16 Makanan Khas Riau, Kuliner Kaya Rempah Menggugah Selera

Ragam makanan khas Riau begitu menggoda sekaligus menggugah selera. Makanan khas Riau umumnya menggunakan beberapa rempah-rempah pilihan dan isian yang didominasi daging ikan laut yang segar. Cita rasanya pun cenderung asam, manis, pedas, dan gurih, yang pasti sangat menggugah selera.

Temukan ragam makanan khas Riau yang unik secara langsung di daerahnya. Jika kamu penasaran, kamu bisa mengecek beberapa daftar makanan khas Riau yang unik dan lezat berikut ini.

16 Makanan Khas Riau yang Wajib Kamu Coba

Makanan Khas Riau yang Wajib Dicoba - WonderVerse Indonesia

Makanan khas Riau begitu beragam, lezat, dan menggugah selera - WonderVerse Indonesia

Berikut ini adalah beberapa makanan khas Riau yang wajib kamu coba. Nikmati setiap suapannya yang kaya rasa. Simak daftar berikut:

  1. Mi lendir

    Makanan khas Riau yang satu ini bernama mi lendir. Meskipun namanya cukup unik, rasa dari sajian mi lendir ini begitu nikmat dan lezat. Mi lendir terbuat dari mi kuning dan toge yang disiram kuah kacang kental campuran ubi dan rempah. Nikmati sensasi makan mi kuah kental dengan cita rasa gurih dan manis.

  2. Mi tarempa

    Mi tarempa merupakan salah satu makanan khas Riau yang cukup populer. Makanan ini terbuat dari mi kuning dan dicampur telur, udang, toge, dan berbumbu cabai rawit serta kecap. Mi tarempa biasanya disajikan berdasarkan pilihan cara memasaknya, bisa kuah atau basah, bisa juga kering atau digoreng.

  3. Lakse kuah

    Lakse kuah adalah makanan khas Riau selanjutnya yang juga cukup populer. Kuahnya terbuat dari campuran ketumbar, adas manis, dan ragam rempah-rempah. 

    Mi untuk lakse kuah ini terbuat dari tepung sagu yang rasanya begitu nikmat. Lakse kuah lebiih nikmat jika disajikan bersama ikan laut segar seperti ikan tongkol atau teri yang ditumbuk halus.

  4. Mi sagu

    Dari kategori mi, makanan khas Riau selanjutnya adalah mi sagu, yang tentu saja terbuat dari mi sagu. Sajian ini biasanya dimakan bersama ikan bilis, daun kucai, rebusan toge, dan rempah-rempah lain. 

    Mi sagu biasanya diolah dengan cara digoreng. Mi sagu adalah pilihan tepat jika kamu sedang menjalani program diet karena kadar gula sagu lebih rendah.

  5. Gulai ikan patin

    Makanan khas Riau selanjutnya adalah gulai ikan patin yang berasal dari Pekanbaru. Gulai ini memiliki ciri khas potongan ikan patin yang disiram kuah berwarna kuning. 

    Kamu bisa menikmati langsung cita rasa kuah pedas dan manis, serta kenyal dan gurih untuk ikannya. Gulai ikan patin biasanya disajikan bersama nasi hangat dan pucuk daun ubi rebus. 

  6. Gulai belacan

    Gulai belacan merupakan makanan khas Riau selanjutnya yang cukup dikenal di Pulau Sumatera. Makanan khas Riau yang satu ini terbuat dari campuran kuah terasi. Di dalamnya ada isian daging, udang, atau ikan, dengan cita rasa khas yang gurih dan pedas yang cocok disajikan bersama nasi putih hangat.

  7. Gulai cipuik

    Selanjutnya adalah gulai cipuik yang begitu unik karena isiannya adalah siput. Makanan khas Riau ini begitu digemari dan menggunakan cipuik atau siput yang sudah dibersihkan. 

    Kamu bisa menikmati daging siput yang bertekstur kenyal sekaligus sensasi mengeluarkan daging siput dari cangkangnya. Kuah gulainya pun gurih, pedas, dan kaya rempah.

  8. Sup tunjang

    Sup tunjang adalah makanan khas Riau yang terbuat dari kaldu tunjang atau tulang kaki sapi. Makanan ini memiliki rasa kaldu sapi yang khas dan gurih, serta paling cocok untuk santap siang. Kamu tentu harus mencoba kenikmatan sup tunjang dan sepiring nasi hangat yang khas ini ketika berkunjung ke Riau.

  9. Ikan cuka

    Ikan cuka adalah menu makanan khas Riau selanjutnya yang berbahan dasar ikan tenggiri. Ikan tersebut diolah bersama kuah cuka dengan cita rasa yang nikmat. Kuahnya adalah campuran ragam bumbu seperti irisaan cabai merah, cabai giling, pala, jahe, serai, lada, dan ragam rempah-rempah lainnya.

  10. Cincalok

    Selanjutnya adalah cincalok, menu makanan khas Riau berupa udang kecil yang telah melewati tahap fermentasi. Cincalok begitu nikmat jika disantap bersama nasi putih hangat dengan rasa yang kecut segar. Kamu juga bisa menikmatinya bersama aneka sambal sebagai pelengkap.

  11. Ikan selais asap

    Makanan khas Riau selanjutnya adalah ikan selais asap, yang juga salah satu jenis ikan paling populer di Riau. Masyarakat Riau biasanya mengolah ikan selais dengan cara dipindang atau dijadikan gulai. Sebelum diproses, ikan selais itu biasanya diasap dulu.

    Setelah pengasapan selesai, ikan selais ini dimasak pindang atau gulai. Namun, tekstur daging ikannya tetap renyah dan aroma ikan asap yang khas akan membuat kamu ketagihan. Ikan asap selais sendiri bisa bertahan lama dan cocok untuk dijadikan oleh-oleh dari Riau.

  12. Asam pedas ikan baung

    Menu bernama asam pedas ikan baung ini juga tak kalah lezat dengan makanan khas Riau lainnya. Menu olahan ikan ini menggunakan daging ikan baung yang dimasak bersama bumbu asam pedas. 

    Olahan ikan tanpa duri ini bercita rasa pedas dan asam seperti namanya. Biasanya kuahnya berwarna merah dan begitu kaya akan rempah-rempah.

  13. Sate dan sup rusa

    Sate dan sup rusa menjadi salah satu makanan khas Riau yang cukup unik dan wajib kamu coba. Sate yang terbuat dari daging rusa ini memang berbeda dari sate ayam, kambing, atau sapi. Namun teksturnya empuk, bahkan dagingnya pun cenderung manis. 

    Sate dan supnya juga diolah menggunakan bumbu yang khas dan dapat dinikmati siapa saja. Tentunya cocok sekali disantap bersama sepiring nasi putih hangat.

  14. Pastel ikan patin

    Makanan khas Riau yang satu ini adalah kudapan bernama pastel ikan patin. Seperti namanya, kudapan lezat ini adalah pastel dengan isian daging ikan patin, sayuran, dan bihun. Kamu bisa menemukan pastel yang lezat ini di banyak tempat di Riau, atau di pusat oleh-oleh setempat.

  15. Lopek bugi

    Menu yang satu ini adalah camilan yang dahulu kerap disajikan untuk para bangsawan. Menu ini berbahan dasar ketan dan santan, serta isian daging kelapa muda yang manis. Lopek bugi dibungkus dalam daun pisang, dan makanan khas Riau yang kini banyak ditemukan sebagai oleh-oleh khas Riau.

  16. Roti jala

    Menu makanan khas Riau berikutnya cukup mudah ditemukan di Riau, yaitu roti jala. Rotinya terbuat dari tepung terigu yang dimasak seperti jala. Umumnya, roti jala disantap dengan siraman kuah kari atau kuah durian. Makanan khas Melayu ini juga serupa dengan roti jala di Malaysia atau Singapura.

Meskipun tak berbeda jauh dengan kuliner khas Melayu, beberapa menu makanan khas Riau memang hanya bisa dijumpai di Riau. Nikmati sensasi dan cita rasanya yang unik dan lezat. Selain itu, kamu juga bisa menambah wawasan kebudayaan Riau dan Indonesia bersama WonderVerse Indonesia.

WonderVerse adalah platform yang menyediakan pengalaman virtual untuk melihat kebudayaan dan keindahan Indonesia. Bersama WonderVerse, kamu bisa menjelajah alam Indonesia dan melihat ragam hewan khas Indonesia, mengenal beragam budaya dan pakaian adat Indonesia, hingga membeli makanan dan souvenir khas Indonesia.

Yuk, rencanakan liburan impian kamu di Indonesia dengan menjelajahi keajaiban alam Indonesia dari universe lain dengan WondeReal Land. Untuk pengalaman yang lebih terasa, kamu bisa memainkannya dengan bantuan 360 VR. 

Melalui WondeReal, kamu bisa memesan semua akomodasi mulai dari tiket pesawat, wisata, hingga transportasi lokal harian. Penasaran seperti apa? Yuk, kunjungi WonderVerse Indonesia Indonesia di halaman ini!

news highlight