan ini untuk menikmati keindahan pulau secara menyeluruh.

6. Pantai Pulau Kasiak

Pantai Pulau Kasiak terdapat di sebuah pulau yang masuk dalam gugusan pulau di lepas pantai Padang Pariaman. Di pantai ini, kamu akan menyaksikan langsung bentangan alami yang indah, mulai dari pasir putih, pohon kelapa, mercusuar, dan keindahan bawah laut yang wajib kamu eksplorasi.

Pantai Pulau Kasiak ini memiliki ombak yang tenang. Lokasiknya yang berada di sebuah pulau membuat pantai ini tak begitu ramai dikunjungi masyarakat. Apalagi tak ada penghuni di pulau tersebut. Tetapi kamu bisa merasakan liburan yang perfect di sini.

7. Pantai Pulau Angso Duo

Selanjutnya adalah Pantai Pulau Angso Duo yang juga perlu naik kapal penyeberangan untuk tiba di sana. Namun, setibanya di pantai ini, perjalanan kamu akan terbayar dengan keindahan hamparan pasir putih yang mengelilingnya. Air lautnya biru jernih dan ombaknya pun enggak begitu besar.

Kamu bisa menemukan ekosistem laut yang alami dan terjaga. Serunya ketika berkunjung ke pantai ini, kamu bisa menikmati berbagai aktvitas seperti berenang, snorkeling, ada banana boat juga, atau sekadar menikmati pemandangan laut. Ada juga penginapan di sekitar pantai ini jika kamu ingin menginap.

8. Pantai Gandoriah

Pantai Gandoriah termasuk salah satu pantai di Padang yang hits juga, nih. Nama pantai di Padang ini diambil dari cerita rakyat setempat. Pantai ini begitu populer karena pemandangan indah dari lanskap baharinya.

Kamu bisa ke pantai ini untuk selancar atau mengunjungi gugusan pulau kecil yang terletak tak jauh dari area pantai, misalnya ke Pulau Angso Duo dan Pulau Kasiak. Pantai Gandoriah juga tak begitu jauh dari pusat Kota Pariaman, jadi cukup mudah diakses.

9. Pantai Caroline

Pantai di Padang berikutnya bernama Pantai Caroline, berlokasi di kawasan Teluk Bungus. Dulunya, Pantai Caroline cukup sepi pengunjung, berbanding terbalik dengan sekarang yang selalu ramai.

Keunikan Pantai Carooline ini adalah garis pantainya yang membentuk huruf W. Kamu bisa menikmati pesona pantai yang tak jauh dari Kota Padang ini sambil menikmati sapuan ombak yang tenang. Tak heran jika pantai ini begitu digemari pengunjung.

10. Pantai Batu Kalang

Selanjutnya adalah Pantai Batu Kalang, sebuah pantai di Padang yang pesonanya tak kalah indah dengan deretan pantai di Pulau Belitung. Pantai yang berlokasi sekitar 50-an kilometer dari Kota padang ini memiliki gugusan pulau kecil, dan inilah yang menjadi salah satu daya tarik pantai ini.

Gulungan ombak yang sedang dan hamparan pasir putih adalah kombinasi yang cocok banget untuk berlibur. Kamu bakal betah berlama-lama di sana sambil menikmati pesona batu-batuan besar di sekitar pantai.

11. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana menjadi salah satu pantai di Padang yang cocok untuk para penggemar fotografi. Kenapa? Ya, tak lain karena kamu bisa menjumpai spot foto. Pantai ini adalah opsi yang tepat jika kamu ingin liburan sambil bersantai, menikmati mandi di air laut yang ombaknya cukup tenang.

Hamparan pasir putih yang halus juga akan membuat pengunjung betah berlama-lama. Keunikan lainnya, dari area Pantai Nirwana ini, kamu bisa melihat langsung kesibukan kapal-kapal di Pelabuhan Teluk Bayur yang datang dan pergi berlabuh.

Di samping itu, pastikan kamu membawa perlengkapan pantai sebelum pergi berlibur. Bawalah baju pantai dan beberapa pakaian ganti agar liburan lebih tenang dan tidak terganggu. Kamu bisa bermain pasir pantai atau bersantai sambil menikmati pemandangan jika tak ingin beraktivitas langsung di laut. Seru banget! 

Serunya lagi kamu juga bisa mengeksplorasi keunikan lainnya yang berasal dari Sumatra Barat, sambil belajar atau berjalan-jalan bersama WonderVerse Indonesia.

WonderVerse adalah platform yang menyediakan pengalaman virtual untuk melihat kebudayaan dan keindahan Indonesia. Bersama WonderVerse, kamu bisa menjelajah alam Indonesia dan melihat ragam hewan khas Indonesia, mengenal beragam budaya dan pakaian adat Indonesia, hingga membeli makanan dan souvenir khas Indonesia.

Yuk, rencanakan liburan impian kamu di Indonesia dengan menjelajahi keajaiban alam Indonesia dari universe lain dengan WondeReal Land. Untuk pengalaman yang lebih terasa, kamu bisa memainkannya dengan bantuan 360 VR. 

Melalui WondeReal, kamu bisa memesan semua akomodasi mulai dari tiket pesawat, wisata, hingga transportasi lokal harian. Penasaran seperti apa? Yuk, kunjungi WonderVerse Indonesia Indonesia di halaman ini!

news highlight