Pantai Sawarna, Sejuta Pesona yang Memukau dari Banten

Pantai Sawarna yang berlokasi di Lebak, Banten, menyimpan sejuta pesona yang luar biasa. Ada beragam keunikan di pantai ini yang bisa kamu lihat dan rasakan langsung. Memiliki sejarah panjang serta mitos yang melekat kuat membuat Pantai Sawarna ini jadi jauh lebih menarik karena cerita-cerita tersendiri.

Yuk, ketahui lebih jauh mengenai keunikan, sejarah, mitos, aktivitas seru, serta lokasi dan harga tiket masuk Pantai Sawarna yang mempesona ini.

Keunikan Pantai Sawarna

Keunikan Pantai Sawarna - WonderVerse Indonesia

Pantai Sawarna memiliki sejarah panjang hingga menjadi kawasan terkenal - WonderVerse Indonesia

Pantai Sawarna adalah salah satu pantai yang unik di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Desa wisata ini belakangan sedang naik daun karena memiliki daya tarik dan banyak aneka ragam wisata.

Awal diketahuinya pantai ini adalah berkat Jean Louis van Gogh, saudara sepupu pelukis kenamaan van Gogh, yang membuka hutan belantara Tanjung Layar-Ciantir untuk dijadikan perkebunan kelapa seluas 54 hektare pada tahun 1907 silam.

Setelah lahan terbuka, kawasan ini menjadi sebuah desa seiring penduduk yang mulai berdatangan dan mendiami kawasan tersebut dan diberi nama Desa Sawarna.

Di masa kolonial Belanda silam, hutan ini dibuka bersama penduduk setempat yang kebanyakan datang dari luar Banten. Terutama dari wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur, sehingga kawasan pantai itu memiliki penduduk multietnis. Di masa silam, warga berkerja sebagai petani, perajin, pedagang, dan buruh. 

Di masa pendudukan Jepang, banyak penduduk setempat yang dijadikan romusha bahkan mati sia-sia selama pembangunan jalur kereta api Saketi Bayah. Para romusha yang selamat menetap dan tidak pernah pulang ke tempat asal mereka. Ironisnya, jalur kereta api itu kini tak difungsikan lagi.

Kawasan Pantai Sawarna ini berubah menjadi kawasan yang dijadikan destinasi wisata untuk lilburan oleh wisatawan lokal dan internasional sejak tahun 2000-an. Di balik keindahan dan pesonanya yang luar biasa menakjubkan, ternyata ada mitos yang melekat dengan Pantai Sawarna ini.

Konon, di situlah terdapat pecahan kapal yang pernah ditendang oleh Sangkuriang. Dalam legenda Sangkuriang disebutkan bahwa kapal itu dibuat sebagai syarat bagi Sangkuriang jika ingin menikahi Dayang Sumbi yang tak lain adalah ibu kandungnya karena mereka telah terpisah sangat lama.

Kisah dalam legenda itu menyebutkan bahwa Sangkuriang akhirnya mengamuk dan menendang semua peralatan membuat kapal. Kapal itu ditendang ke utara yang konon menjadi Tangkuban Perahu, dan satu lagi ditendang ke selatan yang konon menjadi kawasan yang kini dikenal menjadi Tanjung Layar.

7 Aktivitas Seru di Pantai Sawarna

Aktivitas Seru di Pantai Sawarna - WonderVerse Indonesia

Ada beragam aktivitas seru di Pantai Sawarna untuk mengisi waktu liburan - WonderVerse Indonesia

Di Pantai Sawarna, kamu bisa melakukan banyak ativitas seru, antara lain:

  • Surfing

    Aktivitas seru di Pantai Sawarna yang bisa kamu lakukan adalah bermain selancar alias surfing. Biasanya para peselancar memadati kawasan Pantai Sawarna setiap akhir pekan, terutama di Pantai Pasir Putih. Kamu bisa berselancar dengan membawa papan selancar sendiri atau bisa menyewa di rental terdekat.

  • Berenang

    Aktivitas seru di Pantai Sawarna lainnya adalah berenang, karena memang ada banyak spot untuk berenang di pantai-pantai sekitar. Terutama di Pantai Pasir Putih dan Pantai Pulo Manuk. Hindari berenang terlalu ke tengah laut agar tak terbawa arus, ikuti arahan dari penjaga pantai.

  • Mengunjungi desa wisata

    Selain wisata di Pantai Sawarna, kamu juga bisa mengunjungi desa wisata yang menarik. Lingkungan desa wisaata tersebut umumnya sangat asri, tradisional, dan adat istiadat yang masih melekat.

    Kamu akan dimanjakan dengan suasana pedesaaan dan hawa sejuknya, kerukunan warga desa, sawah yang terhampar luas, saung-saung tradisional, hingga para petani yang sedang beraktivitas. 

  • Tracking di goa

    Aktivitas yang satu ini juga tak kalah seru. Kamu bisa eksplorasi goa-goa yang berada di sekitar area Pantai Sawarna. Kamu bisa masuk ke dalam Goa Langir atau Goa Lalay untuk mendapatkan pengalaman yang seru. Ikuti arahan pemandu yang akan memandu jalan selama ekplorasi demi keamanan dan kenyamanan.

  • Menikmati pesona sunset atau sunrise

    Pantai adalah tempat yang tepat untuk menikmati momentum sunset atau sunrise. Begitu pula dengan momen sunset atau sunrise di Pantai Sawarna yang sangat memukau. Kamu bisa menikmati dua momentum yang mempesona ini jika mendapatkan penginapan di dekat area persawahan.

    Untuk menikmati suasana senja yang mempesona, kamu cukup datang ke salah satu pantai di kawasan Pantai Sawarna, karena masing-masing pantai memiliki pesona tersendiri yang begitu mempesona sambil menikmati deburan ombak.

  • Naik Bukit Cariang

    Aktivitas seru lainnya saat berlibur ke Pantai Sawarna adalah naik ke Bukit Cariang. Dari bukit ini, kamu bisa melihat Pantai Sawarna dari ketinggian. Meski begitu, Bukit Cariang ini adalah tanjakan dan bukanlah destinasi utama di Pantai Sawarna, meskipun keindahannya memang tak boleh kamu lewatkan.

    Bukit ini memang dikenal sebagai tempat beristirahat sebelum benar-benar tiba di pantai. Namun, kamu diharapkan lebih berhati-hati jika mengunjungi Bukit Cariang ini karena lalu lalang kendaraan serta tanjakan yang cukup curam.

  • Eksplorasi pantai di sekitar

    Di samping itu, kamu bisa mengunjungi deretan pantai-pantai di area Pantai Sawarna, seperti Pantai Tanjung Layar, Pantai Ciantir, Pantai Goa Langir, Pantai Karang Beureum, Pantai Legon Pari, Pantai Karang Taraje, dan banyak lagi. Masing-masing menyimpan sejuta pesona yang luar biasa memukau.

Lokasi dan Harga Tiket Pantai Sawarna

Lokasi Pantai Sawarna - WonderVerse Indonesia

Pantai Sawarna bisa ditempuh dari Jakarta dengan 5-6 jam perjalanan - WonderVerse Indonesia

Pantai Sawarna berjarak sekitar 280 kilometer jika ditempuh dari Jakarta. Perjalanan menuju pantai ini memakan waktu antara 5 hingga 6 jam perjalanan dari Jakarta. Pantai yang langsung menghadap ke Samudra Hindia ini memiliki ciri khas seperti ombak yang besaar, arus kuat, seperti halnya pantai-pantai di pesisir selatan Pulau Jawa lainnya.

Rute menuju Pantai Sawarna bisa ditempuh lewat rute Serang - Pandeglang - Saketi - Malingping - Bayah - Sawarna. Bisa juga lewat rute Serang - Rangkasbitung - Gunung Kencana - Malingping - Bayah - Sawarna. Pantai Sawarna juga bisa ditempuh dengan berkendara menuju arah Pelabuhanratu dan menuju ke Sawarna.

Jika kamu naik transportasi umum dari Jakarta, lebih baik naik kereta dan turun di Stasiun Bogor dilanjutkan naik angkot menuju Terminal Baranangsiang. Dari terminal, kamu tinggal cari bus ke arah Pelabuhan Ratu dan menempuh perjalanan selama kurang lebih 5 jam. Selanjutnya, kamu harus naik minibus jurusan Terminal Bayah.

Dari Terminal Bayah, kamu bisa menyewa ojek untuk diantar ke Desa Sawarna. Jaraknya kurang lebih 14 kilometer. Cukup seru jika kamu ingin bertualang dan mendapat pengalaman tak terlupakan.

Sementara harga tiket masuk Pantai Sawarna cukup murah. Kamu cukup membayar sebesar Rp5.000 per orang dan belum termasuk biaya parkir kendaraan. Harga tiket masuk dan parkir bisa saja berubah sewaktu-waktu, terlebih saat libur panjang. Perlu diingat bahwa di sekitar Pantai Sawarna jarang terlihat ATM, jadi pastikan bawa cukup uang tunai cukup, ya.

Itu dia beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang Pantai Sawarna di Banten. Kamu bisa datang ke sana untuk mengisi waktu liburan dengan pengalaman tak terlupakan. Dapatkan juga beragam informasi menarik lainnya tentang pantai-pantai indah di Indonesia bersama WonderVerse Indonesia.

WonderVerse adalah platform yang menyediakan pengalaman virtual untuk melihat kebudayaan dan keindahan Indonesia. Bersama WonderVerse, kamu bisa menjelajah alam Indonesia dan melihat ragam hewan khas Indonesia, mengenal beragam budaya dan pakaian adat Indonesia, hingga membeli makanan dan souvenir khas Indonesia.

Yuk, rencanakan liburan impian kamu di Indonesia dengan menjelajahi keajaiban alam Indonesia dari universe lain dengan WondeReal Land. Untuk pengalaman yang lebih terasa, kamu bisa memainkannya dengan bantuan 360 VR. 

Melalui WondeReal, kamu bisa memesan semua akomodasi mulai dari tiket pesawat, wisata, hingga transportasi lokal harian. Penasaran seperti apa? Yuk, kunjungi WonderVerse Indonesia Indonesia di halaman ini!

news highlight