11 Senjata Tradisional Aceh, Warisan Budaya Tanah Rencong

Aceh adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki beragam jenis kebudayaan. Sejak lama, budaya di Aceh kental dengan tradisi Islam dan Melayu yang menjadikan kebudayaan setempat memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri.

Salah satu warisan budaya yang penting adalah senjata tradisional Aceh. Terdapat beragam jenis senjata tradisional Aceh yang sejak zaman dahulu digunakan untuk bela diri dan senjata pertahanan diri. 

Jenis senjata tradisional Aceh yang terkenal adalah rencong, yang diyakini sebagai martabat dan landasan semangat masyarakat Aceh. Dalam artikel ini, kamu bisa mengetahui lebih banyak tentang deretan senjata tradisional Aceh lainnya.

11 Senjata Tradisional Aceh

Daftar Senjata Tradisional Aceh - WonderVerse Indonesia

Ada sejumlah senjata tradisional Aceh yang menjadi warisan budaya penting - WonderVerse Indonesia

Seperti diketahui, rencong adalah salah satu senjata tradisional Aceh. Namun, ada lebih banyak lagi senjata tradisional Aceh yang mungkin belum banyak diketahui masyarakat Indonesia secara umum. 

Senjata tradional Aceh sendiri memiliki bentuk dan fungsi yang beragam. Secara fungsional, beberapa senjata tradisional Aceh ini memiliki fungsi untuk senjata pertahanan diri, berburu, berperang, hingga sebagai senjata yang melengkapi upacara adat atau ritual tertentu. 

Berikut adalah 11 senjata tradisional Aceh yang masih dilestarikan hingga saat ini:

1. Rencong

Rencong adalah senjata tradisional Aceh yang paling terkenal. Senjata ini berbentuk belati dengan bilah melengkung dan gagangnya terbuat dari kayu atau tanduk. Rencong memiliki makna filosofis mendalam, yaitu sebagai simbol keberanian, keperkasaan, dan pertahanan diri, khususnya masyarakat Aceh.

2. Rencong meukuree

Rencong meukuree adalah jenis rencong yang memiliki motif seperti ukiran pada mata rencongnya. Salah satu jenis senjata tradisional Aceh ini biasanya dihiasi gambar hewan seperti ular, lipan, dan lin-lain. Rencong meukuree pun masuk dalam benda kebudayaan dengan nilai seni tinggi.

3. Peudeung

Peudeung adalah senjata tradisional Aceh yang berbentuk pedang. Senjata ini memiliki berbagai macam jenis berdasarkan daerah asalnya, bentuk bilah, atau bentuknya secara umum. 

Beberapa jenis peudeung antara lain peudeung ulee tapak guda, peudeung ulee meu apet, dan peudeung tumpang jingki.

Dari sisi historisnya, para pejuang Aceh zaman dulu menggunakan peudeung sebagai pasangan rencong. Jika rencong digunakan untuk menikam lawan, maka peudung digunakan dalam pertempuran yang ada pada jarak dekat untuk menebas atau menyerang musuh dalam peperangan.

4. Peudeung ulee meu apet

Senjata tradisional Aceh berikutnya bernama peudeung ulee meu apet, yaitu jenis peudeung yang memiliki karakteristik pisau baja panjang dan tajam. Peudeung ulee meu apet lebih cocok digunakan sebagai senjata untuk menggertak lawan dari jarak yang lumayan jauh. 

Pedang ini dirancang lebih kuat dan digunakan untuk menebas atau memotong lawan dengan cepat. Apet sendiri memiliki arti pertahanan pegangan agar tidak lepas dari baja atau bodi pedang itu sendiri.

5. Siwah

Siwah merupakan senjata tradisional Aceh yang tak jauh berbeda dengan rencong. Perbedaannya terletak pada bentuk siwah yang lebih ramping dan tajam pada bagian ujungnya. 

Siwah juga jauh lebih langka daripada rencong, karena siwah hanya digunakan untuk perlengkapan raja-raja Aceh di masa silam. Hingga saat ini, siwah termasuk senjata tradisional Aceh yang dibuat khusus dan sulit ditemukan.

Siwah memiliki perhiasan yang mewah dan hiasan lain seperti ornamen khusus, emas, permata, dan perhiasan lainnya. Dengan perhiasan tersebut, siwah tentu terlihat mewah. Namun, siwah adalah senjata yang dibuat khusus dan sangat sulit ditemukan saat ini.

6. Reuduh

Reuduh adalah senjata tradisional Aceh yang mirip golok modern. Senjata ini dirancang untuk pertempuran jarak dekat dengaan bentuk yang ramping dan tipis agar ringan dan lebih mudah digunakan petarung. 

Gagang reuduh memiliki motif unik dengan tujuan untuk menambah kenyamanan sang pengguna reuduh. Senjata tradisional Aceh ini juga didesain melengkung sehingga tidak akan mudah lepas jika digenggam sang petarung.

7. Meucugek

Senjata tradisional Aceh ini bernama meucugek yang berbentuk keris, namun lebih kecil dan ramping. Senjata ini pun sangat cocok digunakan untuk berperang atau berburu. Meucugek banyak digunakan pejuang Aceh di masa silam untuk menikam musuh. 

Senjata ini juga dibuat dari baja dan besi. Gagang meucugek pun memiliki bentuk tebal dan membuat tangan penggunanya dapat menggenggam senjata itu lebih efetif.

8. Meupucok

Meupucok memiliki ciri khas hiasan berupa ukiran emas pada pucuk pisau. Senjata tradisional Aceh ini biasa digunakan sebagai atribut penting dalam kegiatan resmi, upacara adat, atau pertunjukan kesenian. Meupucok biasanya dibuat dari besi tipis, panjnag, runcing, dan gagangnya melengkung.

9. Pudoi

Senjata tradisional Aceh selanjutnya bernama pudoi. Senjata tradisional ini mempunyai ciri khas gagang yang berukuran pendek dan lurus. Tampilan dari pudoi memberikan kesan bahwa rencong tersebut belum selesai dikerjakan namun sudah bisa digunakan untuk bertempur atau berburu.

10. Bambu runcing

Selanjutnya adalah bambu runcing, yaitu senjata yang justru serupa dengan rencong atau reuduh. Senjata tradisional Aceh ini bahkan sudah lama ada sebelumnya. 

Biasanya, bambu runcing digunakan untuk peralatan dalam acara resmi tradisional atau beberapa pertunjukan seni budaya Aceh.

11. Cannon Sri Rambai

Selanjutnya adalah Cannon Sri Rambai yang merupakan meriam senjata tradisional Aceh yang dipakai Sultan Iskandar Muda untuk melawan kolonial Portugis. 

Meriam sepanjang 3,5 meter ini ditinggalkan di Benteng Cornwallis, Georgetown, Penang, Malaysia. Kamu pun masih bisa melihatnya secara langsung di sana.

Senjata tradisional Aceh ini adalah warisan budaya dari tanah rencong yang patut dipelajari dan dilestarikan. Mempelajari beragam senjata tradisional dari daerah ini pun akan membantu kamu lebih mudah untuk mempelajari budaya lainnya dari Aceh, yang bisa kamu akses dengan mudah di WonderVerse Indonesia.

WonderVerse adalah platform yang menyediakan pengalaman virtual untuk melihat kebudayaan dan keindahan Indonesia. Bersama WonderVerse, kamu bisa menjelajah alam Indonesia dan melihat ragam hewan khas Indonesia, mengenal beragam budaya dan pakaian adat Indonesia, hingga membeli makanan dan souvenir khas Indonesia.

Yuk, rencanakan liburan impian kamu di Indonesia dengan menjelajahi keajaiban alam Indonesia dari universe lain dengan WondeReal Land. Untuk pengalaman yang lebih terasa, kamu bisa memainkannya dengan bantuan 360 VR. 

Melalui WondeReal, kamu bisa memesan semua akomodasi mulai dari tiket pesawat, wisata, hingga transportasi lokal harian. Penasaran seperti apa? Yuk, kunjungi WonderVerse Indonesia Indonesia di halaman ini!

news highlight