11 Hewan Eksotis Indonesia yang Unik dan Sangat Dilindungi

Indonesia memiliki keistimewaan berupa kekayaan budaya, bahasa, hingga kekayaan alam serta panoramanya yang luar biasa mempesona. Di balik itu, terdapat sejumlah hewan yang termasuk dalam hewan eksotis, namun dicatat pula sebagai hewan yang masuk dalam kategori terancam punah dan sangat dilindungi.

Kamu bisa melihat daftar hewan-hewan eksotis dalam artikel ini, mulai dari jenis mamalia, burung, reptil, primata, dan sebagainya. Simak uraian berikut ini.

11 Hewan Eksotis Indonesia yang Amat Dilindungi

Daftar Hewan Eksotis Indonesia - WonderVerse Indonesia

Hewan eksotis Indonesia ini masuk dalam kategori amat dilindungi - WonderVerse Indonesia

Berikut ini adalah deretan hewan eksotis Indonesia yang semuanya masuk dalam kategori terancam punah dan dilindungi oleh pemerintah. Simak daftar berikut:

1. Komodo

Komodo merupakan salah satu hewan eksotis Indonesia. Hewan ini benar-benar hanya bisa ditemukan di pulau-pulau di sekitar Provinsi Nusa Tenggara Timur. Komodo pun umumnya hidup di Taman Nasional Pulau Komodo yang tersebar di Pulau Komodo, Pulau Flores, Pulau Rinca, Gili Motang, dan Gili Dasami.

Komodo merupakan jenis kadal terbesar di dunia. Hewan ini rata-rata mempunyai berat sekitar 70 kilogram dan panjang tubuh mencapai 3 meter. Hewan karnivora ini memakan hewan-hewan besar, seperti rusa, babi hutan, dan kerbau. Di dunia internasional, komodo dikenal sebagai komodo dragon.

2. Jalak bali

Selanjutnya adalah jalak bali yang tentunya berasal dari Pulau Dewata. Hewan eksotis ini adalah burung pengicau yang badannya berukuran sedang, sekitar 25 cm. Akan tetapi, jalak bali termasuk spesies yang langka dan bahkan terancam punah. Populasinya di alam liar diperkirakan hanya belasan ekor saja.

Jalak bali memiliki ciri-ciri bulu putih bersih dan ujung ekor serta sayap berwarna hitam. Jalak bali umumnya bisa dijumpai di Bali bagian barat. Jalak bali sendiri termasuk burung yang kini dilindungi karena termasuk hewan endemik yang terancam punah.

3. Badak jawa

Badak jawa termasuk dalam hewan eksotis Indonesia yang sangat dilindungi. Badak jawa adalah hewan herbivora yang memakan daun, ranting, dan buah-buahan. Badak jawa kini mendiami kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. 

Meskipun memiliki habitat sendiri, populasi badak bercula satu saat ini terus menurun dan tercatat hanya tinggal 70 ekor saja. 

4. Harimau sumatera

Indonesia memililki dua jenis harimau, yaitu harimau sumatera dan harimau bali. Hewan eksotis harimau bali sudah dinyatakan punah pada 1937 silam karena perburuan dan habitat yang terganggu. Sementara harimau sumatera masih eksis, namun jumlahnya kini diperkirakan hanya tersisa sekitar 500-an ekor saja.

Kucing besar ini merupakan hewan karnivora yang yang memakan rusa, babi hutan, dan kerbau. Hewan ini memiliki panjang sekitar 92 inci, tinggi 60 sentimeter, dan berat mencapai 140 kilogram. 

Harimau Sumatera hanya ditemukan di Pulau Sumatera, di Taman Nasional Gunung Leuser, Taman Nasional Kerinci Seblat, dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Eksistensi harimau sumatera telah terus diupayakan pemerintah meskipun jumlahnya terus menurun dari tahun ke tahun.

5. Orangutan

Orangutan adalah primata yang hanya bisa ditemukan di Indonesia, terutama di Pulau Kalimantan dan Sumatra. Orangutan adalah hewan eksotis herbivora yang memakan buah-buahan, dedaunan, dan bunga. Orangutan merupakan hewan sosial yang hidup berkelompok denga ciri khas rambut yang lebih panjang.

Spesies ini dikenal punya tingkat inteligensi dan harapan hidup yang tinggi dari keluarga primata lainnya. Orangutan mampu bertahan hidup selama 30 tahun. Konon, orangutan memiliki DNA yang mirip dengan manusia. Namun, habitat orangutan sendiri seringkali terancam.

6. Cendrawasih botak

Cendrawasih botak merupakan jenis burung yang hanya ada di Pulau Waigeo, Raja Ampat, Papua. Burung langka ini termasuk hewan eksotis yang memiliki bulu berwarna merah dan hitam. Bulu di tengkuknya berwaarna kuning dan mulut hijau terang. 

Hewan endemik Indonesia yang satu ini masuk dalam kategori terancam punah. Burung surga ini hanya bisa kamu temukan di hutan dataran rendah Pulau Waigeo dan Batanta di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

7. Kura-kura leher ular

Kura-Kura leher ular adalah hewan eksotis dari jenis kura-kura berleher panjang yang hanya bisa kamu lihat langsung di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Kura-kura leher ular ini tergolong saangat langka dan masuk dalam kategori hewan terancam punah oleh IUCN (International Union for Conservation of Nature and Natural Resources).

Papua adalah kura-kura yang hanya ditemukan di Papua. Kura-kura ini memiliki cangkang yang besar dan berwarna cerah. Kura-Kura Papua adalah hewan endemik yang terancam punah.

8. Elang flores

Burung elang flores merupakan burung pemangsa atau raptor yang keberadaannya paling terancam punah. Populasi hewan eksotis Indonesia ini tidak sampai 250 ekor. 

Elang flores dapat ditemukan di Pulau Flores, Pulau Sumbawa, Pulau Lombok, Pulau Satonda, Pulau Paloe, Pulau Komodo, dan Pulau Rinca. Burung elang flores ini biasanya menghuni hutan-hutan dataran rendah dan hutan submontana. Mereka juga bisa tinggal hingga ketinggian 1600 mdpl.

9. Tarsius

Tarsius termasuk hewan eksotis nokturnal dengan nama lain mentilin. Hewan ini berasal dari Bangka-Belitung, tetapi bisa ditemukan juga di Riau dan sebagian wilayah di Kalimantan. Tarsius memiliki ukuran kecil, antara 12-15 sentimeter. Hewan ini memiliki bulu cokelat kemerahan atau abu-abu kecokelatan.

Tarsius dijuluki primata terkecil dunia. Ciri fisiknya tarsius yang paling terkenal adalah matanya yang besar mirip burung hantu, meskipun tidak berfungsi saat siang hari. Oleh karena itu, tarsius juga disebut kera hantu.

10. Kucing merah kalimantan

Kucing merah kalimantan termasuk hewan eksotis lainnya yang memiliki ciri fisik seperti panjang 55 sentimeter, ekor 35 sentimeter, dan beratnya antara 2,3 hingga 4,5 kilogram. Kucing merah kalimantan dikenal juga sebagai borneo cat yang kini termasuk langka.

Kucing merah kalimantan memilliki bulu berwarna cokelat kemerahan atau hitam. Ekornya memiliki corak putih dengan bintik hitam di ujungnya. Kucing ini pun memiliki tubuh yang cukup ramping dan kini masuk dalam kategori spesies yang dilindungi.

11. Beruk mentawai

Hewan eksotis berikutnya adalah beruk mentawai, yaitu jenis primata dari Kepulauan Mentawai. Hewan eksotis yang satu ini disebut bokoi. Namun, populasinya saat ini makin sedikit dan masuk dalam kategori terancam punah. Monyet langka ini sering menjadi obyek penelitian ilmiah.

Beruk mentawai umumnya menghuni habitat hutan bakau, pesisir, hutan primer, hutan sekunder, hingga hutan di dekat pemukiman. Persebaran hewan ini hanya ada di Pulau Pagai Selatan, Pulau Pagai Utara, dan Pulau Sipora di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Itu dia deretan hewan-hewan eksotis Indonesia yang hingga kini menjadi kekayaan alam penting dan wajib dilestarikan keberadaannya. Pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai upaya untuk melindungi hewan-hewan ini. 

Semenjak sebagai hewan endemik dan terancam punah, kamu belum tentu bisa melihat secara langsung hewan-hewan eksotis tersebut. Namun, kamu bisa melihat kehidupan hewan-hewan eksotis tersebut sambil bertualang melihat keanekaragaman alami Indonesia dan menambah wawasan baru di WonderVerse Indonesia.

WonderVerse adalah platform yang menyediakan pengalaman virtual untuk melihat kebudayaan dan keindahan Indonesia. Bersama WonderVerse, kamu bisa menjelajah alam Indonesia dan melihat ragam hewan khas Indonesia, mengenal beragam budaya dan pakaian adat Indonesia, hingga membeli makanan dan souvenir khas Indonesia.

Yuk, rencanakan liburan impian kamu di Indonesia dengan menjelajahi keajaiban alam Indonesia dari universe lain dengan WondeReal Land. Untuk pengalaman yang lebih terasa, kamu bisa memainkannya dengan bantuan 360 VR. 

Melalui WondeReal, kamu bisa memesan semua akomodasi mulai dari tiket pesawat, wisata, hingga transportasi lokal harian. Penasaran seperti apa? Yuk, kunjungi WonderVerse Indonesia Indonesia di halaman ini!

news highlight