10 Aplikasi AR untuk Pendidikan dan Belajar Lebih Seru

Aplikasi AR atau augmented reality, disebut juga sebagai AR Zone, adalah software yang menyediakan fitur AR kepada pengguna. Aplikasi AR memungkinkan pengguna memilih beragam fitur dan objek untuk mengambil foto atau video yang menyenangkan. Bahkan, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi AR untuk pendidikan.

Kamu bisa belajar banyak hal lebih seru menggunakan beberapa aplikasi AR. Kamu juga bisa cari tahu lebih banyak mengenai rekomendasi aplikasi AR untuk bidang pendidikan, cara kerjanya, serta manfaat yang didapat dari teknologi AR untuk bidang pendidikan berikut ini.

Cara Kerja Aplikasi AR untuk Pendidikan

Cara Kerja Aplikasi AR untuk Pendidikan - WonderVerse Indonesia

Aplikasi AR menggunakan sensor dan menampilkan animasi secara real-time - WonderVerse Indonesia

Proyeksi augmented reality dalam aplikasi AR dapat ditampilkan di berbagai perangkat. Mulai dari layar, kacamata, perangkat genggam, smartphone, hingga headset. Agar informasi persepsi yang dihasilkan komputer muncul, komputer akan menghitung posisi dan orientasi objek di sekitarnya dalam kehidupan nyata.

Aplikasi AR dapat menggunakan sensor kedalaman, akselerometer, kamera, giroskop, dan sensor cahaya untuk mengumpulkan data di sekitar pengguna. Aplikasi AR dapat mengukur jarak ke objek, kecepatan gerakan, arah dan sudut, dan orientasi keseluruhan dalam ruang. 

Data tersebut kemudian akan diolah untuk menampilkan animasi di lokasi yang real-time dan relevan. Nah, cara kerja aplikasi AR untuk pendidikan tak jauh berbeda dengan cara AR bekerja untuk bidang lainnya. Secara sederhana, cara kerja aplikasi AR adalah:

  • Perangkat menangkap lingkungan sekitar pengguna dengan kamera dan sensor.
  • Perangkat lunak mengumpulkan dan memproses data untuk menentukan lokasi objek AR.
  • Objek AR muncul di layar yang sama secara real-time.

Manfaat Aplikasi AR untuk Pendidikan

Manfaat Aplikasi AR untuk Pendidikan - WonderVerse Indonesia

Aplikasi AR memberikan pengalaman lebih seru untuk belajar - WonderVerse Indonesia

Aplikasi AR dapat memberikan beberapa manfaat yang baik untuk pendidikan dan belajar lebih seru. Berikut ini adalah beberapa manfaat aplikasi AR yang penting dalam proses belajar-mengajar secara kreatif dan inovatif.

  • Keterlibatan kelas meningkat

    Aplikasi AR memungkinkan siswa belajar dengan cara kreatif dan inovatif, bahkan seluruh siswa dapat terlibat dalam kerja sama untuk mempelajari sebuah ilmu pengetahuan. Tampilan yang dihadirkan teknologi AR juga lebih menarik dan interaktif dalam mempelajari pelajaran yang sulit sekalipun.

  • Interaksi dan komunikasi yang lebih baik

    Aplikasi AR memungkinkan siswa mengeksplorasi, berkreasi, dan berkolaborasi dengan teman-temannya. Para pelajar dapat melihat suatu pelajaran real-time, memeriksa, atau mendiskusikan sebuah model 3D. Teknologi ini memungkinkan semua pelajar untuk mendorong interaksi secara kolaboratif.

  • Pengalaman belajar multi-indera

    Menggunakan aplikasi AR berarti memberi dan mendapatkan pembelajaran berdasarkan pengalaman. AR memungkinkan siswa berpartisipasi aktif dalam setiap pelajaran serta menstimulasi berbagai indera. Pendekatan ini bermanfaat karena melibatkan siswa dengan konten dan meningkatkan perkembangan sensorik.

  • Menciptakan pelajaran yang berkesan

    Aplikasi AR akan membuat pembelajaran lebih berkesan dengan menstimulasi indera dan menciptakan respons emosional pada siswa. AR akan menciptakan pembelajaran tak terlupakan dan para siswa lebih produktif. Pengajar dapat meningkatkan daya ingat kognitif dan menanamkan pelajaran ke dalam ingatan jangka panjang siswa.

  • Akses ke sumber daya tanpa batas

    Aplikasi AR juga dapat membuka berbagai kemungkinan serta mengakses ribuan sumber daya 3D. Sumber daya ini akan membuat pengajar menghemat waktu, menciptakan aksesibilitas, dan hemat biaya.

10 Rekomendasi Aplikasi AR untuk Pendidikan

Rekomendasi Aplikasi AR untuk Pendidikan - WonderVerse Indonesia

Ini dia rekomendasi aplikasi AR untuk pendidikan dan belajar lebih seru - WonderVerse Indonesia

Berikut ini adalah rekomendasi beberapa aplikasi AR terbaik untuk pendidikan dan mempelajari banyak hal dengan cara lebih seru:

  1. Photomath

    Aplikasi AR Photomath menawarkan platform pembelajaran matematika komprehensif yang melayani siswa dari semua tingkatan. Aplikasi AR ini menawarkan solusi langkah demi langkah untuk setiap soal matematika. Aplikasi ini cocok untuk pekerjaan rumah atau persiapan ujian sekolah. 

    Kamu bisa mengakses Photomath Plus untuk penjelasan lebih detail, akses pada alat bantu pembelajaran multimedia seperti animasi AI, dan tutorial video. Konten-konten dalam Photomath diperiksa oleh pengajar matematika kelas dunia agar jawaban yang didapat lebih valid. Aplikasi ini juga dilengkapi glosarium istilah matematika.

  2. 3DBear

    Aplikasi AR berikutnya adalah 3DBear yang memungkinkan pengguna menciptakan dunia dan cerita 3D mereka sendiri. Aplikasi ini menawarkan ragam model 3D dan avatar untuk bercerita atau mengasah kreativitas. Kamu juga bisa mendapatkan poin, membuka fitur baru, atau membagikan kreasi kamu dalam komunitas 3DBear.

  3. Quiver

    Selanjutnya adalah Quiver, salah satu aplikasi AR terbaik untuk belajar lebih seru. Quiver akan bantu kamu membuat buku mewarnai jadi lebih hidup dan ajaib. Aplikasi ini sebenarnya ditujukan untuk anak TK hingga kelas 4 SD. Aplikasi ini menawarkan rangkaian pelajaran dan aktivitas yang lebih interaktif dan seru.

  4. Catchy Words AR

    Catchy Words AR adalah aplikasi AR berikutnya yang mengambil permainan kata tradisional. Aplikasi ini akan mengajak kamu berkeliling untuk menangkap huruf-huruf yang melayang di ruangan sekitar hingga membentuk kata-kata. 

    Apps yang cerdas dan interaktif ini dirancang untuk segala usia. Kamu bisa belajar dengan cara seru, menambahkan dimensi fisik pada pembentukan kata, meningkatkan retensi, dan kerja sama.

  5. SkyView

    Aplikasi AR berikutnya adalah SkyView yang membuat kamu seperti memiliki planetarium dalam genggaman. Aplikasi ini dapat mengidentifikasi benda langit secara real-time. Kamu juga bisa mengatur pengingat untuk berbagai peristiwa alam di langit atau membagikan penemuan benda langit sendiri.

    Kamu juga bisa melakukan “time travel” untuk melihat langit dari era yang berbeda dari sekarang. Kamu juga enggak butuh sambungan WiFi, jadi aplikasi ini cocok untuk bertualang sambil belajar di luar ruangan bersama teman-teman.

  6. Animal Safari AR

    Aplikasi AR ini bernama Animal Safari AR yang mengajak kamu bertualang ke dalam dunia safari virtual di mana pun kamu berada. Aplikasi ini menempatkan hewan-hewan realistis dengan ukuran aslinya di dalam ruangan. 

    Fitur dalam aplikasi ini memungkinkan kamu bisa memberi makan dan mendengarkan suaranya. Kamu juga bisa mendapatkan informasi mengenai masing-masing hewan sehingga memberikan pengalaman belajar menyeluruh dan lebih seru.

  7. Wonderscope

    Wonderscope adalah aplikasi AR untuk iOS yang memungkinkan kamu menjadi bagian dari sebuah cerita. Kamu dapat membacakan dialog dengan lantang dan berinteraksi dengan karakter. Kisahnya akan terungkap saat berada di dalam atau di luar ruangan dan menjadikan kamu bagian dari narasi yang mendalam.

  8. Math Ninja AR

    Aplikasi AR Math Ninja AR adalah aplikasi pendidikan yang cocok untuk anak-anak berusia 6-8 tahun di 109 negara. Aplikasi ini akan memberikan pengalaman menarik dalam pembelajaran matematika. 

    Anak-anak bisa menjelajahi dunia Ninja 3D untuk menemukan penduduk desa dan mendapatkan jawaban dari soal dengan tepat. Anak-anak juga akan bergerak secara fisik. Aplikasi ini mengintegrasikan aktivitas fisik dan soal matematik dan bisa menjadi cara terbaik agar anak-anak lebih aktif dan memperkuat pengalaman belajar.

  9. solAR – Solar System in AR

    Aplikasi AR ini bernama solAR ini sangat inovatif untuk membawa kamu ke seluruh tata surya dalam AR. Kamu bisa menjelajahi planet, bulan, dan bahkan matahari. Aplikasi ini menawarkan banyak informasi tentang setiap benda langit.

    Bersama aplikasi ini, kamu bisa menjelajah ke beberapa planet tetangga Bumi dan ditampilkan dalam skala sebenarnya di dalam kelas. Aplikasi solAR juga dapat membuat konsep spasial dan astronomi yang kompleks, sehingga pengguna jadi lebih mudah memahaminya di dalam kelas sains.

  10. JigSpace

    JigSpace merupakan aplikasi AR yang dirancang untuk membuat dan berbagi presentasi 3D atau dalam tampilan AR. Apps ini cukup mudah digunakan dan telah diunduh lebih dari 5 juta yang digunakan di seluruh dunia untuk presentasi pendidikan dan profesional. 

    Aplikasi ini memberikan pengalaman dan pemahaman baru untuk beragam topik. Kamu bisa mempresentasikan atau mendapatkan pemahaman baru secara inovatif dan kreatif untuk mata pelajaran biologi, kimia, geografi, fisika, matematika, dan lain-lain.

Aplikasi AR dapat memberikan gambaran yang jelas untuk beragam mata pelajaran. Belajar jadi lebih seru dan menyenangkan, bahkan meningkatkan daya ingat yang baik. Kamu juga bisa belajar dengan cara lebih seru tentang Indonesia untuk menambah wawasan bersama WonderVerse Indonesia.

WonderVerse Indonesia adalah platform yang menyediakan pengalaman virtual untuk melihat kebudayaan dan keindahan Indonesia. Bersama WonderVerse Indonesia, kamu bisa menjelajah alam Indonesia dan melihat ragam hewan khas Indonesia, mengenal beragam budaya dan pakaian adat Indonesia, hingga membeli makanan dan souvenir khas Indonesia.

Enggak cukup sampai di situ, di WonderVerse Indonesia kamu juga bisa merasakan pengalaman melihat alam Bali, Wakatobi, hingga Raja Ampat secara 360 dengan menggunakan VR! Kamu juga bisa menonton konser band atau penyanyi kesukaan kamu tanpa harus keluar rumah. Menarik ya? Yuk, coba sensasi jelajah Indonesia dan keseruan lainnya secara virtual di WonderVerse Indonesia sekarang!

news highlight