11 Alat Musik Tradisional Jawa Barat yang Unik dan Syahdu

Kamu bisa menemukan kekayaan budaya yang beragam di Provinsi Jawa Barat. Kamu bisa melihat beragam jenis tarian, ragam jenis kuliner yang lezat, sejumlah destinasi wisata menarik, termasuk juga dalam hal seni musiknya lewat alat musik tradisional Jawa Barat.

Kamu bisa simak beberapa alat musik tradisional Jawa Barat dalam artikel berikut ini untuk memperkaya wawasan kamu tentang keanekaragaman budaya di Indonesia.

11 Alat Musik Tradisional Jawa Barat, Suara Unik dari Tanah Sunda

Karinding, Alat Musik Tradisional Jawa Barat - WonderVerse Indonesia

Karinding, alat musik tradisional Jawa Barat masih dimainkan hingga sekarang - WonderVerse Indonesia

Alat musik tradisional Jawa Barat merupakan salah satu kekayaan budaya dari Tanah Sunda. Alat musik tradisional Jawa Barat sendiri terbuat dari berbagai macam bahan, mulai dari bambu, kayu, maupun kulit dan dimainkan dengan berbagai macam cara, seperti dipukul, digesek, ditiup, dan dipetik. Daftar alat musik tradisional Jawa Barat antara lain:

1. Angklung

Alat musik tradisional Jawa Barat ini sudah cukup terkenal di dunia. Angklung sendiri merupakan alat musik yang terbuat dari bambu dan dimainkan dengan dengan cara digoyangkan untuk memunculkan bunyi. 

Bunyi itu dihasilkan dari benturan bambu yang menghasilkan nada. Angklung telah diakui dan terdaftar sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia dari UNESCO sejak 2010.

2. Karinding

Alat musik tradisional Jawa Barat selanjutnya adalah karinding. Ini merupakan salah satu alat musik kuno yang berasal dari Tasikmalaya. Dinamakan Karinding karena bentuknya tampak seperti serangga yang biasa dikenal bernama kakarindingan. 

Dari situlah, masyarakat Sunda berpikir bahwa jika ada kakarindingan, maka ada karinding. Pada zaman dulu, karinding dibawakan para petani guna mengusir hama yang ada di sawah. Kini, karinding biasa dibawakan dalam acara-acara adat Sunda.

3. Jentreng

Alat musik tradisional Jawa Barat selanjutnya adalah jentreng. Alat musik ini sekilas mirip dengan kacapi, tetapi jentreng terbuat dari kayu kenanga atau kayu nangka. Jentreng dimainkan dengan cara dipetik. Jentreng dimainkan untuk mengiringi pantun Sunda dan kesenian lainnya bersama dengan tarawangsa.

4. Kendang

Kendang, alat musik tradisional Jawa Barat berikutnya yang memiliki suara khas. Kendang terbuat dari kayu pohon nangka atau kelapa yang dilengkapi kulit sapi atau kambing. Ketika dimainkan, kendang dipukul untuk mengatur tempo dalam instrumen musik, seni pertunjukan seperti seni tari, sinden, dan banyak lagi.

5. Kecapi

Kecapi atau kacapi, merupakan alat musik tradisional Jawa Barat. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipetik. Kecapi memiliki dua jenis, yaitu kecapi indung dan kecapi rincik. Kecapi basanya digunakan sebagai alat musik pengiring kesenian Sunda.

6. Calung

Alat musik tradisional Jawa Barat selanjutnya bernama calung, alat musik tradisional yang terbuat dari bambu. Calung berbeda dengan angklung, karena calung dimainkan dengan cara dipukul dengan alat pukulnya untuk mendapatkan nada yang berbeda-beda. Calung memiliki dua jenis, yaitu calung rantay dan calung jingjing.

7. Tarawangsa

Tarawangsa adalah alat musik tradisional Jawa Barat yang terbuat dari kayu kenanga yang dimainkan dengan cara digesek. Alat musik ini termasuk yang tertua di Tanah Sunda. Bersama jentreng, Alat musik ini juga kerap dimainkan untuk pertunjukan kesenian Sunda.

8. Rebab

Rebab merupakan alat musik tradisional Jawa Barat yang dikenal sejak abad ke-8 silam. Dulunya, alat musik ini dibawa para pedagang dari Timur Tengah yang datang ke Indonesia. Rebab berasal dari kata “rabab” yang berasal dari bahasa Persia berarti “sedih”. Karena itu, jenis lagu yang dimainkan juga sedih.

Alat musik rebab di zaman dahulu terbuat dari tembaga dan mempunyai tiga dawai atau senar. Seiring berjalannya waktu, rebab dibuat menggunakan bahan kayu berbentuk busur panah dan dimainkan dengan cara digesek. Rebab begitu terkenal di Indonesia, dan juga mmenjadi alat musik tradisional Jambi.

9. Toleat

Alat musik tradisional Jawa Barat toleat terbuat dari bambu tamiang. Alat musik ini dimainkan dengan cara ditiup seperti suling, namun nada yang dihasilkan alat musik unik ini berbeda dengan suling. Pasalnya, kedua alat musik tiup ini memiliki jumlah lubang suara yang berbeda pulang.

10. Genggong subang

Alat musik tradisional Jawa Barat genggong berasal dari daerah Subang. “Genggong” berasal dari nama rawa dan istilah ini merujuk pada nama dari kesenian rakyat, yaitu permainan berbagai macam alat musik tradisional yang dipentaskan untuk memperingati hari-hari khusus, seperti Hari Kemerdekaan RI. 

11. Jengglong

Alat musik tradisional Jawa Barat berikutnya adalah jengglong, instrumen musik yang mempunyai fungsi sebagai pencipta nada dasar maupun kerangka lagu pada kesenian gamelan. Alat musik tradisional ini dibuat dengan material dasar perunggu, besi, atau kuningan.

Jengglong adalah alat musik pukul yang alat pukulnya adalah kayu yang dillilitkan dengan kain wol. Alat pemukul jengglong juga menggunakan karet yang diikatkan di ujung alat pukul berbentuk bulatan. Tujuannya adalah agar suara yang dihasilkan enak didengar dan tidak terlalu kasar.

Deretan alat musik tradisional Jawa Barat ini masih dimainkan oleh para seniman dan musisi Sunda dalam pertunjukan budaya Sunda. Suara yang dihasilkan bisa syahdu dan enerjik untuk mengiringi tarian-tarian tertentu. Kamu bisa melihat ragam alat musik tradisional ini beserta kebudayaan dari Jawa Barat lainnya di WonderVerse Indonesia.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui dalam beragam jenis rumah adat Sulawesi Selatan. Nilai-nilai luhur tersebut masih dipertahankan hingga sekarang dan menjadi identitas masing-masing suku di provinsi tersebut. Kamu pun bisa melihat langsung di Sulsel atau mmencari tahu lebih jauh bersama WonderVerse Indonesia.

WonderVerse adalah platform yang menyediakan pengalaman virtual untuk melihat kebudayaan dan keindahan Indonesia. Bersama WonderVerse, kamu bisa menjelajah alam Indonesia dan melihat ragam hewan khas Indonesia, mengenal beragam budaya dan pakaian adat Indonesia, hingga membeli makanan dan souvenir khas Indonesia.

Yuk, rencanakan liburan impian kamu di Indonesia dengan menjelajahi keajaiban alam Indonesia dari universe lain dengan WondeReal Land. Untuk pengalaman yang lebih terasa, kamu bisa memainkannya dengan bantuan 360 VR. 

Melalui WondeReal, kamu bisa memesan semua akomodasi mulai dari tiket pesawat, wisata, hingga transportasi lokal harian. Penasaran seperti apa? Yuk, kunjungi WonderVerse Indonesia Indonesia di halaman ini!

news highlight