17 Wisata Bukittinggi, Rekreasi Edukatif dengan Cara Seru

Bukittinggi adalah salah satu ikon pariwisata dari Provinsi Sumatera Barat. Kota perekonomian terbesar kedua di provinsi tersebut memiliki banyak lokasi wisata yang tak hanya indah, tetapi juga bersejarah. Kamu bisa mengunjungi beberapa tempat wisata Bukittinggi yang jaraknya berdekatan sambil menikmati pesona alam memukau.

Tempat wisata Bukittinggi memiliki keragaman, mulai dari wisata sejarah, wisata budaya, wisata alam, hingga jajaran tempat kuliner. Wisata Bukittinggi sendiri begitu terkenal dan menjadi daya tarik bagi banyak wisatawan dari dalam maupun luar negeri untuk berkunjung ke Bukittinggi. Simak rekomendasi wisata Bukittinggi berikut ini.

17 Destinasi Wisata Bukittinggi untuk Liburan Lebih Seru

Destinasi wisata Bukittinggi yang edukatif tersebar di berbagai wilayah - WonderVerse Indonesia

Berikut ini adalah rekomendasi tempat wisata Bukittinggi yang bisa kamu jelajahi, baik yang ada di dalam kota atau yang tak jauh dari Kota Bukittinggi. Nikmati liburan seru sambil rekreasi edukatif di beragam tempat wisata Bukittinggi berikut:

1. Jam Gadang Bukittinggi

Jam Gadang Bukittingging adalah salah satu tempat wisata Bukittinggi yang sangat populer. Bisa dibilang ini adalah landmark Kota Bukittinggi. Jam Gadang memiliki denah dasar 13 x 4 meter dengan ketinggian total 26 meter dari permukaan tanah. 

Menara jam ini dibangun pada tahun 1926 silam dan kawasan landmark ini telah menjadi saksi bisu perjuangan rakyat Indonesia melawan kolonial di masa pra-kemerdekaan silam.

2. Lobang Jepang Bukittinggi

Tempat wisata Bukittinggi selanjutnya adalah sebuah bunker yang dibuat ketika Jepang datang dan turut menjajah Indonesia. Bunker tersebut dikenal sebagai Lobang Jepang Bukittinggi yang jaraknya sekitar 40 meter di bawah Ngarai Sianok. 

Bunker ini memiliki panjang 1.470 meter yang di dalamnya terdapat 21 terowongan yang digunakan oleh tentara Kekaisaran Jepang untuk berlindung, tempat amunisi, dapur, ruang tahanan, ruang penyiksaan, hingga tempat tinggal.

3. Bukit Ngarai Takuruang

Bukit Ngarai Takuruang menjadi tempat wisata Bukittinggi selanjutnya yang wajib kamu kunjungi. Bukit ini berada di sebuah tebing yang menjulang tinggi dan membelah sungai. Di sekitar kawasan itu terdapat Puncak Singgalang. 

Kawasan ini konon terbentuk akibat gempa besar yang membuat sebuah patahan yang membentang di sepanjang Pulau Sumatera. Kamu bisa menikmati panorama alam yang menakjubkan di sana dan gemercik air sungai yang jernih. Ini adalah salah satu tempat healing terbaik di Sumatera Barat.

4. Lembah Ngarai Sianok

Tempat wisata Bukittinggi selanjuntnya adalah Lembah Ngarai Sianok, membentang dari Nagari Koto Gadang di selatan hingga Nagari Sianok Enam Suku di utara. Lembah ini mempunyai panjang sekitar 15 kilometer dengan kedalaman mencapai 100 meter dan lebar celah sekitar 200 meter. 

Lembah Ngarai Sianok menawarkan suasana tenang, kedamaian, serta pemandangan yang luar biasa menakjubkan.

5. The Great Wall of Koto Gadang

Tempat wisata Bukittiinggi selanjutnya yang direkomendasikan adalah The Great Wall of Koto Gadang yang sekilas mirip dengan Tembok Besar China. Di sini, kamu bisa menjelajahi ratusan anak tangga dan masih jadi bagian dari Janjang Saribu Guguk Panjang menuju Goa Jepang.

6. Benteng Fort de Kock

Benteng Fort de Kock adalah tempat wisata Bukittinggi yang bersejarah. Benteng ini konon dibangun oleh tentara kolonial Belanda yang bertahan saat digempur rakyat Minangkabau di masa silam. 

Lokasinya berada sekitar 1 kilometer saja dari pusat Kota Bukittinggi. Benteng ini cukup mudah dijangkau. Benteng yang serupa juga terdapat di Batusangkar yang dibangun oleh kolonial Belanda pada Perang Paderi pada tahun 1821 hingga 1837 silam.

7. Jembatan Limpapeh

Dari Benteng Fort de Kock, kamu bisa menuju Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan melalui Jembatan Limpapeh. Jembatan berwarna kuning dan merah ini akan terasa bergoyang atau bergetar ketika dilalui. Banyak orang tertarik menyeberangi jembatan ini karena memacu adrenalin.

8. Museum Rumah Adat Baanjuang

Museum Rumah Adat Baanjuang menjadi salah satu tempat wisata Bukittinggi yang menarik. Rumah adat ini memiliki wujud yang masih tradisional sehingga kamu bisa merasakan langsung vibes wilayah Bukittinggi.

Di museum ini terdapat berbagai benda bersejarah dan budaya Minangkabau yang disimpan di sini. Selain itu, ada juga beberapa hewan unik yang telah diawetkan, mulai dari kerbau berkepala dua, kambing dua wajah, hingga kerbau berkaki delapan.

9. Museum Rumah Bung Hatta

Tempat wisata Bukittinggi berikutnya adalah Museum Rumah Bung Hatta, salah satu tokoh proklamator Indonesia. Rumah dari wakil presiden pertama Indonesia ini berlokasi di Kota Bukittinggi dengan area rumah yang cukup luas. Museum ini dikelolah oleh Dinas Pariwisata, Seni, dan Budaya Kota Bukittinggi.

Rumah tempat lahirnya Bung Hatta ini dijadikan sebagai museum sebagai bentuk penghormatan dan untuk mengenang jasa-jasa beliau di masa sebelum dan setelah kemerdekaan Indonesia.

10. Taman Monumen Bung Hatta

Jika Istana Bung Hatta dijaga ketat, kamu bisa mengunjungi Taman Monumen Bung Hatta yang lokasinya berada persis di samping istana tadi. Taman ini dibangun di lereng bukit landai yang suasanya cukup rindang dan sejuk. Di sana terdapat patung Bung Hatta yang dibangun untuk mengenang semua jasanya.

11. Tabiang Takuruang

Tempat wisata Bukittinggi selanjuntnya bernama Tabiang Takaruang yang bisa dikunjungi setelah menempuh perjalan sekitar 30 menit dari pusat kota. Di sana, kamu bisa melihat bukit kokoh yang menjulang dengan latar belakang Puncak Singgalang. 

Nikmati panorama di kawasn Tabiang Takuruang yang begitu menakjubkan. Bisa juga berenang di sungainya yang begitu jernih dan airnya yang sejuk dan segar.

12. Museum Tri Daya Eka Dharma

Selanjutnya adalah Museum Tri Daya Eka Dharma, tempat wisata Bukittinggi berupa museum yang menyimpan beragam koleksi kemiliteran. Mulai dari pakaian militer, ragam jenis senapan, granat, amunisi, meriam, radio, hingga alat pemancar. 

Selain itu, ada juga foto-foto jadul para pahlawan revolusi yang dipajang. Kamu juga bisa melihat koleksi beragam senjata tradisional yang pernah digunakan pejuang Indonesia untuk melawan tentara kolonial Belanda, mulai dari badik, parang, ruduh, pupuik tanduk, dan sebagainya.

13. Janjang Ampek Puluah

Tempat wisata Bukittinggi berikutnya adalah Janjang Ampek Puluah, yang sebenarnya adalah anak tangga yang dapat menghubungkan Pasar Atas dan Pasar Bawah di Kota Bukittinggi. Tangga ini dibangun pada tahun 1908 di masa kolonial Belanda. 

Untuk berpindah antara pasar, kamu mesti melewati 100 anak tangga. Sebanyak 40 anak tangga di bagian atas memiliki ukuran yang lebih kecil. Tempat wisata ini cukup terkenal sejak lama karena berperan besar bagi masyarakat Bukittinggi.

14. Danau Singkarak

Danau Singkarak begitu terkenal akan airnya yang jernih. Tempat wisata Bukittinggi ini bisa kamu nikmati sambil berkeliling danau menggunakan sampan nelayan. Selaiin itu, kamu juga bisa berkeliling dengan naik kereta api wisata di sana. Kamu bisa terbius akan panorama danau yang sangat luar biasa.

Meskipun air di danau ini jernih, tak banyak ikan yang di dalamnya. Danau Singkarak hanya ada sekitar 19 jenis ikan saja. Kondisi ini mungkin terjadi karena air dan jumlah makanan yang terbatas.

15. Jembatan Gantung Guguak

Jembatan ini berada di kawasan Ngarai Sianyia Nagari Guguak Tabek Sarojo. Pemandangan indah bisa langsung kamu nikmati ketika melintasi jembatan ini, seperti pemandangan Ngarai Sianyia dan dua air terjun setinggi 75 meter. Jembatan ini membentang di ketinggian 150 meter dengan panjang 125 meter.

16. Tarusan Kamang

Tarusan Kamang merupakan destinasi wisata Bukittinggi yang enggak boleh kamu lewatkan juga, nih. Lokasinya tidak begitu jauh dari Kota Bukittingi dan kamu akan menikmati pemandangan indah dari sebuah danau. 

Danau itu akan mengering pada musim panas. Pemandangan senja di Tarusaan Kamang begitu indah dan syahdu dan menjadi daya tarik banyak orang untuk mengunjungi wisata alam ini.

17. Puncak Lawang

Wisata Bukittinggi selanjutnya adalah Puncak Lawang yang tak kalah terkenal. Dari puncak ini, kamu bisa melihat langsung pemandangan Danau Maninjau yang begitu luas dan sangat menakjubkan dari ketinggian. Udara di atas Puncak Lawang pun begitu sejuk dan membuat banyak pengunjung betah berlama-lama karena nyaman.

Jadi, sudah menentukan mau ke mana saja ketika berkunjung ke Bukittinggi? Itu dia rekomendasi wisata Bukittinggi yang bisa langsung kamu eksplorasi sendiri. Kamu pun bisa menjelajah lebih jauh beragam hal terkait destinasi wisata alam Indonesia atau budaya dan tradisi Minangkabau lainnya bersama WonderVerse Indonesia.

WonderVerse adalah platform yang menyediakan pengalaman virtual untuk melihat kebudayaan dan keindahan Indonesia. Bersama WonderVerse, kamu bisa menjelajah alam Indonesia dan melihat ragam hewan khas Indonesia, mengenal beragam budaya dan pakaian adat Indonesia, hingga membeli makanan dan souvenir khas Indonesia.

Yuk, rencanakan liburan impian kamu di Indonesia dengan menjelajahi keajaiban alam Indonesia dari universe lain dengan WondeReal Land. Untuk pengalaman yang lebih terasa, kamu bisa memainkannya dengan bantuan 360 VR. 

Melalui WondeReal, kamu bisa memesan semua akomodasi mulai dari tiket pesawat, wisata, hingga transportasi lokal harian. Penasaran seperti apa? Yuk, kunjungi WonderVerse Indonesia Indonesia di halaman ini!

news highlight