Graphic Design AI Hadirkan Kemudahan dan Kecepatan Mendesain

Topik terpanas beberapa waktu belakangan ini adalah kemunculan artificial intelligence (AI) di berbagai bidang, mulai dari content writing hingga graphic design atau desain grafis. Kehadiran AI dalam graphic design memang dapat membuat banyak orang bisa mendesain apa saja sesuai keinginan dalam waktu yang relatif singkat.

Jika kamu tertarik untuk menggunakan AI Graphic Design untuk desain mu, berikut adalah daftar platform dan penjelasan lengkap mengenai AI Graphic design yang perlu kamu ketahui.


Apa Itu AI Graphic Design?

AI graphic design bisa memudahkan proses mendesain - WonderVerse Indonesia


Seiring perkembangan dunia digital, AI akan masuk dan berubah menjadi bagian utama dalam hidup kita. Saat ini, AI telah berkembang lebih jauh dan telah didorong untuk masuk ke dalam berbagai lini, termasuk ke dalam bidang digital marketing, dan lebih spesifik lagi ke dalam graphic design.

Graphic design yang dimotori AI saat ini memungkinkan siapa saja menjadi desainer grafis. Tetapi bagi para desainer grafis, AI untuk graphic design ini dapat membantu mereka mengotomatisasi bagian kasar dari proses desain. Lantas, apa itu AI graphic design

AI graphic design adalah kecerdasan buatan pada desain grafis yang mengacu pada penggunaan machine learning untuk membuat grafis. AI graphic design menyajikan jalan pintas untuk mendesain pekerjaan dengan membantu seseorang yang bukan desainer grafis profesional, atau bahkan mengganti seluruhnya peran desainer grafis profesional.

Setidaknya terdapat dua jenis tools atau alat dalam AI graphic design ini, yaitu generative design tools dan AI-assisted design tools. Pada generative design tools, AI  dapat membuat gambar berdasarkan petunjuk yang diberikan pengguna dalam hitungan detik. Kamu pun bisa membuat artwork dengan cepat. 

Generative design tools menggunakan algoritma machine learning dari karya seni dan seniman, meskipun sang seniman tidak selalu memberikan izin penggunaan karyanya untuk algoritma AI.

Sementara AI-assisted design tools dapat mempercepat proses desain. Tools kecerdasan buatan ini dapat mempersingkat banyak tugas yang biasanya memakan banyak waktu dalam proses desain. AI graphic design jenis ini dapat dipergunakan untuk menampilkan skema warna atau mengembangkan ide materi desain.


8 Platform AI Terbaik untuk Graphic Design

AI graphic design memproses desain dengan cepat dan hemat - WonderVerse Indonesia


Di satu sisi, menggunakan AI graphic design bisa jadi menguntungkan, karena kamu dapat menghemat waktu, biaya, lebih efisien, serta meringankan pekerjaan desain yang seringkali menumpuk. Nah, ini dia beberapa rekomendasi platform AI graphic design yang bisa langsung kamu coba!

1. Jasper.ai

Platform AI graphic design berupa art generator ini dapat menghasilkan beragam gambar unik dalam beberapa detik. Kamu pun bisa mendapatkan resolusi gambar mencapai 2K, lho! Kamu juga bisa gunakan platform canggih ini untuk materi komersial tanpa watermark dan enggak perlu cari stok foto juga!


2. Designs.ai

Platform AI graphic design yang satu ini memang untuk mendesain. Kamu bisa membuat berbagai materi desain dari template yang tersedia. Designs.ai ini juga dilengkapi fitur yang dapat menghasilkan ide untuk materi konten pemasaran juga.


3. Adobe Sensei

Adobe Sensei adalah platform yang lebih advance, yang bisa memberikan kamu grafis dengan resolusi berkualitas tinggi sesuai dengan ukuran layar. Lewat platform AI graphic design ini, para desainer grafis pun bisa berfokus pada hal-hal yang penting selama pengerjaan materi desain.


4. Uizard

Uizard adalah platform AI graphic design selanjutnya yang akan membantu kamu membuat produk digital. Platform ini bahkan dapat berinteraksi dengan audiens seperti desain website, desain aplikasi ponsel, hingga desktop interfaces. 


5. Fronty

AI graphic design platform ini punya kelebihan yaitu bisa membuat website lebih cepat dan mudah menggunakan coding dari gambar yang kamu unggah. Layanan dari Google seperti HTM5 dan Google Analytics merupakan beberapa contoh dari kecanggihan yang dikerjakan Fronty.


6. Khroma

Platform AI graphic design berikutnya bernama Khroma dengan AI yang membantu kamu untuk memilih kombinasi warna yang tidak terbatas dalam desain yang kamu kerjakan. Khroma dapat menyediakan ribuan palet warna buatan manusia yang ada di internet.


7. AutoDraw

Seperti namanya, AutoDraw memungkinkan kamu menggambar lebih cepat dan otomatis. Platform AI graphic design ini cocok buat kamu yang belum jago menggambar. Kamu juga bisa memasang machine learning gambar dari berbagai seniman untuk memperindah gambar-gambar yang ingin kamu buat.


8. Deep Art Effects

Deep Art Effects bisa mengubah desain menjadi sebuah karya seni secara cepat. Karena itu, Deep Art Effects ini merupakan AI graphic design bisa menyulap image apa pun jadi lebih aesthetique hanya dengan sekali klik saja.

Berkat AI graphic design, kamu bisa memproses desain dengan lebih cepat, sesuai dengan keinginan kamu yang bahkan bisa membuka imajinasi ke level selanjutnya. Tapi, kamu jangan sampai ketinggalan informasi penting lainnya tentang kecanggihan teknologi terkini atau informasi yang berkaitan dengan Metaverse di WonderVerse Indonesia.

WonderVerse adalah platform yang menyediakan pengalaman virtual untuk melihat kebudayaan dan keindahan Indonesia. Bersama WonderVerse, kamu bisa menjelajah alam Indonesia dan melihat ragam hewan khas Indonesia, mengenal beragam budaya dan pakaian adat Indonesia, hingga membeli makanan dan souvenir khas Indonesia.

Enggak cukup sampai di situ, di WonderVerse Indonesia kamu juga bisa merasakan pengalaman melihat alam Bali, Wakatobi, hingga Raja Ampat secara 360 dengan menggunakan VR! Kamu juga bisa menonton konser band atau penyanyi kesukaan kamu tanpa harus keluar rumah. Menarik ya? Yuk, coba sensasi jelajah Indonesia dan keseruan lainnya secara virtual di WonderVerse Indonesia sekarang!

news highlight