Wearable Technology yang Lebih dari Sekadar Aksesoris

Wearable technology merupakan perangkat yang kini semakin banyak digunakan manusia. Fungsinya memang luar biasa, karena dapat membantu membuat hidup jauh lebih mudah lagi. Bahkan bisa membantu pengguna membuat keputusan hingga tindakan, di samping menjadi aksesoris yang terlihat lebih canggih.

Kamu bisa mengetahui lebih lanjut mengenai wearable technology dalam artikel berikut ini, termasuk juga fungsi-fungsinya serta jenis-jenis dan contohnya. Yuk, simak pembahasannya.

Apa yang Dimaksud dengan Wearbles Technology

Mengenal Wearable Technology - WonderVerse Indonesia

Wearable technology, perangkat canggih yang lebih dari sekadar aksesoris - WonderVerse Indonesia

Wearable technology adalah perangkat canggih yang dapat dipakai langsung di tubuh. Teknologi ini dapat digunakan sebagai aksesoris, disematkan pada pakaian, ditanamkan pada tubuh pengguna, atau bahkan ditato pada kulit. 

Teknologi yang dapat dikenakan ini sudah ada sejak kacamata pertama kali dikembangkan pada abad ke-13 silam. Namun dalam perkembangannya, teknologi modern yang dapat dikenakan didefinisikan sebagai penggabungan mikroprosesor dan koneksi internet.

Perangkat ini memiliki kegunaan praktis dan didukung mikroprosesor canggih pula. Dengan wearable technology ini, kamu bisa mengirim, menerima, melacak, menganalisis, dan mengirimkan data pribadi lewat internet. Beragam perangkat wearable technology ini mendorong semakin meluasnya penggunaan Internet of Things (IoT).

Wearable technology telah menjadi perangkat yang populer di industri game dan mode. Teknologi yang dapat dikenakan ini adalah istilah yang sudah berkembang menjadi kategori penting dari internet yang mengubah kehidupan manusia.

Apa Fungsi dari Wearbles Technology

Fungsi Wearable Technology - WonderVerse Indonesia

Wearable technology memiliki banyak fungsi berdasarkan perangkatnya - WonderVerse Indonesia

Dalam segi fungsi, wearable technology merupakan perangkat elektronik yang dipakai oleh konsumen di mana-mana secara terus-menerus. Perangkat ini lebih banyak digunakan untuk melacak atau menangkap informasi biometrik penggunanya, sehingga lebih sering berkaitan dengan alat penunjang kesehatan atau kebugaran.

Kini, beragam produk wearables technology bisa langsung dikenakan, baik sebagai aksesoris canggih seperti Apple’s Watch atau Samsung’s Gear Watch. Selain itu, wearables technology juga berkaitan dengan dunia hiburan, seperti untuk main game, akses media sosial, menonton film, dan banyak lagi.

Berkat kemampuan pelacakan biometriknya, produk wearables technology telah menjadi salah satu sumber terpenting dalam pembuatan data. Produk canggih tersebut secara terus-menerus akan berfungsi untuk merekam data dari berbagai jenis dan dari berbagai lingkungan.

Jenis-jenis Wearbles Technology dan Contohnya

Ada beragam jenis wearable technology canggih yang memudahkan hidup - WonderVerse Indonesia

Berikut ini adalah beberapa jenis dan contoh penggunaan wearables technology dalam kehidupan sehari-hari, setidaknya dalam beberapa tahun belakangan:

  • Smart watches

    Smart watches adalah jenis dan contoh wearables technology yang populer digunakan banyak orang belakangan ini. Smart watches tentu lebih dari sekadar jam tangan konvensional yang memberi tahu waktu. 

    Jam tangan pintar mampu memberikan informasi pengguna tentang panggilan, pesan, email, media sosial, dan sebagainya. Kecanggihan lainnya adalah mampu mencatat informasi tentang kecepatan pengguna, penghitung detak jantung, dan lain sebagainya yang mendukung mereka yang suka berolahraga di dalam atau di luar ruangan.

  • Bluetooth headset

    Bluetooth headset juga termasuk jenis wearable technology yang cukup populer saat ini. Teknologi ini cocok untuk mendengarkan musik, menerima atau melakukan panggilan, hingga mengkases voice assistant. Perangkat ini menggunakan teknologi Bluetooth, sehingga tak ada kabel lagi dan bisa langsung dipasang ke telinga kita.

  • Smart glasses

    Smart glasses yang dikembangkan belakangan ini termasuk juga dalam jenis dan contoh wearables technology yang membantu dan memudahkan pengguna. Contoh penggunaan kacamata pintar ini mulai dari melakukan atau menerima panggilan, mengakses voice assistant, lensa dengan pelindung UV, dan lain sebagainya.

  • Fitness tracker

    Jenis wearables technology berikutnya adalah fitness tracker. Seperti namanya, produk wearables technology dapat ini membantu melacak jumlah langkah yang ditempuh pengguna setiap hari. Perangkat pintar ini juga bisa memantau detak jantung. 

    Nah, informasi yang didapat dari perangkat ini dapat menghitung dan melaporkan data akurat tentang pembakaran kalori yang dapat membantu pengguna untuk menentukan dan menjadwalkan jenis latihan atau olahraga yang tepat setiap hari.

  • Head mounted display

    Head mounted display adalah jenis dan contoh wearables technology selanjutnya yang akan membawa kamu meninggalkan dunia nyata menuju realitas virtual atau virtual reality. Akses dunia virtual dengan mudah dan cepat untuk mengeksplorasi banyak hal dan mendapatkan informasi langsung di depan mata.

  • Smart jewellery

    Wearable technology ini adalah smart jewellery. Perhiasan pintar dirancang secara khusus dengan target pasar konsumen perempuan. Jenis wearable technology ini memiliki kecanggihan untuk memberi notifikasi pesan, panggilan, e-mail, hingga media sosial saat pengguna sedang berada di luar jangkauan smartphone.

  • Smart clothing

    Jenis dan contoh wearable technology selanjutnya adalah smart clothing yang merupakan perangkat elektronik pintar digabungkan ke dalam pakaian untuk memberikan tampilan yang menarik dan modis. Namun, fitur-fitur lainnya lebih dari pakaian biasa.

    Sensor pada smart clothing ini dapat memantau detak jantung, laju pernapasan, suhu, pola gerakan, aktivitas otot (EMG), aktivitas otak (EEG), aktivitas elektrodermal (EDA), tekanan, komposisi keringat, lokasi, dan banyak lagi. Mereka juga dapat memantau karakteristik lingkungan, seperti suhu, kelembapan, ketinggian, tingkat polusi, dan indeks UV.

  • Implantable

    Jenis wearable technology ini disebut implantable. Teknologi ini biasanya digunakan untuk alasan medis seperti melacak kontrasepsi, kadar insulin, dan lain sebagainya. Perangkat elektronik yang satu ini dapat ditanamkan ke dalam tubuh. Pemasangannya dilakukan dengan melalui pembedahan di bawah kulit.

Wearable technology dirancang untuk memudahkan aktivitas sehari-hari banyak orang. Teknologi ini terus berkembang dan akan bermunculan teknologi langsung pakai lainnya yang dapat berfungsi sebagai aksesoris. Teknologi langsung pakai itu juga bisa kamu gunakan untuk mengakses WonderVerse Indonesia dan memperluas wawasan kamu.

WonderVerse Indonesia adalah platform yang menyediakan pengalaman virtual untuk melihat kebudayaan dan keindahan Indonesia. Bersama WonderVerse Indonesia, kamu bisa menjelajah alam Indonesia dan melihat ragam hewan khas Indonesia, mengenal beragam budaya dan pakaian adat Indonesia, hingga membeli makanan dan souvenir khas Indonesia.

Enggak cukup sampai di situ, di WonderVerse Indonesia kamu juga bisa merasakan pengalaman melihat alam Bali, Wakatobi, hingga Raja Ampat secara 360 dengan menggunakan VR! Kamu juga bisa menonton konser band atau penyanyi kesukaan kamu tanpa harus keluar rumah. Menarik ya? Yuk, coba sensasi jelajah Indonesia dan keseruan lainnya secara virtual di WonderVerse Indonesia sekarang!

news highlight