Ciri-ciri Harimau Sumatera, Kucing Besar yang Terancam Punah

Harimau sumatera adalah jenis kucing besar yang hidup di sebagian wilayah Pulau Sumatera. Salah satu hewan karnivora terbesar di Sumatera dengan nama subspesies Panthera tigris sumatrae ini memiliki tubuh yang besar, kuat dan fleksibel. Kamu bisa simak ciri-ciri harimau sumatera dan beragam kemampuan uniknya di sini.

Ciri-ciri Harimau Sumatera dan Keunikannya

Ciri Khas Harimau Sumatera dan Keunikannya - WonderVerse Indonesia

Harimau sumatera ternyata jago berenang dan suka berendam - WonderVerse Indonesia

Berdasarkan catatan sejarah, Indonesia memiliki tiga jenis harimau, yaitu harimau sumatera, harimau jawa, dan harimau bali. Namun, harimau bali dinyatakan punah pada tahun 1940 silam. Harimau jawa menyusul kepunahan harimau bali pada dekade 1980-an silam.

Kini, harimau sumatera tercatat masih hidup di semua lanskap hutan di Pulau Sumatera. Kamu bisa mengenali ciri-ciri harimau sumatera dan segala keunikannya berikut ini:

  • Masuk dalam keluarga kucing

    Harimau sumatera masuk dalam keluaga kucing, sehingga hewan ini dijuluki kucing sumatera. Harimau sumatera masuk ke dalam rumpun yang sama dengan kucing. Bedanya, harimau sumatera memiliki pupil mata bulat, dan tidak seperti kucing pada umumnya.

  • Warna bulu

    Warna bulu harimau sumatera begitu khas, yaitu dominasi warna jingga kekuningan dengan garis-garis hitam vertikal yang lebar di seluruh tubuhnya. Corak wajah hewan ini juga khas. Ada sepasang garis hitam yang membentang dari mata hingga ke dagu. Garis itu diapit oleh dua garis putih sehingga bisa dengan mudah dikenali.

  • Suara auman

    Harimau sumatera adalah hewan yang bisa mengaum. Tapi jangan kaget jika auman hewan ini begitu keras dan bahkan aumannya bisa terdengar sejauh 3 kilometer dari lokasinya.

  • Pengllihatan tajam

    Harimau sumatera dianugerai kemampuan penciuman yang sangat tajam serta penglihatan yang luar biasa. Penglihatan anggota keluarga kucing ini bahkan enam kali lebih tajam dari penglihatan manusia.

  • Kesabaran yang tinggi

    Kucing sumatera yang satu ini dikenal memiliki kesabaran yang tinggi. Harimau sumatera bisa menanti kehadiran mangsanya dengan sangat sabar dan dalam waktu yang lama.

  • Cakar sangat kuat

    Cakar harimau sumatera juga sangat kuat untuk mencabik dan melumpuhkan mangsanya setelah diterkam. Cakar hewan buas ini juga dipercaya bisa menghancurkan tengkorak beruang sekalipun.

  • Bisa berenang sangat jauh

    Tidak seperti kucing, harimau sumatera ternyata enggak takut air dan bisa berenang! Harimau sumatera memiliki selaput tipis di sela-sela jarinya. Selaput itu membantu badannya berenang dengan jarak tempuh mencapai puluhan kilometer.

  • Hobinya berendam

    Harimau sumatera tentunya bukan binatang air atau amfibi. Namun, harimau sumatera punya hobi unik, yaitu berendam di dalam air. Dia bisa berendam atau sekadar berdiam diri di tepian sungai dalam waktu yang cukup lama untuk mendinginkan tubuhnya.

  • Lompatan jauh

    Seperti halnya kucing, harimau sumatera juga memiliki kemampuan melompat yang hebat. Tubuhnya yang relatif kecil mendukung satwa ini melompat tinggi hingga mencapai ketinggian 5 meter atau sejauh 6 meter dalam sekali lompatan.

  • Self-healing

    Di balik itu, kemampuan unik yang luar biasa dari harimau sumatera adalah air liurnya. Ternyata air liur harimau sumatera mengandung berbagai zat antiseptik yang mampu untuk menyembuhkan luka. Karena itu, hewan ini bisa melakukan self-healing dengan baik dan pulih cepat.

  • Hidup sejak jutaan tahun silam

    Harimau sumatera ternyata adalah satwa yang sudah hidup jutaan tahun lalu. Fosil tertua harimau sumatera yang berhasil ditemukan berusia 2 juta tahun.

Perbedaan Harimau Sumatera dan Harimau Jawa

Harimau sumatera memiliki beberapa perbedaan dengan harimau jawa - WonderVerse Indonesia

Meskipun memiliki tampilan yang serupa, harimau sumatera ternyata memilliki perbedaan dengan harimau jawa. Perbedaannya tentu lebih dari sekadar habitat mereka yang berbeda pulau, ya. Kamu bisa simak perbedaan kedua hewan dari keluarga kucing berikut:

  • Harimau jawa

    Harimau jawa tergolong jenis harimau bertubuh kecil jika dibandingkan dengan harimau lain yang berasal dari Asia. Harimau jawa memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari harimau bali, namun secara umum memiliki besar yang hampir sama dengan harimau sumatera.

    Hewan dengan subspesies Panthera tigris sondaica ini memiliki berat antara 100-140 kilogram untuk yang jantan. Sementara betinanya memiliki berat antara 75-115 kilogram. Panjang dari kepala hingga ekor untuk pejantannya antara 200-245 sentimeter, dan betinanya sedikit lebih kecil dari pejatannya.

    Harimau jawa tercatat sebagai penghuni hutan-hutan dataran rendah di Pulau Jawa. Wilayah jelajahnya tidak lebih dari ketinggian 1.200 mdpl. Harimau jawa bisa saja berkeliaran hingga ke kebun-kebun pertanian di sekitar perdesaan. Di masa ketika hewan ini cukup banyak, harimau jawa dianggap sebagai hama dan banyak diburu atau diracun.

  • Harimau sumatera

    Nah, perbedaan harimau sumatera dan harimau jawa bisa dilihat dari ciri-ciri tubuhnya. Harimau sumatera memiliki panjang tubuh kurang lebih 240 sentimeter dengan tinggi 60 sentimeter dan berat sekitar 120 kilogram. Ukuran panjang tubuh harimau sumatera betina kurang lebih 220 sentimeter dengan tinggi 60 sentimeter dan berat tubuh 90 kilogram.

    Harimau sumatera memiliki warna dominan bulu yang berwarna oranye dan cenderung paling gelap dibandingkan dengan harimau dari Asia lainnya. Corak garis hitam tersebut berfungsi untuk membedakan individu. Selain itu, bulu juga berfungsi untuk penyamaran, kehangatan, dan perlindungan diri.

Habitat dan Makanan Harimau Sumatera

Habitat dan Makanan Harimau Sumatera - WonderVerse Indonesia

Harimau sumatera memiliki habitat di wilayah pegunungan - WonderVerse Indonesia

Harimau sumatera umumnya dijumpai pada kawasan hutan di ketinggian hingga 2.000 mdpl. Habitat favoritnya adalah hutan hujan tropis, mulai dari hutan rawa, hutan bersungai, semak belukar, padang rumput, hingga alang-alang. Hutan seperti itulah yang dapat memenuhi kebutuhan makan, perlindungan, sekaligus tempat berkembangbiak.

Harimau sumatera adalah jenis hewan yang biasanya mencari makan saat pagi dan senja. Mangsa harimau sumatera sebenarnya lumayan beragam, mulai dari rusa dan babi hutan. Ketika mencari makan, harimau akan mengintai, mengendap, melompat, menyergap, dan mematikan mangsanya dengan kakinya yang pendek tapi kokoh. 

Kekuatan utama harimau secara umum adalah tenaganya yang besar, sehingga bisa berlari jauh dalam waktu lama. Harimau jantan bahkan sanggup menjelajah tiga kali lebih jauh dibanding harimau betina. Kekuatan ini didukung dengan mata harimau yang dapat berpendar saat gelap. Kumis di area mulutnya digunakan untuk navigasi dalam kondisi gelap.

Sementara telapaknya yang tebal dan lebar juga dapat membuat harimau mampu berjalan senyap sebelum mengejar hingga menerkam mangsanya. Harimau bahkan dapat mendeteksi keadaan di sekelilingnya berkat lima bagian tubuh yang bekerja seperti sensor.

Sebagai hewan yang soliter, harimau sumatera memiliki area teritori yang dipertahankan sebagai sarang dan tempat untuk tidur. Harimau akan meninggalkan tanda sebagai teritorinya dengan cakaran, bau urin, atau fesesnya. 

Harimau umumnya senang menjelajah untuk memenuhi kehidupannya. Namun, jangkauannya tergantung kemampuan tubuhnya, ketersediaan kebutuhan hidup, dan tipe habitat yang ditinggali. Meskipun mudah beradaptasi di berbagai habitat, habitat harimau sumatera mulai hilang akibat pembukaan lahan terus-menerus.

Harimau sumatera yang memiliki banyak kemampuan unik ini kini telah masuk ke dalam daftar hewan yang dilindungi. Saat ini, populasi harimau sumatera hanya sekitar 400-600 ekor saja. Jika kamu tertarik mempelajari lebih jauh, kamu bisa melihat langsung hewan yang dilindungi ini bersama WonderVerse Indonesia.

WonderVerse Indonesia adalah platform yang menyediakan pengalaman virtual untuk melihat kebudayaan dan keindahan Indonesia. Bersama WonderVerse Indonesia, kamu bisa menjelajah alam Indonesia dan melihat ragam hewan khas Indonesia, mengenal beragam budaya dan pakaian adat Indonesia, hingga membeli makanan dan souvenir khas Indonesia.

Enggak cukup sampai di situ, di WonderVerse Indonesia kamu juga bisa merasakan pengalaman melihat alam Bali, Wakatobi, hingga Raja Ampat secara 360 dengan menggunakan VR! Kamu juga bisa menonton konser band atau penyanyi kesukaan kamu tanpa harus keluar rumah. Menarik ya? Yuk, coba sensasi jelajah Indonesia dan keseruan lainnya secara virtual di WonderVerse Indonesia sekarang!

news highlight